Gimana Sih Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor?

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kapan pembayaran pajak progresif kendaraan bermotor, di awal pembelian ato per tahunnya?

Salam #MasBro #MbakBro

Hai Everyone!!
Gimana nih kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya, oke kali ini kita akan bahas mengenai Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor. Ada yang udah tau belum gimana caranya? pasti udah ada ya, nah untuk yang belom, yuk bisa langsung simak penjelasan berikut ini.

Gimana Sih Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor?

Apa sih yang dimaksud Pajak Progresif? Pajak Progresif yaitu salah satu jenis pengenaan tarif pajak, yang persentasenya semakin besar kalo jumlah yang dikenakan pajak semakin besar. Seperti PPH dan PKB.

Safri Nurmantu menerangkan bahwa pajak progresif merupakan tarif pemungutan pajak yang makin tinggi objek pajaknya, maka makin tinggi pula persentase tarif pajaknya. Hal itu menyebabkan tarif pemungutan pajak akan semakin meningkat kalo jumlah ato kuantitas objek pajak semakin banyak dan nilai objek pajak mengalami kenaikan.

Baca Juga
bagaimana-langkah-mengurus-sertifikat-tanah-warisan

Pajak progresif pada kendaraan bermotor di Jakarta diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Tarif pajak progresif dikenakan untuk kepemilikan kendaraan bermotor oleh orang pribadi dibedakan pada kelompok atau jenis kendaraan motor, yang terdiri dari kendaraan bermotor roda 2, roda 4 ato lebih.

Cara Menghitung Tarif Pajak Kendaraan Bermotor:
Besaran pokok pajak kendaraan bermotor yang terutang dihitung dengan mengalikan tarif pajak yang ditetapkan oleh peraturan daerah dengan dasar pengenaan pajak.

Jadi, ada juga dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor adalah hasil perkalian dari 2 unsur pokok, yaitu:
a. nilai jual kendaraan bermotor
b. bobot yang secara relatif tingkat kerusakan jalan ato pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Rumus perhitungan nya adalah:

Tarif pajak x (nilai jual kendaraan bermotor x bobot yang secara relatif tingkat kerusakan jalan ato pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor).

Pajak kendaraan bermotor dikenakan untuk masa pajak 12 bulan berturut-turut mulai dari pendaftaran kendaraan bermotor dan dibayar sekaligus di muka.

Untuk pajak kendaraan bermotor karena keadaan kahar masa pajaknya ga sampe 12 bulan, dapat dilakukan restitusi atas pajak yang sudah dibayar untuk porsi masa pajak yang belum dilalui.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kesimpulan

Jadi Pajak Progresif Kendaraan Bermotor, sudah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Dan sudah dijelaskan pula apa pengertian dari Pajak Progresif tersebut. Cara Menghitung nya pun sudah ada dirumusnya diatas yaa.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Sovia Hasanah, S. H. ,  cara-menghitung-pajak-progresif-kendaraan-bermotor dibuka pukul 15:27 WIB pada Hari Jumat tanggal 13 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
Aguatus, 2021, Aguatus 2021
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM
pajak, motor, pajak motor, cara menghitung pajak motor, kendaraan roda dua

Comments

16 responses to “Gimana Sih Cara Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor?”

  1. Unzul Avatar

    Bermanfaat banget nih

  2. dea Avatar
    dea

    wahhhhh bagus sekali

  3. Maulidhani Avatar
    Maulidhani

    wahh, sangat bermanfaat👍

  4. Novia Safitri Avatar
    Novia Safitri

    Wahhh terimakasih saya jadi dapat tau banyak tentang cara menghitung pajak

  5. Nabila Avatar
    Nabila

    Waahh terimakasih infonyaa

  6. nayla Avatar
    nayla

    sangat membantu👍

  7. Bambang Sulistio Avatar
    Bambang Sulistio

    Selain dari hasil penjumlahan diatas, apakah ada biaya tambahan pada pajak kendaraan bermotor?

  8. n Avatar
    n

    keren banget artikelnya sangat bermanfaat, semangattt terus!!

  9. Joko Avatar
    Joko

    Sangat bermanfaat 👍🏻👍🏻

  10. Pak sukiman Avatar
    Pak sukiman

    Waaah thank you infonya, saya langsung bayar pajak dehh

  11. winda afriani Avatar
  12. Adinda Salsabilla Avatar
    Adinda Salsabilla

    Wahh sangat bermanfaat, terimakasih saya sekarang jadi mengerti bagaimana cara menghitung pajak progresif

Leave a Reply