27++ FAQ Google Analytics - tulisIN - kekitaan - karya selesaiin masalah (1)

27++ FAQ Google Analytics

FAQ: Pertanyaan & Jawaban Google Analytics

Setelah kemarin kita udah ngobrol dalam soal Google Analytics. Sekarang coba kita tanya jawab soal itu.

Pertanyaan-pertanyaan berikut kita susun berdasarkan yang Faling sering Aku ditanyaQan ya. Namanya juga FAQ kan ya.

Pertama kita susun pertanyaan dari temen-temen di komunitas dulu ya.

Mari kita mulai…

01.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah layanan analitik web punya Google buat melacak dan menganalisis traffic website.

Google Analytics itu adalah alat analitik memang dirancang komprehensif buat melacak berbagai sumber traffic.

Dulu namanya adalah Universal Analytics sekarang Google Analytics 4 (GA4)

02.

Google Analytics dapat melacak traffic masuk dari Meta Ads, Google Ads, dan Instagram Organic?

Bener ato salah?

Bener, kenapa?

Google Analytics bisa merekam data traffic dari berbagai sumber mulai iklan, media sosial, dan organik.

Jadi gini:

  1. Organik
    GA4 bisa lacak traffic organik: traffic yang datang ke website kita tanpa pake iklan berbayar.
  2. Meta Ads
    GA4 bisa melacak sumber traffic dari iklan Meta (Facebook Ads/Instagram Ads).
  3. Instagram Organic
    GA4 juga bisa melacak GA4 organik yang berasal dari berbagai sumber, termasuk Instagram.
  4. Google Ads
    GA4 secara alami tuh terintegrasi dengan Google Ads. Jadi jelas bisa melacak traffic dari iklan yang kita pasang di Google Ads.

Jadi, GA4 tuh bisa melacak traffic dari semua platform yang disebutin di pertanyaan diatas.

03.

Apakah sesi yang berlangsung lebih dari 10 detik, bisa disebut Engaged Session (Sesi Terlibat)?

Ga bisa disebut Engaged Session. Karna ga mencakup semua aspek keterlibatan yang mungkin.

Hanya karna sesi berlangsung lebih dari 10 detik ga selalu berarti user terlibat dengan baik.

Mereka mungkin hanya membuka dan ninggalin website tanpa berinteraksi lebih lanjut.

04.

Apa yang dimaksud dengan Engaged Session (Sesi Terlibat)?

Ada beberapa faktor keterlibatan di Engaged Session.

  1. User bisa dianggap terlibat jika sesi mereka berlangsung lebih dari 10 detik.
  2. User melakukan konversi.
  3. User liat minimal 2 halaman/layar dalam sesi mereka.

Kombinasi 2/3 hal diatas jadinya keterlibatannya lebih tinggi.

“Sesi Terlibat” (Engaged Session) dalam Google Analytics adalah sesi di mana user nunjukin tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dengan website kita.

05.

Kenapa dalam GA4 “Country” itu adalah Dimensi?

“Country”/Negara adalah 1 contoh dimensi di GA4.

“Country” adalah dimensi yang atributnya kita bisa pake buat klasifikasiin/gambarin data pengunjung sesuai lokasi geografis audiens.

Pake dimensi “Country,” kita bisa liat:

  • berapa banyak pengunjung dari setiap negara yang ngunjungi website.
  • tingkat konversi setiap negara.
  • mengevaluasi kinerja kampanye kita sesuai lokasi geografis.

06.

Apa itu metrik Monthly Active Users (MAU) dalam konteks mengukur traffic aplikasi mobile?

Metrik yang dipake untuk mengukur seberapa sering user ngunjungi ato pake aplikasi seluler dalam 1 bulan tertentu.

Metrik ini membantu pengembang dan pemilik aplikasi untuk memahami tingkat keterlibatan user dalam jangka waktu bulanannya.

07.

Apakah metrik Sessions, Users, Engaged Sessions secara default dilacak oleh GA4?

GA4 secara default melacak semua metrik yang disebutkan dalam pilihan, yaitu Sessions (Sesi), Users (Pengguna), dan Engaged Sessions (Sesi Terlibat).

Metrik diatas adalah bagian dari data dasar yang dianalisis GA4 buat ngasih wawasan tentang perilaku pengunjung di website kita.

08.

Apa yang terjadi kalo seorang user lupa ninggalin tab terbuka setelah ngunjungi website?

Secara default, sesi berakhir (time out) setelah 30 menit user ga aktif. Ga ada batasan berapa lama sesi bisa berlangsung.

Banyak yang suka jawab “Sesi tetap lanjut sampe user menutup tab/kembali ke website”.

Tapi yang bener adalah “Secara default, sesi berakhir (time out) setelah 30 menit user ga aktif. Ga ada batasan berapa lama sesi bisa berlangsung.”.

09.

Alat apa yang diperlukan untuk mengatur Peristiwa (Events) dalam Google Analytics?

Untuk mengatur peristiwa (events) dalam Google Analytics, kita visa pake GTM.

GTM adalah alat yang memungkinkan kita ngelola dan melacak berbagai peristiwa di website kita tanpa harus mengedit kode sumber website secara langsung.

Pake GTM kita gampang nambahin, konfigurasi, dan mantau peristiwa seperti klik tombol, pemutaran video, dan tindakan lainnya di website kita.

10.

Apa maksudnya “traffic referral”?

Traffic yang berasal dari website pihak ketiga (tautan, backlink, ato tautan afiliasi).

Traffic referral artinya traffic yang datang ke website kita tuh dari luar/pihak ketiga.

Ini biasanya terjadi ketika user mengklik tautan ato hyperlink yang ada di website kita/sumber lain yang ngarahin mereka ke website kita.

Traffic referral dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk tautan dalam artikel, blog, situs media sosial, website mitra, ato tautan afiliasi.

11.

Apa yang diartikan sebagai “traffic pencarian organik” (Organic Search traffic)?

“Traffic pencarian organik” (Organic Search traffic) adalah traffic yang datang ke website kita melalui hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, ato Yahoo tanpa melalui iklan berbayar.

Ini adalah traffic yang diperoleh secara alami ketika user mencari dan mengeklik hasil organik ato alami yang muncul dalam daftar hasil pencarian.

Dalam konteks Google Analytics, traffic pencarian organik adalah salah satu jenis traffic yang sering diukur dan dianalisis karna mencerminkan seberapa baik website kita muncul dalam hasil pencarian mesin pencari.

12.

Apa itu data not set?

Google ga menerima informasi itu datang darimana.

Kalo menurut pengalaman beberapa user GA lama, bisa juga karna google ga mau nunjukin sumbernya.

13.

Saat seorang user ngetik URL sebuah website di peramban (browser) mereka, sesi ini akan terdaftar dalam GA4 dengan sumber sesi sebagai?

Saat seorang user ngetik URL langsung di peramban (browser) mereka tanpa pake tautan ato pencarian mesin pencari, sesi tersebut akan tercatat sebagai “(direct)” dalam Google Analytics 4 (GA4).

Ini mengindikasikan kalo user tersebut langsung mengakses website tanpa melalui tautan/pencarian, dan sumber traffic sesi tersebut adalah “direct” (langsung).

14.

Manajer kita mau identifikasi nih posting blog mana yang menerima traffic terbanyak dari Pencarian Organik. Laporan mana yang akan kita pake?

Buat identifikasi posting blog yang menerima traffic terbanyak dari Pencarian Organik. kita bisa pake laporan “Halaman & Layar” (Pages & Screens) dalam Google Analytics.

Laporan ini bakal nunjukin data tentang halaman/posting blog yang paling banyak dikunjungi, termasuk jumlah sesi, user, dan traffic organik yang diterimanya.

Dengan melihat laporan ini, kita bisa identifikasi tuh posting blog yang paling sukses datangkan traffic organik ke website kita.

15.

Kita mau identifikasi nih perangkat mobile apa yang menghasilkan traffic ke website kita. Laporan mana yang harus kita pake?

Untuk mengidentifikasi perangkat seluler yang menghasilkan traffic ke website kita, kita bisa pake laporan “Rincian Teknis” (Tech Details) dalam Google Analytics.

Laporan ini akan memberikan informasi tentang perangkat seluler yang dipake oleh pengunjung website kita, termasuk jenis perangkat, sistem operasi, dan berbagai informasi teknis lainnya

Pake laporan ini, bisa tau perangkat mana yang paling sering dipake oleh pengunjung.

Jadi kita bisa sekalian optimalkan pengalaman website kita sesuai perangkat yang paling sering dipake.

16.

Saat kapan real-time reports berguna?

Laporan waktu nyata (real-time reports) sangat berguna, kalo kita mau mantau peristiwa ato aktivitas yang terjadi secara langsung pada saat itu.

Saat bersamaan live radio, kita bisa tau siapa yang denger, dimana, dan berapa banyak.

Jadi kita bisa ngukur tuh tingkat keterlibatan dan audiens saat ini selama siaran langsung.

17.

1 “Sesi” (Session) tercatat saat kapan?

Piksel GA dimuat setelah halaman dibuka di peramban (browser) user.

18.

Apa yang dimaksud dengan “Pemicu” (Trigger) dalam Google Tag Manager?

Dalam GTM, “pemicu” (trigger) adalah kondisi/peristiwa yang kita tentuin buat memicu pelacakan/eksekusi tag.

Pemicu dipake untuk definisiin nih kapan tag harus aktif dan mengirimkan informasi ke alat analitik seperti Google Analytics.

Contoh:
Kita mau ngatur pemicu untuk memicu pelacakan Google Analytics saat ada user klik tombol beli.

Jadi, pemicu ini tuh bagian penting dari konfigurasi pelacakan yang spesifik dalam GTM.

19.

Kita mau melacak sebuah peristiwa baru yang direkam ketika seorang user mengunjungi halaman “brand.com/pricing” kami. Jenis Pemicu (Trigger Type) apa yang sebaiknya kami gunakan dalam Google Tag Manager?

Kenapa jawabannya a?

Buat ngelacak peristiwa saat user ngunjungin halaman: misalnya “brand.com/pricing,”. Kita bisa pake jenis pemicu “Tampilan Halaman” (Page View) dalam GTM.

Kita bisa aktifin pelacakan peristiwa khusus ketika halaman itu diliat user.

Jadi kita bisa mastiin tuh kalo peristiwa itu direkam setiap kali halaman “brand.com/pricing” dibuka user.

20.

Kita mau melacak sebuah peristiwa baru yang direkam ketika seorang user mengirimkan sebuah formulir. Jenis Pemicu (Trigger Type) apa yang sebaiknya kami gunakan dalam Google Tag Manager?

Buat ngelacak peristiwa saat user ngirimin formulir, kita harus pake jenis pemicu “Pengiriman Formulir” (Form Submission) dalam GTM.

Dengan pemicu kita bisa lacak tuh setiap user yang kirim formulir. Kita jadinya bisa ukur konversi formulir ato jumlah data formulir yang dikirim user.

Pastiin sejak awal GTM merekam semua dengan trigger yang bener ya.

21.

Kita jalanin kampanye Instagram Stories nih pake 3 kreatif berbeda. Tujuan kita buat cari tau kreatif mana yang paling banyak menghasilkan pembelian melalui Google Analytics. Kita pake solusi yang mana?

Filter Google Analytics itu buat filter data GTM.

Jelas … buat tau kreatif mana yang paling banyak menghasilkan pembelian kita bisa pake tag UTM (Urchin Tracking Module).

Dengan tag UTM ini, kita bisa lacak tuh sumber traffic, medium, kampanye, dan bahkan kreatif secara terpisah. Kita bisa gabungin tag UTM yang berbeda untuk setiap kreatif dalam kampanye.

Pake cara ini, kita bisa liat laporan dalam GA4 yang bedain konversi dan pembelian sesuai kreatif yang dipake dalam kampanye.

Jadi UTM ini nih alat yang berguna banget buat ngukur efektivitas berbagai elemen kampanye.

22.

Kita mau tau berapa banyak sesi yang dihasilkan ke website kami melalui postingan organik Facebook kami. Jenis traffic ini akan terdaftar dalam GA sebagai:

Traffic yang dihasilkan dari postingan organik Facebook tuh dalam GA4 terdaftar sebagai “Media Sosial Organik” (Organic Social).

Traffic yang datang dari Facebook secara alami ya, bukan lewa iklan berbayar.

Jadi kalo mau mantau traffic organik media sosial, kita bisa liat seberapa efektif postingan organik kita tuh. Apakah udah cukup ok buat bawa pengunjung ke website kita media sosial.

23.

Apakah ada perbedaan antara dimension event name yg muncul dari panel Events dengan di panel Conversions? atau sama tetapi dibedakan tergantung jenis reportnya ya? Apakah angkanya selalu sama antara 2 itu?

Iya terkadang sama.
Banyak point of view liat 1 data.

24.

Berarti utm itu dipake untuk both paid and organic? kalo untuk organic, di situasi apa kita akan pake UTM?

Baiknya dipake disetiap campaign khususnya ke organic di media sosial supaya jelas datanya.

25.

Apa itu link juice?

Salah satu cara bagusin SEO pake backlink.

26.

Misal untuk tracking paid ads, apakah utm nya harus pakai istilah standard yg normally dipakai oleh GA4 (CPC)

Sebenernya ga harus pake CPC, bisa pake ads, ppc.
Kenapa kita pake standarisasi?
Supaya google bisa pake default channel grouping.
Karna itu udah bahasa standar di digital marketing.

Performance marketing, digital marketer juga pake nama yang sama. Jadi kalo kita hire mereka. Mereka akan mudah menyesuaikan.

27.

contoh dari RevoU :
https://enroll.revou.co/dm-learn?headlineurl=Training+Digital+Marketing&utm_source=sem&utm_medium=cpc&utm_campaign=direct&utm_content=id_fp_dm_med_conversion_training

yang paling depan kenapa/bagaimana bisa pakai headlineurl=…… ?

Contoh2 diatas kan tadi kan langsung utm_…..

url parameter fungsinya apa?
Kenapa pake itu?

Kita pake contoh dari tokopedia ya.
url parameternya pake search.

Disini pake filter pake sort price.
Sesuai harga produk yang mau ditargetkan di tokopedia

Jadi url parameter itu berfungsi untuk banyak sekali.
Tergantung kebutuhan masing-masing.

28.

Fitur shorten url yang ada di campaign url builder (yang diarahkan ke bit.ly) biasanya dipakai untuk kondisi apa?

Ada beberapa tujuan:

  1. Mempercantik link.
    Misalnya kita mau blast lewat WA.
  2. Merekam setiap orang yang klik link kita.

29.

Pemilihan setiap soft KPIs itu ada reason-nya tidak kak? Misal soft KPIs begin check out atau payment process?

Alasan utama untuk pemilihan soft KPI adalah yang directly impacting Hard KPIs.

Misal: Aku mau naikin revenue. Hard KPI turun, trus udah mentok maksimalkan di Hard KPIs.

Kalo gitu kita naikin aja Soft KPIs, apakah ada yang bisa kita maksimalkan?
Misalnya “button checkout” jarang di klik.

Tapi “add to cart” naik. Itu soft KPIs kita. Kenapa ga maksimalkan “add to cart” aja.

30.

untuk event set up: event name, trigger type dan trigger condition, itu ada penjelasannya ga kak di tag manager (or linknya) ? seperti di [GA4] ada Default channel group https://support.google.com/analytics/answer/9756891?hl=en

Coba ikuti tulisan Simon Ahava, di simoahava.com.
Kalo udah tau keywordnya. Pasti nemu.

31.

kalo event ada 2 tapi set upnya sama misal (GA4-1-form submit, GA4-2-form submit), di GA4 dashboard nomer yang di bawah Event count, all events jadi double ya. Misalnya ada 2 agency terus mereka ngesetup eventnya sendiri

Kalo kita punya 2 form submit dan event namenya sama.
Misalnya nama even nya “daftar lomba”.
Itu akan terhitung dari 2 tagging tersebut.

Masing-masing sebenernya akan dihitung sebagai data unik.

Double tracking itu hanya akan terjadi di halaman sama, button sama, dan event name sama.
Pencet 1 datanya 2, terhitung 2 kali.

32.

Kalo di button/page yang sama tapi nama eventnya beda itu gimana?

Tujuannya untuk apa?
Kalo ada tujuan yang clear, boleh lanjutkan.

Mending pisah aja. Misal sama-sama lomba, mending pisah lomba anak SD dan anak SMP.

Kalo mau cara advanced.
Mending buat tagnya 1.
Nanti dalam tag ada dynamic variable (butuh bantuan developer).

Nanti akan terisi sendiri, dengan kode yang udah dibuat.
Jadi kalo lagi cari anak SD, maka variable SD yang tercatat.

Ini akan perlu di ecommerce kalo kita punya 27000 produk misalnya. Disitulah fungsinya.

33.

kalau GA4 katanya masih sering ada update ya? jd masih selalu berubah-ubah dibanding UA.

Misalnya kalian lagi review eh ada perubahan lagi.
Itu wajar.

Jadi kita menyesuaikan aja.

Dulu ga ada source/medium tadinya source doang.
Karna digital marketer seluruh dunia komplain. Jadinya ditambahin. Masa kita harus buat sendiri di speadsheet.

34.

Data GA lama bisa dipindah ke GA4 kah?
Kalo bisa caranya gimana ya?

Kayaknya mustahil.
Karna point of viewnya beda.

UA itu fokus ke web. Firebase untuk mobile.
Sekarang dijadiin 1.
Dulu UA fokus ke page, sekarang screen/page.

Bagus sih sebenernya, dari sisi head of marketing. Jadi butuh 1 tools aja.

35.

Seberapa besar peran cookie pada sebuah website?

Cookie itu tersimpan dalam browser kita. History kita tersimpan.

Cookie ini akan sangat berperan dalam Customer Lifetime Value. Kita bisa ciptakan personalize campaign.

Misal:
Bolmer pernah liat airbuds di tokopedia. Tapi liat doang.
Suryadi pernah sampe ke tombol checkout airbuds di tokopedia.
Jadi kita bisa pasang iklan tergantung kelakukan mereka.

36.

Bole kasih contoh study case kah kapan kita perlu menggunakan User Acquisition atau Traffic Acquisition?

Coba liat ilustrasi dibawah ya.

User Acquisition: mencatat darimana kita datang sejak awal.
Traffic Acquisition: mencatat darimana kita datang saat sedang berkunjung.

37.

Data traffic kayak session sama user di GA4 itu 100 persen asli ato ada kemungkinan bot?

Data GA4 ga bisa 100% akurat.
Tapi GA4 sudah diciptakan untuk filter itu semua.

Semakin besar datanya maka semakin ngelack GA4.
Dari realtime jadi hitungan jam. Seperti di HonestDoc.

38.

Boleh ga kita kacauin data GA4 competitor, biar salah ambil Langkah keputusan?

Ga etis.
Tapi buat apa?
Buang waktu ga sih.

Sejauh ini yang ini yang paling jauh, tapi boleh juga penasarannya.

39.

Apakah Google Analytics bisa melacak traffic masuk dari Meta Ads?

Bisa.

40.

Apa itu Traffik Organik?

Traffic organik adalah traffic yang datang ke website kita tanpa pake iklan berbayar.

41.

Bisa ga ya Google Analytics melacak traffic masuk dari Google Ads?

Bisa, pake UTM.

Selengkapnya disini

42.

Gimana cara instal Google Analytics di Website?

Ada 3 cara buat instal GA4 ke website, yaitu:

  1. Sisipin kode pelacakan langsung ke dalam website.
  2. Instal pake Google Tag Manager.
  3. Instal pake tools pihak ketiga (mis. plugin wordpress, Shopify, WIX).

Jadi, kalo punya website, kita bisa coba 3 cara diatas. Sesuaiin aja sama kemampuan, kebutuhan, dan tipe website kita.

43.

Gimana cara instal Google Analytics ke Website pake kode pelacakan?

Ini adalah cara tradisional buat instal Google Analytics.

Kita copy paste aja kode pelacakan yang diberikan oleh Google Analytics ke dalam HTML website kita.

44.

Gimana cara instal Google Analytics ke Website pake Instal pake Google Tag Manager (GTM)?

Cukup nambahin kode Tag Manager ke website kita. Lalu kita bisa mengonfigurasi tag GA4 dan integrasiin dengan website kita.

Pake GTM, kita bisa ngelola berbagai tag pelacakan, termasuk Google Analytics, tanpa harus ngerubah kode sumber website kita.

45.

Gimana cara instal Google Analytics ke Website pake tools pihak ketiga (mis. plugin wordpress, Shopify, WIX)

Beberapa platform/website seperti Shopify, Wix, dan WordPress tuh bisa integrasi dengan Google Analytics.

Jadi cara instal dan konfigurasi tuh lebig gampang.

Ada yang keren seperti wordpress: cara aktifin Google Analytics tuh cuma klik-klik tanpa harus pake kode pelacakan manual.

46.

Google Analytics bisa ga sih melacak traffic masuk dari Instagram Organic?

Bisa, manfaatkan UTM.

Selengkapnya disini

47.

Apakah sesi yang dapat 1 konversi bisa disebut Engaged Session (Sesi Terlibat)?

Engaged Session ga cuma fokus ke peristiwa konversi aja.

Meskipun peristiwa konversi adalah indikator keterlibatan yang baik, “Sesi Terlibat” dapat juga terjadi tanpa peristiwa konversi.

48.

Apakah sesi yang punya 2/lebih tampilan layar/halaman bisa disebut Engaged Session (Sesi Terlibat)?

Cuma mencakup tampilan layar/halaman yang lebih dari 1.

Ini ga mencakup aspek waktu/peristiwa konversi yang mungkin ada keterlibatan user.

Jadi ga bisa disebut Engaged Session (Sesi Terlibat)

49.

Apa itu “Metrik” Dalam GA4?

Angka/data yang diukur, seperti jumlah pengunjung, jumlah halaman yang dilihat, ato tingkat konversi.

Metrik memberikan informasi kuantitatif tentang gimana user berinteraksi dengan website kita.

50.

Apa itu “Event” Dalam GA4?

Pengertian singkatnya Event (Peristiwa) adalah setiap tindakan yang dapat kita lacak di website kita untuk memahami interaksi user yang lebih dalam.

Pengertian lengkapnya Event adalah tindakan yang terjadi di website kita yang dapat kita lacak dan analisis.

Tindakannya apa aja?
– klik tombol
– play video
– unduhan file
– pengisian formulir, ato
– Beli Sekarang
– interaksi lainnya.

Event kasih wawasan tentang gimana user berinteraksi dengan website kita di luar navigasi halaman dan klik tautan biasa.

51.

Apa itu “Measurement” Dalam GA4?

Singkatnya Measurement (Pengukuran) adalah proses ngumpulin data metrik dan dimensi untuk mengukur dan menganalisis kinerja website kita.

Lengkapnya Pengukuran adalah proses mengumpulkan data untuk mengukur kinerja website kita.

Ngumpulin data metrik dan dimensi buat memahami gimana kinerja website kita.

Apa aja yang diukur?
– jumlah pengunjung,
– waktu rata-rata di situs,
– tingkat konversi,
– dan banyak lainnya.

Dimensi, seperti yang disebutkan sebelumnya, ngasih konteks pada data metrik.

Pengukuran tuh inti dari analitik website dan membantu buat pahami efektivitas website dan perbaiki berdasarkan data yang terkumpul.

52.

Apa itu Monthly Archived Users (User Terarsip Bulanan) dalam konteks mengukur traffic aplikasi mobile?

Ini bukan istilah yang umum dipake dalam konteks analitik aplikasi seluler.

Istilah ini ga merujuk kepada pengukuran aktivitas user di dalam aplikasi.

53.

Apa itu Measurable Active Users (User Aktif Terukur) dalam konteks mengukur traffic aplikasi mobile?

Ini bukan istilah yang umum dipake dalam konteks MAU.

Istilah “Measurable” ga secara khusus merujuk kepada MAU.

54.

Apakah bener “sesi tetap lanjut sampe user menutup tab/kembali ke website” kalo seorang user lupa ninggalin tab terbuka setelah ngunjungi website?

Ga bener.

Awalnya aku pikir GA4, sesi (session) berlangsung sampe user menutup tab/keluar dari website.

Sesi ga berakhir hanya karna user lupa menutup tab/berhenti berinteraksi dengan situs web.

Ada benernya sesi akan terus berjalan sampe user melakukan tindakan berikut:
a.menutup tab
b.meninggalkan situs web, ato
c.sampe sesi mencapai batasan waktu ga aktif yang udah diatur.

Dengan catatan GA4 ada batasan waktu ga aktif 30 menit.

55.

Apakah bener “Sesi aktif hanya ketika tab aktif (user secara aktif mengunjungi website)” kalo seorang user lupa ninggalin tab terbuka setelah ngunjungi website?

Ga bener.

56.

Apakah bener “Google Analytics mengabaikan sesi tersebut” kalo seorang user lupa ninggalin tab terbuka setelah ngunjungi website?

Ga bener.

57.

Apakah real-time reports berguna memantau traffic harian?

Bisa tapi jadi capek kalo liat terus-terusan.

58.

Apakah real-time reports berguna memantau berapa banyak prospek yang kita dapat selama periode mingguan?

Cek harian aja ribet, apalagi mingguan.

Ga bisa pake ini.

59.

Apakah real-time reports berguna mengidentifikasi pola dan anomali dalam kinerja pemasaran kita selama periode sebelumnya?

Ga cocok.

Cocoknya cuma buat tau berapa orang sedang liat website kita.

60.

Apa itu Retensi (Retention)?

61.

Apa itu Akuisisi user (User Acquisition)?

62.

Apa itu Rincian Demografis (Demographic Details)?

63.

Apa itu Rincian Demografis (Demographic Details)?

64.

Apa itu Rincian Teknis (Tech Details)?

65.

Apa itu Peristiwa (Events)?

66.

Saat ngecek sumber traffik di GA4, sesi yang terdaftar “google”, apa maksudnya?

Data dari pencarian kata kunci di google.

67.

Saat ngecek sumber traffik di GA4, sesi yang terdaftar “(direct)”, apa maksudnya?

Data pencarian dari user yang langsung ngetik url/link ke browser.

68.

Saat ngecek sumber traffik di GA4, sesi yang terdaftar “(not set)”, apa maksudnya?

Sumbernya ga terdeteksi darimana.

69.

Apa maksudnya Social Media Organic Traffic?

70.

Apa maksudnya Ads Traffic?

71.

Apa maksudnya Search Traffic?

72.

Apa maksudnya Forum & Directory Traffic?

73.

Saat “user tetap di website selama lebih dari 10 detik” apakah itu tercatat 1 “Sesi” (session)?

Ga.

74.

Saat “goal tercatat” apakah itu tercatat 1 “Sesi” (session)?

Ga.

75.

Saat “user ngunjungi 2 halaman/lebih” apakah itu tercatat 1 “Sesi” (session)?

76.

Saat GA4 melacak konversi dan event, itu disebut apa?

77.

Saat GA4 memantau traffic website dan aplikasi seluler secara efektif, itu disebut apa?

78.

Saat GA4 nentuin saluran terbaik di antara semua saluran yang tersedia, itu disebut apa?

79.

Trigger “Just Links” sebaiknya dipake saat?

80.

Trigger “Form Submission” sebaiknya dipake saat?

81.

Trigger “Custom Event” sebaiknya dipake saat?

82.

Trigger “Page View” di GTM sebaiknya dipake saat?

83.

Trigger “DOM Ready” di GTM sebaiknya dipake saat?

84.

Trigger “All Elements or Custom Event” di GTM sebaiknya dipake saat?

85.

Apa fungsi dari Atribusi Google Analytics?

86.

Apa fungsi dari Filter Google Analytics?

87.

Apa fungsi dari Tag GTM?

88.

Dengan Organic Search kita jadi tau traffic apa?

89.

Dengan Organic Video kita jadi tau traffic apa?

90.

Dengan Organic Shopping kita jadi tau traffic apa?

91.

(Reinaldy Agung/Introduction to Google Analytics)
Kak Arvy, apakah ada jumlah minimum traffic agar data bisa ditarik? saya pernah coba tools saat narik data, tapi keterangannya data tidak mencukupi

92.

(Krist/Metrics, Dimensions, Events, Conversions)
kak bisa minta tolong tutorialin bagiamana cara set-up event ?

92.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Filters & Comparisons)
Bedanya direct/none dengan not set apa dong?

92.

(Tammy Tjenreng/Others)
Kak Arvy, based on pengalaman kakak, untuk budget allocation google ads dan ads lainnya (Meta). Baiknya alokasi pertama rate-nya taro berapa? Kemudian, untuk long term say 3mo onwards, apakah gradually increase atau depend on analyticsnya?

92.

(Febi Utamawati/Others)
Kak Arvy, adakah hubungannya analytics ini dengan e-commerce yg suka redirecting customer untuk purchase di app instead of website? Benefitnya apa dengan redirecting ke app?

92.

(Erryke Tjahjono/Others)
Kak, UA sama GA4 kan ada beberapa metrics yang agak beda atau ada metrics yang udah di remove. Kalo kita mau mbandingin data current vs historical data, gmn mbandinginnya

92.

(Haryono Cokro/Others)
kak, sebagai analyst di posisi yg sekarang, biasanya workflow nya lbh ke persiapan analisa data bulanan (sesuai request bos), atau sering juga realtime/analisa day by day ? tq

00.

Pertanyan mu disini

Jawaban mu disini

Gitu deh FAQ Google Analytics nya coba kita susun.

Masih pengen tau apa lagi tentang Google Analytics?
Silahkan komentar dibawah ya.

Mau tanya tapi sulit dijelaskan lewat kolom komentar.
Perusahaanmu butuh jadwalkan konsultasi?

Contact Us!

Schedule a Meeting

Oh iya, kalo mau belajar Google Analytics dari NOL?
Ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.


Sebelumnya
Digital Marketing 16: Google Analytics

Selanjutnya
Digital Marketing 17: Measurement Plan

Comments

Leave a Reply