Fakta Unik Tentang Garut

Fakta Unik Tentang Garut

Fakta Unik Tentang Garut

Garut merupakan salah satu kabupaten yang berada di sisi selatan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Garut ini sangat terkenal dengan sebutan ‘Garut Swiss van Java’ karena memang mirip dengan negara Swiss di Eropa. Selain itu Garut juga terkenal akan makanan khasnya, yaitu dodol garut. 

Fakta Unik Tentang Garut

1. Jajaran pegunungan mengepung Kota Garut

Garut merupakan sebuah kabupaten dengan potensi alam berupa pegunungan dan dataran rendah pada daerah pusat kotanya. Terdapat suatu fakta unik tentang Garut terkait kondisi alamnya ini.

2. Kota Garut dibelah oleh sungai besar

Dengan adanya pegunungan yang mengelilingi Kota Garut berdampak pada adanya wilayah hulu dan wilayah hilir. Hal ini membuat adanya banyak anak sungai dibagian hulu dan berkumpul menjadi sungai besar di bagian hilir, yaitu Sungai Cimanuk. Sungai Cimanuk merupakan salah satu sungai besar yang ada di Pulau Jawa dan sangat berpengaruh pada penghidupan masyarakat di sekitarnya.

3. Garut memiliki potensi wisata yang terisolasi

Garut ini dimana terdapat beberapa potensi wisata yang sudah dikembangkan. Sebut saja Gunung Papandayan, Pantai Santolo, Pantai Rancabuana, Darajat Pass, Curug Orog, Kawah Talaga Bodas, dan Pantai Sayang Heulang.

4. Garut Kaya Akan Kuliner Tradisional

Penganan khas Garut tentu saja Dodol Garut. Dodol sudah melanglang buana ke seluluh Indonesia, bahkan ke mancanegara. Selain terkenal dengan dodolnya, Garut juga memiliki banyak olahan kuliner khas seperti; Ladu, Kerupuk Kulit, Opak, dan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Wisata di Bogor

5. Garut Kebanjiran Angkutan Umum

Garut terkenal dengan banyak angkutan kotanya. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi pelancong karena kebutuhan untuk transportasinya juga cukup besar. Garut mengandalkan moda transportasi umum sebagai moda mobilisasi utama.

6. Garut Dilalui Sungai Besar yang Membelah Kota

Dengan adanya pegunungan yang mengelilingi Kota Garut berdampak pada adanya wilayah hulu dan wilayah hilir. Hal ini membuat adanya banyak anak sungai dibagian hulu dan berkumpul menjadi sungai besar di bagian hilir, yaitu Sungai Cimanuk.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply