Fakta Fakta Unik Nadiem Makarim

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa sih yang gak tau  Tokoh Publik yang satu ini?
 berikut fakta fakta dari seorang Nadiem Makarim ?

Fakta Fakta Unik Nadiem Makarim

Nadiem Makarim Siapa sih yang ga kenal dengan Tokoh Publik yang ini?Yap, hampir seluruh orang Indonesia pasti sudah tidak asing, bahkan mungkin juga pernah melihatnya diberbagai media soaial.

1. Nadiem Makarim lahir di Singapura4 Juli 1984; umur 36 tahun 

 

2. Nadiem memiliki darah pahlawan

Tidak banyak yang tahu bahwa sosok Mendikbud millennial ini memiliki darah pahlawan yang mengalir dalam dirinya, yaitu Hamid Algadri.

Nadiem merupakan putra dari Nono Anwar Makariem, salah satu aktivis dan pengacara terkemuka di Indonesia. Ibunya seorang penulis lepas, Atika Algadri. Kakek Nadiem ternyata juga seorang pejuang dalam masa perintis kemerdekaan Indonesia. Hamid Algadri, begitu nama kakek Nadiem yang merupakan keturunan Pasuruan-Arab, kerap menjadi penasihat delegasi bagi petinggi bangsa dalam sejumlah pertemuan atau perundingan. Mulai dari perundingan Renville hingga Konvensi Meja Bundar di Den Haag.

3. Lulusan luar negeri dari universitas ternama

Nadiem menempuh sembilan tahun pertama pendidikannya di Indonesia. Dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setelah itu, ia melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Singapura.

Nadiem kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Brown University jurusan Hubungan Internasional. Lalu ia mengenyam pendidikan S2 di Harvard University dan meraih gelar Master of Business Administration. Usai mendapat gelar magisternya, Nadiem kembali ke tanah air dan bekerja di perusahaan konsultan bertaraf internasional, McKinsey & Company di Jakarta, sebelum mendirikan Gojek.

4. Mendirikan Gojek

Pada tahun 2010, Nadiem yang usianya relatif muda dan memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi mendirikan Gojek. Awal mula gagasan itu datang saat dia masih bekerja Mckinsey & Company. Nadiem lebih sering menggunakan jasa ojek ketimbang menggunakan mobil karena tingkat kemacetan di Jakarta yang tinggi.

Sementara pria kelahiran Singapura itu menemukan fakta bahwa dia sulit menemukan ojek saat dibutuhkan. Di sisi lain, Nadiem juga melihat fakta bahwa tukang ojek hanya menghabiskan waktunya menunggu pelanggan dan cukup sulit mencari pelanggan.

Nadiem melihat ada masalah supply and demand yang menurutnya tidak sesuai dari dua fakta itu sehingga mendirikan Gojek yang bisa menjadi problem solving untuk masalah itu.

5. Menikah pada tahun 2014

Tahun 2014 sepertinya memang menjadi titik balik dalam kehidupan Nadiem Makarim. Selain mendapatkan investor untuk perusahaannya, dia juga menikahi dambaan hatinya yang bernama Franka Franklin. Keduanya menikah di Bali dengan konsep wedding garden pada bulan Juni. Tamu undangan pun dibatasi sehingga membuat pernikahan mereka semakin intim dan sakral.

Salah satu hal menarik dari pernikahan Nadiem dengan Franka Franklin, yakni keduanya berbeda agama. Nadiem Makarim memeluk agama Islam, sementara istrinya pemeluk Katolik. Kedua pasangan itu dikaruniai seorang anak perempuan bernama Solara Franklin Makarim yang jarang terekspos di depan publik. Jadi, sudah tahu kan siapa istri Nadiem Makarim?

https://www.instagram.com/p/CHnEYbKAFK6/

6.Diangkat sebagai Mendikbud, Jokowi sapa Nadiem dengan panggilan “Mas Menteri”

Nama Nadiem dibacakan Jokowi secara resmi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudyaaan ketika jajaran menteri kabinet Indonesia Maju diperkenalkan di hadapan publik berlokasi di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (23/10) lalu.

Kala itu, Jokowi menyapa Nadiem dengan sebutan “Mas Menteri” lantaran Nadiem menjadi menteri paling muda dalam jajaran kabinet Indonesia Maju. Panggilan itu lantas melekat pada Nadiem hingga saat ini.

7. Menjadi Menteri termuda di era Kabinat Indonesia Maju

Nadiem Anwar Makariem resmi diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju yang diperkenalkan di hadapan publik pada 23 Oktober 2019 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Kabinet yang dikepalai oleh Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia periode 2019 – 2024 mendatang itu menjadikan nama Nadiem sebagai menteri termuda yang diangkat kala itu. Hingga pria yang akrab disapa Jokowi tersebut menyapa Nadiem dengan sebutan “Mas Menteri” lantaran menjadi yang termuda. Dari sanalah awal mula panggilan itu datang dan menjadi ciri khas dari seorang Nadiem hingga saat ini.

https://www.instagram.com/p/CD_U6auAtaT/

8. Satu-satunya Menteri dari kalangan Millennials

Nadiem Makariem diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di usia 33 tahun, sehingga dikategorikan sebagai kelompok millenials. Menariknya, dalam jajaran kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ini, tak sedikit sosok-sosok muda yang dipilih untuk mengabdi bersama untuk bangsa dan negara. Tapi hanya Nadiem yang merupakan sosok dalam ketegori usia millennial di sana. Nadiem menggantikan posisi Muhadjir Effendy sebagai Mendikbud. Muhadjir sendiri diangkat Jokowi sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

 

 

 

 

Baca juga  : https://tulisin.kekitaan.com/perekonomian-indonesia-saat-pandemi/

                   https://tulisin.kekitaan.com/leonardo-edwin/



Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Tadi adalah Fakta Fakta Unik dari Nadiem Makarim?

nah,buat kalian yang masih penasaran atu tau lebih banyak tentang fakta Nadiem Makarim boleh komen dibawah ya!!!

Terimakasih
https://www.instagram.com/   http://kuyou.id   http://www.canva.com    dibuka pukul 12:00 WIB pada hari Senin, tanggal 17 Mei 2021

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis topik lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Kata kunci lain yang sering dicari …
siapa Nadiem Makarimi,Nadiem Makarim,Mentrimuda,Pengusaha,Indonesia,Fakta Nadiem Makarim.

Comments

Leave a Reply