Digital Marketing

Pemasaran digital adalah suatu strategi yang mengandalkan teknologi dan platform online untuk mempromosikan produk atau jasa.

pertama, kita kenali dulu apa produknya. Itulah kenapa ada product knowledge.

  • Ada produk yang mau dijual
  • Kenapa produk itu dibutuhin

Inti dari produk yang harus dijual adalah:

  • Masalah: pusing
  • Kebutuhan: hilangkan pusing
  • Solusi: obat pusing

sumber : kekitaan.com

Coba kita ambil contoh anak-anak revoU.

  • Masalah:karir mandekudah lulus, bingungpengen cari kerja barumau naik gajimalas sama kerjaan sekarangmau nambah skill baru
  • Kebutuhan:meningkatkan ilmu, skill, pengalaman baru
  • Solusi: kelas online

Kedua, kita perlu komunikasikan ke sebanyak mungkin orang. Komunikasikan ke orang yang tepat.

Misal ada orang pusing, kita ga tanya siapa pusing. Ini adalah obat pusing. Ga gitu caranya.

Karna ini konteksnya adalah digital marketing. Maka cara mengkomunikasikannya adalah konten.

Integrasi Marketing: Offline2Online

Misal seperti contoh gambar diatas iklan di baliho/billboard. Lalu kasih link ke website. Harapannya target market akan berkunjung.

Ato bisa juga buat iklan menarik secara offline. Seperti gambar dibawah, berharap target market yang penasaran masuk ke website/membeli produk.

Marketing Funnel

1. Awareness (Lagi nyari headset), 2. Interest (Eh ada diskon), 3. Desire (Cek review ternyata ok), 4. Action (Beli dong), 5. Rentention (Kalo besok ada diskon beli aja di toko sama.Kalo besok ada butuh beli lagi, beli aja di toko sama.)

Flywheel

Gimana caranya membuat customer seneng supaya mereka share ke temen/keluarga. Lalu membeli produk kita.

Contoh: revoU ada referal, student get student.

Kuncinya apa?

  1. DelightKalo sakit kepala, trus minum obat. Sembuh.Seneng ga?Nah itu delight
  2. AttractTrus bakal rekomendasiin ke orang lain ga?Iya.Itu attract customer baru. (organic)Bisa juga ini beriklan ya. (paid)
  3. EngageProses kita komunikasi ke target market.Beli obat ngobrol bentar, beli.Gimana kalo mau beli mobil, ga langsung beli. Proses engage kan panjang.Karna uang beli obat dan beli mobil beda. Proses engage ini namanya nge-prospek.

Proses diatas mengubah orang asing > prospek > customer > promoter.

Akuisisi dan Retensi perlu Ukur Analisa dan Performa

Kurang lebih dunia digital marketing tuh seperti gambar diatas.

  1. AkuisisiDengan pake SEO, content marketing, social media organic & ads, dan search & displasy ads. Maka target market akan berkunjung ke website/aplikasi kita.
  2. RetensiLalu data-data mereka yang udah berkunjung itu. Kita kelola dengan CRM melalui WA, email, sms dan komunikasi langsung lainnya.
  3. Ukur Analisa dan PerformaAkhirnya, proses akuisi sejak awal dan akhirnya retensi perlu terukur dan ter-tracking. Itulah yang menjadi digital marketing bedanya dengan offline marketing.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply