Promosi Produk Baru? 18++ Cara Promosi Cerdas, Bahkan Nyaris Tanpa Biaya Sedikitpun

Salam #MasBro #MbakBro.
Lagi jalanin bisnis?
Udah coba pasarin online?

Uda coba Jasa SEO Indonesia?

Kunci sukses seorang pebisnis ternyata ngga hanya terletak pada kualitas barang yang dipasarkan, tapi juga dilihat dari cara promosi yang dijalankan. Bahkan, sebagus apapun produk kita, ngga akan dapat dikenali orang tanpa didukung strategi promosi yang efektif. Ngga heran kalo banyak pebisnis yang rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit hanya untuk keperluan promosi.

Tetapi untuk kita yang masih pebisnis pemula, rasanya ngga perlu sampe ngabisin dana berlebih untuk memikat calon konsumen. Sebab, cara promosi produk, tidak selamanya membutuhkan biaya besar. Kita yang punya dana terbatas sekalipun bisa loh menyusun strategi promosi untuk mendongkrak penjualan produk.

Sebagai tambahan informasi, berikut 18 cara promosi cerdas, bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun, yang bisa kita jalankan agar barang dagangan kita laku keras di pasaran. Mantep, rek!

1. Nyusun daftar rencana promosi

Pertama, susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen,  mulai dari tujuan promosi, target pasar,  nilai lebih produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kita kepada konsumen.

2. Tentuin konsep promosi sebelum memulai usaha

Sebelum memulai usaha, cari tahu mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk yang kita tawarkan. Selanjutnya, tentukan konsep promosi yang diinginkan, bila perlu, tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnismu.

3. Pilih sasaran pasar yang tepat

Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokusin target pasar produk kita kepada suatu komunitas, atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk tersebut. Kalo produk kita udah tersebar dan dikenal masyarakat, kita dapat memperluas sasaran pasar.

4. Fokus kepada pelanggan

Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan pelanggan dengan memberikan informasi bagaimana produkmu bermanfaat untuk mereka.

5. Penuhi permintaan pelanggan

Konsumen merupakan orang yang paling tau kebutuhan apa yang mereka inginkan, oleh karena itu, dengarkan permintaan mereka dan penuhi dengan menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Agar produk yang kita ciptakan bisa menjawab kebutuhan konsumen saat ini.

6. Berikan informasi gratis

Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk kita, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan informasi-informasi tersebut di website kita. Berikan informasi gratis dengan berita yang up to date, bila perlu kirimkan e-mail untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk kita.

7. Pake online marketing

Promosi bisa dilakuin dengan …
a. Ngirimin e-mail kepada para pelanggan sebagai bentuk  berkomunikasi;
b. Media sosial, misalnya membuat grup melalui Facebook ato Twitter;
c. Membuat content di website dengan meminta bantuan Jasa SEO Indonesia.

Khusus Jasa SEO Indonesia, kita coba jelasin lebih rinci, ya.

Berkembang pesatnya kemajuan teknologi membuat informasi dapat tersebar dengan sangat mudah. Kemudahan dalam penggunaan teknologi informasi ini bisa dijadiin kesempatan dalam menarik peluang bisnis. Karna kemudahan yang diberikan oleh internet, ada banyak orang yang akhirnya ngandelin informasi yang mereka dapetin dari internet mengenai hal apapun.

Mulai dari resep masakan, hingga jual beli berlian, semua bisa kita temukan di internet kalo kita menggunakan kata pencarian yang tepat. Kita bahkan bisa coba buka bisnis kita sendiri. Yang dibutuhin cuma sebuah website dan media sosial. Dua hal ini saja yang kita butuhkan dan bisnis kita pasti berjalan dengan lancar.

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan berbisnis online adalah efisiensi waktu dan tempat. Kita ngga perlu mahal-mahal nyediain tempat untuk memulai bisnis kita. Semua tempat yang kita butuhin ada di internet. Kita bisa mulai berjualan pada platform jual beli online yang saat ini sedang banyak digunakan.

Tapi kalo kita mau keliatan lebih profesional, kita bisa pake website sebagai tempat berjualan. Perlu di ingat kalo kita menggunakan website, kita perlu ngelakuin lebih banyak usaha untuk mengoptimalkan penjualan dibandingin kalo kita langsung menggunakan forum jual beli (marketplace) yang sudah ada.

jasa seo indonesia Karya brooke lark

Kita punya 2 pilihan untuk ngeoptimalin penggunaan website kita. Bisa dengan mempelajari sendiri cara mengoptimalkan website kita atau dengan bantuan jasa SEO Indonesia.

Lalu apa aja sih yang bisa dioptimalin lewat Jasa SEO Indonesia?

a. Kualitas isi website
Untuk menarik pengunjung kita harus memiliki isi yang menarik di dalam website. Jika memang website kita dijadikan sebagai tempat untuk berjualan, maka kita perlu membuat tampilan nya menarik. Website kita harus tertata rapih dan mudah digunakan supaya pengunjung bisa dengan mudah berbelanja.

Tampilan yang clean and simple biasanya banyak digunakan oleh website yang bertujuan untuk berjualan. Selain tampilan website, kita juga harus menambahkan informasi tambahan dalam website kita. Informasi yang diberikan bisa seputar produk-produk yang kita jual. Informasi yang kita berikan ini akan menambah jumlah pengunjung di website kita. Dan membuat website kita lebih mudah di temukan.

b.Tentuin kata kunci sesuai target pasar
Setelah menentukan produk dan kualitas isi website, hal lain yang perlu kita perhatikan supaya website kita mudah di temukan adalah kata kunci. Kita harus menggunakan kata kunci yang tepat supaya bisa dengan mudah ditemukan oleh banyak orang.

Trus gimana caranya mendapatkan kata kunci yang tepat? Gampang, dengan melakukan riset kata kunci. Riset ini bisa kita lakukan dengan bantuan salah satu tool search engine Google yaitu Google keyword planner.

Google keyword planner akan membantu kita untuk mengetahui kata kunci mana yang bekerja lebih efektif. Banyak dari kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi namun tidak efektif untuk digunakan. Kita bisa gunakan kata kunci yang memiliki lebih sedikit pesaingnya jika kita pemula. Kita harus ingat kalau Google keyword planner tidak membuat kata kunci baru. Mereka hanya membantu kita menemukan kata kunci paling tepat yang bisa kita gunakan di website kita.

c. Kecepatan website
Kecepatan website kita bisa jadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan Traffik pengunjung. Semakin cepat waktu loading yang dibutuhkan website kita akan semakin baik. Tidak akan ada yang mau masuk ke website kita kalau waktu loading website kita lebih dari 1 menit. Bahkan 1 menit sepertinya sudah terlalu lama. 

Sekarang ini semua orang menginginkan informasi yang serba cepat. Mereka tidak akan mau menunggu website kita loading sementara mereka bisa ngedapetin informasi di tempat lain dengan lebih cepat. Jadi, kita harus pastikan bahwa waktu loading yang di butuhkan website kita sangat minimal.

Selain akan dilewatkan oleh pengunjung, waktu loading yang lama akan membuat peringkat kita rendah di algoritma mesin pencari (baca: Google). Semakin rendah peringkat yang kita dapatkan maka semakin kecil kemungkinan kita berada di laman pencarian pertama ketika seseorang mencari kata kunci.

Yang mungkn menjadi penyebabnya adalah template website dan tempat hosting website. Jadi, kita harus memilih dengan hati-hati template dan tempat hosting untuk website kita. Untuk melakukan pengecekkan terhadap kecepatan loading sebuah website, kita bisa gunakan tool search engine Google berikut g.co/mobilefriendly.

Untuk mengecek, kita hanya perlu memasukkan URL website dan menunggu beberapa saat. Setelahnya akan muncul hasil audit mengenai kecepatan loading website serta beberapa rekomendasi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan performa website.

d. Berbagi ke media sosial

Sayang banget kalo konten bagus di website kita ngga dibagiin ke media sosial. Sama seperti rumah makan dengan menu yang enak-enak, ehh, tapi orang orang pada ngga ada yang tau. Ya penjualan sepi dong.

Karna itu pahami ini …

Studi yang dilakukan oleh The New York Times, Customer Insight Group, dan Latitude Research mencatat, bahwa secara psikologis ada lima (5) faktor yang membuat audiens membagikan konten di media sosial, yaitu:

  1. Sekitar 49% pengguna media sosial membagikan konten digital di media sosial karena beranggapan konten tersebut bernilai, mencerahkan, dan menghibur. Mereka ingin berbagi informasi kepada audiens lain tentang produk yang mereka sukai dan dukung, pendapatnya akan suatu hal, atau memotivasi orang lain untuk ikut melakukan sesuatu.
  2. 68% pengguna media sosial bersedia untuk membagikan konten karena dianggap dapat mendefinisikan diri sendiri. Mereka ingin mempertegas dan memperkuat jati diri mereka melalui konten yang dibagikannya tersebut.
  3. Ada 78% pengguna yang membagikan konten di media sosial supaya dapat terkoneksi dengan orang lain. Tujuan utama mereka memang ingin terus menjalin hubungan dengan orang lain lewat media sosial.
  4. Alasan ingin memenuhi kebutuhan diri sendiri dan memperoleh pengakuan dari orang lain membuat sekitar 69% pengguna bersedia untuk membagikan konten di medial sosial. Mereka membutuhkan suatu perasaan ikut terlibat dan menjadi bagian dari dunia ini.
  5. Mendukung sesuatu yang sedang diperjuangkan banyak orang atau brand yang mereka sukai. Alasan ini merupakan motivasi utama para pengguna untuk membagikan konten di media sosial. Sebanyak 84% user memilih alasan ini sebagai dasar membagikan konten di media sosial.

Berbagi, apapun itu, adalah bentuk kepedulian. Hal ini berlaku pula dalam konteks para pengguna media sosial yang saling ngebagiin konten.

Konten digital seperti apa yang sering dibagikan?
– Konten yang menghibur
– Konten yang inspiratif
– Konten yang edukatif
– Konten yang berusaha meyakinkan tentang sesuatu.

Dengan mengetahui lima alasan yang memotivasi audiens membagikan konten di media sosial dan jenis konten yang sering dibagiin, semoga akan mempermudah kita untuk memproduksi konten yang berpeluang besar dibagikan oleh banyak audiens di media sosial, yah.

Eh, tapi dua pengetahuan tersebut tentu ngga cukup untuk ngebuat konten kita pasti akan dibagikan. Tentu saja ada satu faktor lain yang penting untuk diperhatikan, yaitu kualitas konten.

e. Backlink
Backlink masih menjadi salah satu faktor penting dalam Jasa SEO Indonesia. Dalam pengertiannya backlink adalah link untuk masuk ke dalam sebuah halaman web. Backlink ini digunakan untuk mengaitkan link tersebut kedalam halam website kita.

Backlink sendiri terdiri dari 2 macam yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Dalam backlink dofollow, link yang ditampilkan pada website orang lain dapat diklik langsung dan langsung mengarah pada halaman web kita. Namun pada backlink no follow, link yang ditampilkan hanya berupa tulisan dan tidak dapat langsung tersambung ke halaman web kita.

Semakin banyak website kita mendapatkan backlink maka akan semakin tinggi rating yang diberikan mesin pencari kepada kita. Soalnya kalau semakin banyak backlink maka search engine akan menyatakan bahwa website kita aktif dan dapat dipercaya. Halaman website yang memberikan backlink juga memberikan pengaruh besar pada rating website kita. Semakin baik rating website yang memberikan backlink kepada kita akan semakin bagus.

Sehingga konsumen mengetahui informasi produk kamu melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun internasional.

Ingat
Perlu waktu buat liat hasil SEO …
Kalau butuh Jasa SEO Indonesia, kontak di sini.

8. Manfaatkan relasi media

Usahakan agar bisnis kita dimuat di media massa atau elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya. Perluas jaringan kamu dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama untuk ngepromosiin bisnis kita.

9. Gabung komunitas

Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Kalo kita menjual pada komunitas yang sering kita ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya iklan.

10. Pake offline marketing 

Salah satunya memasang papan iklan. Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang bagus. Karna mudah diliat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.

11. Lakukan hal kecil yang berdampak besar

Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta kebersihan lokasi usaha kita ternyata mempengaruhi image konsumen terhadap bisnis dan produk yang kita tawarin.

12. Berikan hadiah untuk konsumen

Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis, atau soft drink gratis, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang menggunakan produk kita. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali menggunakan produk kita.

13. Gunakan strategi word of mouth

Promosi paling efektif adalah word of mouth atau pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produkmu akan tersebar di kalangan masyarakat.

14. Hindari meniru produk ternama

Hindari pengunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.

15. Pesaing adalah temen

Jangan menganggap pesaing sebagai musuh.

Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan kompetitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga . Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya stabil.

16. Promosi silang (Cross-promote)

Masukan promosi produk terbaru kita yang siap di-launching, pada setiap kegiatan promosi yang kamu lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang kamu miliki semaksimal mungkin.

17. Iklan alternatif akhir

Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan yang tepat pada sasaran pasar yang kamu bidik, agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

18. Menunggu hasil

Yang terakhir, sabar menunggu hasil, karna penjualan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi, tidak bisa langsung ngasih hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk kita, dan biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk tersebut.

Selamat mencoba dan salam sukses!

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
bisnisukm.com

 

Comments

Leave a Reply