3 Resep Camilan Bahan Dasar Telur

Bagi anak kos yang bosan dengan telur ceplok, ada kabar baik. Pasalnya sekarang ada sejumlah resep cemilan dengan bahan dasar telur yang mudah untuk dibuat. Telur merupakan bahan yang murah dan mudah untuk didapatkan, sehingga tidak akan kesulitan memasak.

Telur merupakan bahan makanan ajaib. Dengan telur, siapa pun bisa menjadikannya sebagai makanan yang enak dan bergizi. Walau bahannya hanya telur, namun siapa sangka jika rasanya bisa menjadi sangat enak dan istimewa.

Resep Camilan Berbahan Dasar Telur Mudah dan Lezat

Teruntuk anak kos yang ingin mendapatkan camilan enak namun menghemat pengeluaran, bisa membuat dengan bahan telur. Hanya dengan bahan dasar telur, sudah bisa membuat camilan yang khas dan super nikmat.

Tidak perlu menggunakan bahan-bahan yang banyak jika ingin membuat camilan enak dan super nikmat. Hanya dengan beberapa bahan saja sudah bisa membuat camilan yang nggak membosankan. Utamanya hanya memakai bahan dasar telur.

Siapa yang sangka jika memasak dengan bahan dasar telur bisa membuat banyak makanan yang enak. Terutama bagi yang sudah bosan menyantap makanan telur dadar atau telur ceplok. Pastinya ingin memasak yang lain, berikut ini adalah resepnya.

  1. Telur Gulung

Makanan telur gulung merupakan camilan terenak dan paling mudah untuk dibuat. Adapun bahan-bahan untuk membuatnya adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • ½ sendok teh merica
  • ½ sendok makan garam
  • 50 ml air
  • Minyak goreng
  • Saus sambal
  • Tusuk sate

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah.
  2. Masukkan telur, merica dan garam , kemudian kocok sampai berbusa.
  3. Tuangkan air dalam campuran telur, kocok sampai merata.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, setelah panas kecilkan sampai nyala sedang.
  5. Tuangkan 3 sendok makan telur secara perlahan-lahan, tuangkan dengan cara memutar.
  6. Ambil tusuk sate dan gulung telur ke pinggir.
  7. Tekan-tekan gulungan telur pada pinggiran wajan, supaya telur tidak mudah terlepas.
  8. Ulangi langkah hingga adonan telur habis.
  9. Tiriskan dan hidangkan telur gulung dengan saus sambal.

2. Telur Krispi

Camilan dengan bahan dasar telur berikutnya adalah telur krispi. Makanan ini sangat enak dan gurih, bahkan rasanya sangat renyah jika digigit. Untuk membuatnya sangat mudah, tinggal siapkan saja bahan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 bungkus tepung bumbu serba guna
  • Garam
  • Margarin

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah.
  2. Masukkan telur dan garam.
  3. Kocok sampai merata.
  4. Lelehkan margarin di atas teflon, goreng tipis telur dan angkat dari teflon.
  5. Irislah telur secara tipis dengan bentuk persegi panjang.
  6. Siapkan wadah yang lain.
  7. Larutkan satu bungkus tepung bumbu serba guna memakai 5 sendok makan air dingin.
  8. Balur telur yang sudah diiris tipis dengan adonan tepung bumbu serba guna.
  9. Goreng adonan dengan minyak panas sampai cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.

3. Sandwich Telur Mayo

Terakhir dalam camilan berbahan dasar telur, ada sandwich telur mayo. Makanan ini sangat enak dan mudah untuk membuatnya. Siapa saja bisa memakai sandwich telur mayo sebagai bekal makanan. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 bungkus roti tawar
  • 1 sachet mayones
  • 1 bungkus keju lembaran
  • 3 sendok makan mentega

Cara membuat:

  1. Hancurkan telur rebus dengan memakai garpu. Campur dengan mayones, aduk hingga merata.
  2. Olesi roti tawar dengan mentega.
  3. Isi roti dengan adonan telur mayo, keju lembaran, adonan telur mayo lagi.
  4. Tutup dengan roti di atasnya.
  5. Potong roti menjadi dua bagian.

Itulah sejumlah resep camilan dengan bahan dasar telur. Untuk mereka yang sudah bosan dengan telur dadar maupun telur rebus, bisa menggunakan cara di atas untuk mendapatkan camilan yang enak dan bernutrisi. Adapun ketiga resep camilan tersebut adalah yang termudah dan terenak.


Terbit

dalam