Berbagai Jenis Jerawat

Berbagai Jenis Jerawat Yang Ada di Kulit Mu

Jerawat adalah salah satu masalah umum pada kulit yang sering mengganggu penampilan kamu. Penyakit kulit satu ini umumnya terjadi karena produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati. Akibatnya, pori – pori menjadi tersumbat dan timbulah jerawat. Jerawat sendiri ternyata ada berbagai jenisnya lho, mulai dari yang biasa hingga parah. Agar kamu tahu cara mengatasi berbagai jenis jerawat, simak selengkapnya berikut ini ya!

Berbagai Jenis Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

1. Komedo Putih

Komedo merupakan jenis jerawat dasar, ketika minyak dan sel kulit bercampur dan menyumbat pori, komedo adalah hal yang pertama yang muncul sebelum membentuk jerawat. Jika pori – pori menutup, maka akan terlihat benjolan berwarna putih yang disebut dengan komedo putih. Penyebab umumnya karena perubahan hormon pada masa tertentu seperti pubertas, haid, jumlah sebum atau minyak pada pori – pori kamu meningkat.

2. Papula

Papula merupakan bentuk benjolan berwarna merah pada kulit. Pada setiap orang, benjolan merah ini biasanya mempunyai ukuran jerawat yang lebih besar. Jerawat papula muncul apabila terdapat komedo terbiarkan begitu saja. Lalu terjadi peradangan pada komedo dan menyebabkan iritasi pada sel kulit di sekitarnya.

3. Nodul

Nodul juga merupakan bentuk peradangan jerawat dengan kategori kondisi serius. Perbedaan dengan jerawat lainnya ialah jenis jerawat ini terjadi karena peradangan yang menembus hingga ke lapisan kulit paling dalam. Usahakan untuk tidak memencet jerawat jenis ini karena bisa menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu.

4. Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang terjadi akibat penumpukan minyak & sel kulit mati di jaringan kulit yang jauh di dalam folikel rambut. Jika terjadi peradangan di kulit, benjolan besar pun terbentuk. Ukuran jerawat yang bengkak dapat terus bertambah karena dipengaruhi oleh infeksi bakteri di lapisan teratas kulit.

5. Jerawat Pasir

Jenis jerawat ini biasa orang kenal dengan jerawat bruntus, merupakan jerawat bintik kecil yang belum berkembang. Umumnya tidak terlalu terlihat, tetapi terasa ketika kamu sentuh. Penyebab utama jerawat ini ialah iritasi kulit akibat tekanan pori – pori yang berlebihan, adanya panas dan gesekan di kulit.

Demikian Berbagai Jenis Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Bagaimana, apakah kalian sudah puas dengan berbagai jenis jerawat yang kita jabarkan di atas. Jika belum kamu bisa konsultasi seputar masalah jerawat hanya di Lucent Aesthetics & Dermatology Clinic Ya!


Terbit

dalam

, ,