Apa Saja yang Termasuk Unsur-unsur Musik Barat?

Apa Saja yang Termasuk Unsur-unsur Musik Barat?

http://Apa Saja yang Termasuk Unsur-unsur Musik Barat?

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Dalam perjalanannya, selain mengenal adanya musik daerah, kita juga akan dibawa berkenalan dengan musik Barat. Apa sih ini, dan apa saja yang termasuk unsur-unsur musik barat itu?

Musik barat adalah musik yang telah berkembang dan popular di dunia, tak terkcuali Indonesia. Musik ini memberi pengaruh kepada banyak orang dikarenakan penyebarannya yang dilakukan secara global. Musik barat juga digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan rasional yang memberi warna bagi musik daerah ataupun populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Secara umum, unsur-unsur musik barat dibedakan menjadi 4, yakni irama dan mantra, atmosfir, suasana hati dan pesan.

  1. Irama dan Mantra

Irama dalam musik kontemporer atau musik pop sering disebut tradisi, style, idiom, atau corak/genre. Pada musik pop modern, irama mencakup country, folk, rock ‘n roll, samba, waltz, salsa, disko, dan lain-lain. Ini mencakup fusi/peleburan corak pop seperti jazz-rock, country-rock, ataupun Latin-disco.

Ritme berbeda dengan mantra. Secara sederhana, mantra merupakan kelompok dari ketukan dasar yang tetap pada lagu. Dalam musik barat ritme juga disebut dengan beat atau dalam bahasa Inggris yang berarti “ketukan” dalam bahasan Indonesia.

  1. Atmosfir

Atmosfir merupakan keadaan lingkungan di sekitar lokasi menyanyi. Atmosfir dapat memberi jawaban pada pertanyaan: “Dimana kamu?” Bisa jadi di suatu pantai tropis atau pegunungan salju yang dingin.

  1. Suasana Hati

Suasana hati menggambarkan perasaan yang anda rasakan saat bernyanyi. Suasana hati tersebut bisa dalam bentuk merenung, Bahagia, sepi, sedih, samai, tenang, rindu, bercanda, sangat hormat.

  1. Pesan

Apakah lagu yang kamu nyanyikan berisi pesan untuk pendengarmu? Apa fakta, sudut-pandang, filsafatmu, tanggapan apakah yang kamu inginkan?

Secara khusus, ada 4 unsur musik Barat, diantaranya:

  1. Lirik

Terdapat perbedaan arti diantara lirik dan pesan. Dalam satu sisi, pesan merupakan apa yang Anda bicarakan melalui suatu lagu atau nyanyian, sedangkan lirik merupakan kata-kata yang menyampaikan pesan seorang penyanyi melalui lagu.

  1. Melodi

Melodi merupakan gabungan dari ritme dan rangkaian tinggi nada/pitch. Rangkaian tinggi nada dan ritme ditandai dengan adanya rangkaian not dan tanda diam dengan berbagai nilai.

  1. Harmoni

Harmoni musik Barat adalah teori mengenai cara Menyusun rangkaian akord-akord agar music tersebut menjadi selaras dan enak untuk didengar.

  1. Ritme

Dalam hal musik, ritme merupakan bagian dari lagu atau melodi. Ritme berhubungan dengan distribusi not-not dan tekanan not. Not-not ini diberi nilai nya sendiri.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply