Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Tau gak sih ada nama Desa yang aneh dan lucu di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro
Selain punya ribuan destinasi wisata yang indah, ternyata Indonesia juga punya keunikan yang nggak ada habisnya. Salah satunya dari nama-nama Desa yang aneh dan unik. Hal ini jadi bikin Indonesia makin beda dengan negara-negara lain. Apa aja ya nama Desa yang unik di Indonesia? 

Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Dari sekian banyak Desa, ada beberapa Desa yang memiliki nama-nama unik yang tidak terlepas dari sejarah atau cerita yang ada di desa tersebut.

1. Desa Pacar Peluk – Jombang, Jawa Timur

Desa Pacar Peluk - Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Desa ini terdiri dari empat dusun, yaitu Dusun Pacar, Dusun Peluk, Dusun Soko, dan Dusun Tegalrejo. Nama unik ini diambil karena di desa ini banyak ditumbuhi tanaman pacar air. Sebab, dulu desa ini adalah hutan belantara yang tak berpenghuni sampai akhirnya datanglah pengembara yang bernama Mbah Wonoyudho.  Saat Mbah Wonoyudo melakukan pembabatan hutan di sekitar desa, ia menjumpai banyak tanaman pacar air berwarna merah, merah muda, ungu, dan putih. Tanaman tersebut dimanfaatkan warga desa sebagai pewarna kuku atau kutek.

2. Desa Kebocoran – Banyumas, Jawa Tengah

 Desa Kebocoran - Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Nama unik desa ini sendiri tak lepas dari sejarah di masa lampau. Diketahui bahwa penamaan desa-desa di Kabupaten Banyumas tidak dapat dilepaskan dari cerita rakyat Babad Kamandaka. Babad Kamandaka adalah kisah jaman kerajaan yang menceritakan perjuangan Raden Banyak Catra, diyakini sebagai putra Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang mengembara mencari seorang istri. Namun, terjadi perkelahian antara Raden Banyak Catra dan Raden Banyak Ngampa yang merupakan adik kandungnya tapi, masing-masing saling tidak mengenal.

Kamandaka lari ke arah timur menuju arah Purwokerto, sampai jatuh dan terluka. Ketika sampai di sebuah sungai, Kamandaka membasuh lukanya, namun darah keluar dengan derasnya seperti sebuah air yang bocor, akhirnya dinamani Kebocoran. Ada juga yang bilang bahwa tidak ada sejarah Desa Kebocoran mengalami kekeringan atau kekurangan air meski musim kemarau. Untuk menggali air tanah juga sangat dangkal, Menggali tanah sedalam 2 meter saja di wilayah Desa Kebocoran debit airnya sudah deras. Sehingga warga desa tidak perlu menggali begitu dalam untuk mendapatkan air bersih.

Baca Juga
1. Tempat Wisata dengan Nama Unik di Indonesia
2. Budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

3. Desa Tutup – Blora, Jawa Timur

Desa Tutup - Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Walaupun namanya Desa Tutup tapi sebenarnya desa ini tetap terbuka untuk siapa saja yang datang. Asal usul nama desa tersebut berasal dari sebuah tanaman, yaitu Pohon Tutup. Selain itu, karena desa ini juga merupakan daerah yang tertutup dan akhirnya dinamakan Desa Tutup.

4. Desa Kasmaran – Indramayu, Jawa Barat

Desa Kasmaran - Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Asal penamaan kasmaran berasal dari upaya Pangeran Darma dari Indramayu yang berupaya merebut kembali sebuah batas wilayah dengan daerah tetangga, yaitu Sumedang Larang. Mengutip history of Cirebon, untuk merebut sebagian wilayah yang diambil oleh Raja Sumedang, Pangeran Darma mengubah penampilannya bak seorang wanita.

Raja Sumedang Larang yang sangat mudah terbius kecantikan oleh wanita dimanfaatkan kelemahannya oleh Pangeran Darma. Singkat cerita, setelah Pangeran Darma berhasil merebut kembali daerah kekuasannya tersebut, ia pun melarikan diri. Jadilah nama Desa Kasmaran yang diambil dari peristiwa kasmarannya Raja Sumedang Larang terhadap Pangeran Darma.

5. Desa Siluman – Subang, Jawa Barat

 Desa Siluman - Unik Bikin Ngakak, 5 Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia

Nama yang terdengar aneh ini awalnya diberikan ketika seorang sesepuh waktu itu menjadi kepala desa pertama, bernama Bah Tinggi. Secara kebetulah Bah Tinggi tinggal di sekitar aliran Sungai Cisiluman di wilayah itu, hingga akhirnya dijadikan nama desa. Meski tidak ada prasasti atau petilasan yang bisa dijadikan bukti autentik tentang sejarah Desa Siluman, bahkan sungai kecil yang bernama Cisiluman pun kini tidak jelas lagi letaknya. Namun, dari beberapa cerita penduduk asli, desa ini punya sejarah dan riwayat hidup yang panjang.

Kesimpulan

Ada Desa kamu ga di sini? 

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 09:59 WIB pada Hari Senin tanggal 07 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Nama Desa Aneh dan Lucu di Indonesia, Desa Pacar Peluk, Desa Kebocoran, Desa Tutup, Desa Kasmaran, Desa Siluman
,

Comments

Leave a Reply