Drama Tradisional Dari Jawa Barat

Kesenian dari indonesia sangat beragam, salah satunya adalah drama, banyak ciri khas dari setiap daerah untuk sebuah tema atau jenis dari drama tersebut, berikut ini adalah jajaran drama atau teater dari Jawa Barat:

1. Lenong merupakan kesenian teater tradisional atau sandiwara masyarakat Betawi yang biasanya dibawakan dengan menggunakan dialek Betawi.

2. Ludruk Salah satu dari macam-macam teater daerah Jawa Barat adalah seni teater ludruk. Ludruk merupakan drama tradisional yang diselenggarakan di sebuah panggung dan mengambil kisah kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lainnya.

3. Ketoprak berasal dari bahasa Jawa, yaitu kethoprak yang merupakan seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pementasan ketoprak, biasanya terdapat sandiwara yang akan diselingi oleh lagu-lagu Jawa yang diiringi dengan gamelan yang disajikan.

Drama Tradisional Dari Jawa Barat4. Wayang golek. Wayang merupakan bentuk teater rakyat yang sangat populer. Pada dasarnya, ada dua jenis wayang golek, yaitu wayang golek papak dan wayang golek purwa yang berada di daerah Sunda. Di dalam wayang golek, terdapat lakon-lakon baik galur maupun carangan.

Diatas tadi adalah beberapa jenis teater dari Jawa Barat


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply