INI LOH 5++ KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH DI BULAN RAMADHAN!!!

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Gimana? Masih Puasa Gak Nih?

Salam #MasBro #MbakBro

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Gimana nih? Masih Semangat Gak Puasanya? Masih dong ya.

Salat Tarawih (kadang-kadang disebut TerawehTaraweh, atau Tarwih) adalah salat sunah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai “waktu sesaat untuk istirahat”. Waktu pelaksanaan salat sunah ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. Rasulullah Muhammad ﷺ hanya pernah melakukannya secara berjemaah dalam tiga kali kesempatan. Hadis menyebutkan bahwa rasulullah ﷺ kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut salat Tarawih akan menjadi diwajibkan kepada umat muslim.

APA AJA SIH KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH?

1. Diampuni Dosanya

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan adalah mendapat pengampunan dosa. Selain menggugurkan dosa, salat tarawih di bulan Ramadan akan dijamin pahala yang melimpah. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan ini sesuai dengan hadis Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah di bawah ini.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengampunan dosa sebagai keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dalam hadits tersebut adalah mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadis. Ada pula pendapat lain yang mengatakan, pengampunan dosa adalah khusus untuk dosa kecil.

2. Berpahala Salat Berjemaah

Melaksanakan salat tarawih lebih berpahala bila dilaksanakan berjemaah. Hal ini yang menjadikan keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan berpahala salat berjemaah. Salat tarawih adalah sunnah, boleh dikerjakan sendiri dan boleh berjamaah.

Jika dilakukan berjemaah, maka selain mendapat pahala salat tarawih, niscaya akan dijamin mendapat pahala salat berjemaah sebanyak 27 derajat. Seperti hadits keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dari Rasulullah SAW di bawah ini.

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650(

3. Melapangkan Rezeki

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan akan melapangkan rezeki pelakunya. Terutama bila salat sunnah yang dilakukan di secara berjemaah. Saat berjemaah di masjid atau mushala, bertemu dengan sanak saudara dan tetangga pasti akan terjadi.

Niscaya ini bisa memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah. Silaturahmi yang selalu terjaga dengan baik, sabda dari Rasulullah SAW adalah akan melapangkan rezeki umat manusia.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim.” (HR Bukhari).

4. Memakmurkan Masjid

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan adalah dapat memakmurkan masjid bila dilaksanakan di sana. Rumah Allah SWT yang selalu didatangi akan mendapat kemakmuran, rasa cinta kepada masjid pun bisa semakin dirasakan dan tertanam.

Salat tarawih di masjid akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya. Selain itu keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan memiliki alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadan.

5. Berpahala Salat Semalam Penuh

Salat tarawih dianjurkan untuk dilakukan berjemaah meskipun dilaksanakan di rumah. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan ini akan mendatangkan pahala seperti salat semalam penuh.

Sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya:

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. An Nasai no. 1605, Tirmidzi no. 806, Ibnu Majah no. 1327, Ahmad dan Tirmidzi. Tirmidzi menshahihkan hadits ini. Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’ no. 447 mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Jika salat tarawih dilaksanakan di rumah, maka alangkah baiknya dilakukan berjemaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut. Ketentraman pun akan semakin bisa dirasakan.

6. Berkah di Bulan Ramadan

Mendapatkan berkah melimpah adalah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan. Salat tarawih berjemaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadan. Sehingga membuat bulan Ramadan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Keberkahan dari salat tarawih inipun bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di saat bulan Ramadan. Sebab, pada saat melaksanakan salat tarawih, tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga.

7. Sarana Menimba Ilmu

Ketika melaksanakan salat tarawih di masjid, umat yang melaksanakan pasti akan mendapat banyak ilmu. Pasalnya, sebelum salat tarawih akan selalu ada ceramah atau kultum. Inilah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan.

Ketika menunaikan salat tarawih di rumah, alangkah baiknya bila bisa menambah ilmu dengan membaca Al-Qur’an beserta artinya. Mulai pahami, resapi, dan amalkan maknanya dengan baik.

Ketika seseorang memfokuskan diri pada ibadah, maka yang didapatkan adalah ketenangan. Di mana orang akan menjadi pribadi yang baik dan penyabar. Selama bulan Ramadan, sabar sangat dibutuhkan agar puasa yang dijalankan diterima oleh Allah SWT.

8. Menyelamatkan Kekurangan Ibadah Wajib

Ibadah sunnah seperti salat tarawih akan membantu menyelamatkan seseorang kelak dari kecacatan ibadah wajibnya yang tak sengaja atau telah dilalaikannya. Inilah keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan.

Diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا )) رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيثٌ حَسَنٌ ))

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

9. Menyehatkan Mental

Olahraga bisa meningkatkan perilaku, suasana hati, dan pikiran. Olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup, memicu meningkatnya energi, mengurangi kecemasan, depresi, dan membuat dampak positif pada suasana hati.

Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan dapat menyehatkan mental, menjaga kebugaran jasmani dan rohani dengan baik. Hal ini pun dapat meningkatkan memori, terutama orang dewasa dengan pengulangan ayat-ayat dari Al-Qur’an untuk menyaring pikiran yang masuk.

10. Menyehatkan Tubuh

Gerakan naik turun yang lembut saat salat tarawih, termasuk sujud dan rukuk, dilakukan sambil berdoa dapat meningkatkan kesehatan disik dan emosional. Keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan pun dapay meningkatkan umur panjang bagi yang menjalankannya.

Telah dilaporkan bahwa orang yang berpuasa sepanjang hari dan kemudian melakukan salat tarawih di malam hari akan merasa lebih kuat. Seiring bertambahnya usia, latihan fisik mungkin akan berkurang yang mengakibatkan pengeroposan pada tulang.

Gerakan berulang selama salat tarawih meningkatkan fleksibilitas sendiri, kekuatan otot, dan kekuatan tendon. Gerakan teratur selama salat tarawih adalah bentuk olahraga, ini dapat membantu membakar kalori. Makan seimbang saat sahur dan berbuka di sertai dengan salat tarawih dapat membantu seseorang mengurangi berat badan yang berlebihan.

 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

 

Kesimpulan

Selain keutamaan shalat tarawih diatas, ternyata ada satu motivasi untuk kita agar semangat di bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatull Qadar. Nabi ﷺ bersabda:

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
liputan6.com, rumaysho.com, republika.co.id, Wikipedia dibuka pukul 08:00 WIB pada Hari Jum`at tanggal 07 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari
10 hari terakhir bulan Ramadhan, Lailatul Qadar, Amalan-amalan sunnah bulan puasa, Tarawih, Keutamaan Shalat Tarawih, Shalat Tarawih

Comments

Leave a Reply