5 Ilmuwan Indonesia yang Menciptakan Hal Hebat dan Dikenal di Dunia

5 Ilmuwan Indonesia yang Menciptakan Hal Hebat dan Dikenal di Dunia

Inilah 5 Ilmuwan Indonesia yang Menciptakan Hal Hebat dan Dikenal di Dunia

Siapa bilang tidak ada ilmuwan Indonesia yang mendunia? Siapa bilang karya-karya ilmuwan Indonesia tidak ada yang di akui oleh dunia? Kamu harus tau 5 ilmuwan Indonesia yang menciptakan Hal hebat dan dikenal di dunia.

Hallo everybody, balik lagi nih sama aku Rindiani. Nah buat kali ini aku mau ngasih tau ke kalian tentang 11 ilmuwan Indonesia yang menciptakan hal hebat dan di kenal dunia. Mau tau siapa aja? Yo ikuti terus kelanjutannya.

  1. Dr. Khoirul Anwar, penemu konsep dua FFT, yang di pakai dalam teknologi 4G LTE

Tahun 2010 Dr. Eng Khoirul Anwar menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang kemudian menjadi standar International Telecommunication Union (ITU). Temuannya ini berhasil meningkatkan kecepatan transmisi data. ITU adalah salah satu pembentuk komponen teknologi LTE. Hingga saat ini Dr. Eng Khoirul Anwar telah memiliki tiga paten dalam dunia telekomunikasi.

Baca juga: viral tiktok hari ini

2. Dr. Yogi Ahmad Erlangga, penemu rumus matematika berdasarkan persamaan Helmholtz, membuat pencarian sumber minyak bumi lebih cepat dan akurat

Dr. Yogi Ahmad Erlangga di nobatkan sebagai doktor matematika terapan di Belanda. Dirinya di kenal oleh dunia karena berhasil memecahkan persamaan Helmholtz yang di gunakan untuk pencarian minyak bumi. Penemuannya ini membuat ribuan insinyur minyak bekerja lebih cepat dengan akurasi yang tinggi pula.

3. Dr. Warsito Purwo Taruno, penemu alat pemindai (ECVT) 4 dimensi (4D)

Selain sebagai ketua Masyarakat Ilmuwan Teknolog Indonesia (MITI) dan ketua dewan penasehat Institute for Science and Technology Studies, Dr. Warsito Purwo Taruno adalah pemilik paten Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT). Ia penemu yang mengembangkan ECVT 4 dimensi pertama di dunia, yang di gunakan untuk melakukan pemindaian pada dinding pesawat ulang-alik.

4. Prof. Josaphat T. S. Sumantyo, penemu radar 3 dimensi

Prof. Josaphat T. S. Sumantyo menemukan radar 3 dimensi yang sangat membantu dalam mengirim informasi untuk navigasi pesawat. Penemuannya ini tersebar di beberapa negara di dunia dan sering di gunakan untuk memprediksi cuaca. Banyak penghargaan sudah di raihnya berkat dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, di antaranya adalah Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.

Baca juga: Ibu Ini Viral Usai Heboh Kemunculan Babi Ngepet di Depok

5. Dr. Eniya Listiani Dewi, penemu membran sel bahan bakar menggunakan unsur Vanadium

Salah satu peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini menemukan sel bahan bakar baru yang menggunakan unsur Vanadium. Penemuannya ini membuat dirinya mendapat penghargaan Mizuno Award dan Koukenkai Award dari Waseda University (tempat ia menempuh pendidikan hingga S3) di tahun 2003.

Baca juga: viral aksi sujud freestyle bocah saat shalat

kesimpulan

ke 5 ilmuwan ini sudah di kenal oleh dunia, karena mereka mencipatakan hal hal yang luar biasa. Para ilmuwan Indonesia ini adalah orang orang yang pertama kali menemukan hal hal penting.

sumber: https://www.idntimes.com/science/discovery/patricia-firscha/daftar-ilmuwan-indonesia-yang-diakui-dan-dikenal-di-dunia/6


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply