5 Art Space di Bandung yang Seru untuk Dikunjungi!

Hallo

Siapa nih yang suka berwisata ke art space, kalian udah tau belum kalau Bandung yang di juluki dengan Kota Kembang itu  memiliki beberapa galeri yang bisa kalian kunjungi sebagai alternatif tempat wisata. Kalian mau tahu apa saja? Yuk scroll sampai bawah!

Galeri Soemardja

Galeri Soemardja (@galerisoemardja) | Twitter

Galeri Soemardja adalah galeri milik salah universitas di Indonesia. Lokasinya menyatu dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB di utara Bandung. Galeri Soemardja bisa dibilang sebagai salah satu art space tertua di Indonesia. Berlokasi di dalam area kompus ITB, art space di Bandung ini diresmikan langsung oleh Presiden Soekarno pada tahun 1959 silam. Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) menggunakan Galeri Soemardja untuk pengelolaan pameran dan program seni. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat diskusi, seminar hingga loka karya seniman mulai dari skala regional, nasional hingga internasional. Kamu yang ingin melihat karya seni di sini bisa datang langsung ke kampus Institut Teknologi Bandung.

Alamat:  Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha No. 10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

NuArt Sclupture Park

File:Nugallery.jpg - Wikimedia Commons

Art Space di Bandung berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah NuArt Sclupture Park. Nuart Sculpture Park adalah sebuah museum galeri seni patung yang terletak di bagian Bandung Utara, Jawa Barat, Indonesia. Nuart Sculptur Park pertama kali dibuka pada tahun 2000. NuArt Sclupture Park merupakan galeri seni milik Nyoman Nuarta. Pada awalnya, banyak yang sungkan mengunjungi galeri seni ini , tetapi sejak diadakannya pelatihan dan pertunjukan setiap tahun para pengunjung pun mulai berdatangan. Selain itu, NuArt Sclupture Park juga rutin mengadakan kegiatan seru, seperti membuat kerajinan dari tanah liat, melukis alas kaki tradisional hingga membuat payung.

Alamat: Jl, Setra Duta Raya No.L 6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Lawangwangi Creative Space

art space di Bandung

Berkunjung ke Lawangi Creative Space kamu akan melihat beberapa karya seni ikonik yang fotonya sudah hilir mudik di dunia maya, seperti deretan 9 buah patung yang bertransformasi. Tidak hanya area outdoor-nya saja yang memiliki spot ikonik, Lawangwangi Creative Space juga memiliki sebuah ruangan yang sering digunakan sebagai tempat pameran. Sama seperti Salian Art, tempat ini punya area café yang memiliki pemandangan menakjubkan. Meski sebuah galeri seni, makanan di Lawangi Creative Space banyak digemari pengunjung. Kamu bisa mencicipi berbagai sajian, seperti pizza, pasta hingga steak.

Alamat:  Jalan Dago Giri No. 99A, Mekarwangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Selasar Sunaryo Art Space

How Have Artist-Founded Galleries Engaged with the Market? — Art & Market

Dibangun oleh seorang seniman kontemporer, Selasar Sunaryo Art Space merupakan sebuah galeri seni nirlaba yang menampilkan karya seni instalasi. Ada tiga bagian galeri yang bisa kamu eksplor ,seperti; religius, sosial dan pengolahan bahan lokal. Tidak hanya menampilkan berbagai karya seni saja,  art space di Bandung ini juga sering menyelenggarakan kegiatan seru, seperti konser musik, pemutaran film, pementasan teater, pembacaan karya sastra hingga program anak-anak. Setelah melihat uniknya karya seni dan berbagai aktivitas, kamu bisa bersantai dengan mengunjungi café dan coffee shop-nya.

Alamat:  Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.  

Roemah Seni Sarasvati

art space di Bandung

Dibangun dengan tujuan untuk memperkenalkan berbagai seni budaya berkualitas, Roemah Seni Sarasvati wajib masuk ke dalam daftar  art space di Bandung yang akan kamu kunjungi berikutnya. Tidak hanya sekedar galeri seni, Roemah Seni Sarasvati juga menjadi ruang diskusi dan workshop bagi para pecinta seni. Masuk ke art space di Bandung ini kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Karya seni di Roemah Seni Sarasvati sendiri merupakan koleksi pribadi milik Lin Che Wei. Selain itu, Dibagian belakang galeri, kamu akan menemukan sebuah kafe yang menyajikan menu lokal khas Bandung, seperti nasi sangrai, nasi bambu hingga sop ikan gurame. Anda bisa berkunjung ke Roemah Seni Sarasvati mulai setiap hari kecuali hari Senin.

Alamat:  Jalan Jend. Sudirman No.137, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.  

Nah itu dia rekomendasi 5 art space yang berada di kota Bandung. Semoga bisa membantu kalian.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply