4 Quotes dari Sam Berns
Sam Berns merupakan seorang remaja penderita progeria, penyakit genetik langka yang banyak dikenal dari bukunya berjudul Life According to Sam dan pidatonya yang berjudul “My Philosophy for a Happy Life” di TEDxMidAtlantic. Videonya saat menjadi pembicara TEDx Talks di youtube telah ditonton sebanyak 39 juta kali sampai hari ini.
Sam Berns didiagnosis menderita progeria saat berusia 22 bulan dan divonis hanya dapat bertahan hidup sampai usia 13 tahun. Nyatanya, Sam Berns mampu hidup sampai 17 tahun hingga 2014 lalu, 1 tahun setelah menjadi pembicara TEDx.
1. Jangan membuang waktu dan energimu
sciencenews.org
“Aku tidak pernah menyia-nyiakan energiku hanya untuk merasa bahwa aku buruk (jelek).” (Sam Berns).
Kualitas seseorang tidak dapat dinilai hanya dari segi fisik, kekayaan, dan popularitas semata. Siapa pun itu berhak diperlakukan sesuai harkat dan martabatnya sebagai manusia.
2. Tetaplah bahagia apa pun yang terjadi
Pexels/Pixabay
“Tidak peduli seberapa besar masalahmu, tetaplah bahagia.” (Sam Berns).
Apa pun masalahmu, selalu ada jalan untuk menyelesaikannya. Seberat apa pun, itu bukan akhir dari segalanya sehingga kita berputus asa.
3. Menebar kebahagiaan untuk mengubah dunia
Pexels/Nina Uhlíková
“Tidak peduli apa pun yang kupilih, aku percaya aku dapat mengubah dunia. Dan selagi aku berusaha untuk mengubah dunia, aku akan bahagia.” (Sam Berns).
Hal sederhana yang kita lakukan, misalnya seperti membuat orang lain tersenyum, akan membuat orang lain bahagia.
4. Selagi masih ada yang mencintai dan mendukungmu, teruslah maju
Pexels/Helena Lopes
“Aku mengelilingi diriku dengan orang-orang yang kuinginkan. Dan terus bergerak maju.” (Sam Berns)
Kita tidak dapat menghindar dari orang-orang yang tidak menyukai kita. Sering kali, hal itu membuat kita frustrasi, marah, depresi, bahkan sampai melukai diri sendiri.
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.