Digital marketing terus berkembang

This image has an empty alt attribute; its file name is image-8.png

Sumber : peternco.com

Digital marketing terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih dan juga perkembangan internet yang semakin pesat penggunaannya. Inipun tidak terkecuali untuk perkembangan digital marketing indonesia yang juga memiliki perkembangan dan perubahan yang cepat. Hal yang paling signifikan terjadi adalah adanya perubahan cara memanfaatkan marketing secara konvensional, kini beralih menjadi marketing yang memanfaatkan platform digital. Pembeli dan konsumen tidak perlu lagi bertatap muka agar proses transaksi jual beli bisa terlaksana. Kini setelah beralih ke platform digital, transaksi jual beli dengan konsumen bisa menjangkau berbagai tempat secara efektif dan efisien serta proses transaksi akan terus berlangsung selama bisnis Anda selalu aktif memberikan info-info terbaru kepada konsumen Anda. 

Sebelum lebih memahami perkembangan yang terjadi di digital marketing indonesia saat ini, Anda perlu mengetahui digital marketing itu seperti apa. Secara umum, digital marketing adalah bentuk atau kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital dan internet sehingga para marketer bisa lebih luas lagi menjangkau konsumennya untuk mengenalkan brand dan juga meningkatkan penjualan. Selama beberapa tahun terakhir, digital marketing memang bukanlah hal yang baru lagi, tetapi perkembangan dan pembaharuannya akan selalu memunculkan hal baru. Oleh karena itu, di digital marketing indonesia pun mengalami perkembangan dari hal-hal baru yang terjadi hingga sampai saat ini.

Perkembangan digital marketing indonesia diawali dengan perkembangan digital marketing di dunia. Bermula pada tahun 1990-an, digital marketing dikenalkan kepada publik dengan hadirnya mesin pencarian bernama Archie untuk mengakses website atau world wide web (WWW). Dalam dua tahun selanjutnya, saat mengakses website melalui mesin pencarian (search engine) mulai bermunculan berbagai promosi banner sebagai iklan online. Iklan online tersebut bisa diklik sehingga akan membawa Anda menuju halaman dari produk yang dipasarkan. Perkembangan digital marketing indonesia pun mengalami hal yang sama. Pada tahun tersebut, internet sudah bisa diakses oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis. Banner-banner elektronik yang ada di situs website pun sudah mulai bermunculan dan dapat diakses untuk mengantarkan pengguna menuju postingan dan halaman produk yang dipromosikan.  Sehingga, era digital marketing indonesia  pada saat itu sudah dimulai. 

Setelah perkembangan promosi iklan secara online, mulailah muncul e-commerce. E-commerce di dalam perkembangan digital marketing indonesia diawali dengan munculnya Internet Service Provider (ISP) pertama pada tahun 1994. Internet Service Provider (ISP) tersebut dikenal dengan nama IndoNet. Munculnya IndoNet inilah yang membuat kesempatan bisnis online dapat diakses. Digital marketing di Indonesia pun selanjutnya mulai bisa dilakukan secara nyata, yaitu dengan hadirnya Dyviacom Intrabumi atau D-Net yang memungkinkan untuk melakukan jual beli secara online. Namun, saat itu hanya terbatas pada menampilkan produknya saja. Pelaksanaan transaksinya masih dilakukan melalui cara Cash On Delivery (COD) dimana konsumen dan pembeli diharuskan bertemu untuk menjalankan transaksi. Perkembangan digital marketing ini terus berlanjut hingga akhirnya  bisa menghadirkan toko online dan berkembang menjadi e-commerce seperti saat ini.

Perkembangan e-commerce yang sangat pesat mulai dirasakan pada tahun 2010, dimana mulai banyak platform digital marketing yang bisa digunakan untuk melakukan promosi digital. Di digital marketing indonesia, pada tahun 2010 mulai muncul Go-Jek yang mulanya hanya sebagai aplikasi antar dan jemput pelanggan, mulai menambahkan fitur-fitur e-commerce seperti go-shop, go-mart, dan fitur pembelian lainnya. Kini e-commerce mulai merambah ke berbagai kebutuhan pelanggan dan bisa mencakup semua kebutuhan seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya. Tidak hanya kebutuhan secara umum, jika Anda membutuhkan barang untuk kebutuhan spesifik seperti kecantikan hingga fashion, perkembangan digital marketing indonesia saat ini sudah muncul Sociolla dan Zalora. Oleh karena itu, hingga sampai saat ini, e-commerce menjadi salah satu tren yang terus ada dalam perkembangan digital marketing indonesia di tahun 2021. Selain e-commerce, tren digital marketing indonesia juga mencakup artificial intelligence marketing yang memudahkan penyesuaian iklan yang akan ditampilkan kepada target pasar secara online; video marketing yang membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand dan membantu mereka untuk lebih mudah menentukan keputusan untuk membeli; konten interaktif yang memanfaatkan berbagai fitur tersedia dalam suatu platform social media seperti polling dan kuis agar meningkatkan awareness dan engagement konsumen; serta viral marketing dengan membuat konten unik dan se-orisinil mungkin agar mendapatkan engagement yang lebih besar, salah satunya adalah yang dilakukan dengan memanfaatkan video Tiktok dengan hashtag dan deskripsi yang menarik, membuat thread di Twitter, dan instagram story serta reels di instagram. Jadi itulah perkembangan yang ada sampai saat ini yang terjadi di digital marketing indonesia. 

Perkembangan digital marketing indonesia ini tentu menjadi perhatian bagi para digital marketer maupun agensi digital marketing untuk membantu baik perusahaan, brand, maupun perseorangan agar dapat dikenal oleh banyak orang maupun menaikkan penjualan. Sekarang di tahun 2021, tantangan dalam perkembangan digital marketing indonesia adalah bagaimana caranya bagi para pelaku bisnis agar tetap eksis ditengah situasi yang tidak menentu. Disini tantangan yang dihadapi para penggiat bisnis adalah para pelaku mengaku memiliki keterbatasan dana, keterampilan, hingga pemahaman dalam menerapkan digital marketing untuk bisnisnya. Banyak dari pelaku bisnis membuat konten digital marketing hanya sekedar membuat tanpa memahami tujuan yang ingin dicapai dari konsumen-konsumennya. Meskipun Anda telah mengikuti trend perkembangan digital marketing indonesia, ada tetap memerlukan digital marketing yang tepat sesuai dengan bisnis Anda agar tetap bisa dikenal oleh banyak konsumen atau awareness dan menghasilkan penjualan langsung atau direct sales.Oleh karena itu, untuk bisa mencapai tujuan bisnis Anda dengan memanfaatkan digital marketing, Anda bisa berkonsultasi bersama Peter&Co. Peter&Co. akan membantu Anda untuk menentukan digital marketing yang sesuai dengan bisnis Anda dan tentu saja dengan tren digital marketing indonesia terbaru yang sedang diminati oleh banyak konsumen. Peter&Co. Membantu Anda untuk membuat marketing plan seperti target personification, digital activity yang akan diangkat, budgeting, dan timeline, serta marketing communication strategy yang Anda inginkan mulai dari target konsumen, positioning, digital campaign, hingga media channel funneling. Selain dari sisi strategi, Peter&Co. bisa mengelola pembuatan konten digital marketing dengan membuat content pillar, social media content, hingga analisisnya secara keseluruhan dari sosial media yang telah Anda miliki. Bagaimana jika Anda ingin mulai menggunakan e-commerce untuk bisnis Anda? Peter&Co. bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan e-commerce untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda di tengah perkembangan digital marketing indonesia saat ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dan merasa tertinggal dari tren digital marketing indonesia sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baru dengan memanfaatkan digital marketing untuk keunggulan bisnis Anda kedepannya. Mulailah berkonsultasi dan bekerjasama dengan Peter&Co. untuk mengembangkan bisnis Anda. Kunjungi website kami untuk informasi digital marketing lebih lanjut di sini!

Share

  


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply