27 Wisata di Sumatera Utara

👁️69x |  💬0 | 🕗00:58 menit

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kalo jalan-jalan ke Sumatera Utara
Kita harus pergi ke wisata yang mana
Ga usah bingung dan harus cari cara
Disini kita akan berbagi mau kemana

Salam Mas Bro, Mbak Bro

Liburan ini ada rencana mau jalan-jalan kemana?

Kalo belum ada, kenapa ga nyoba ke Sumatera Utara aja?

Di sana ada banyak tempat wisata yang menarik. Ga percaya?

Simak daftar 27++ tempat wisata di Sumatera Utara berikut ini:

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar sumut.pojoksatu.id
Sumber Gambar sumut.pojoksatu.id

1. Danau Toba

Alamat : 

Siapa yang ga kenal dengan danau yang satu ini. Nama Danau Toba sudah sering disebut-sebut dalam pelajaran di sekolah. Danau terbesar seAsia Tenggara ini terletak sekitar 177 km dari Kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Gabungan antara hamparan air jernih membiru, udara sejuk dan panorama pegunungan, membuat danau ini menarik minat wisatawan lokal maupun asing. Ga kurang dari 180.000 wisatawan berkunjung ke sini.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar katalogwisata.com
Sumber Gambar katalogwisata.com

2. Pulau Samosir

Alamat : 

Di tengah Danau Toba ada satu pulau vulkanik. Pulau Samosir namanya. Kurang mantap rasanya bila ke Danau Toba ga nyebrang ke Samosir. Bule suka nginap di sini karena banyak tempat buat tempat ngobrol melepas penat setelah seharian berkeliling.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar satuceritadalamhidupku.wordpress.com
Sumber Gambar satuceritadalamhidupku.wordpress.com

3. Air Terjun Sigura-Gura

Alamat : 

Letaknya deket Danau Toba. Jadi bisa dijadiin satu paket perjalanan. Air terjun tertinggi di Indonesia ini dengan ketinggian sekitar 250 meter – merupakan bagian dari Sungai Asahan yang aliran airnya berasal dari Danau Toba.

Kalo waktunya pas, Mas Bro dan Mbak Bro bisa menonton lomba rafting skala nasional ataupun internasional yang sering diadain di sini.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar butuhpiknik.xyz
Sumber Gambar butuhpiknik.xyz

4. Air Terjun Telaga Dwi Warna

Alamat :

Unik! Ada dua aliran air di air terjun yang terletak di Sibolangit ini. Yang satu biru dengan air dinginnya serta putih yang panas. Buat bisa nikmatin keindahan panorama unik ini, Mas Bro dan Mbak Bro harus berjalan menembus hutan (trekking) selama lebih kurang 3 jam.

Tapi rasa lelah akan sirna begitu liat panorama menakjubkan ini. Kesejukan udara sekitar juga akan menyegarkan.

Dengan ketinggian sektiar 100 meter, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai warna putih ke abuan dan biru muda karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya. Buat sampe ke lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, kita akan lewatin hutan jadi siapin diri sebelumnya. Apabila takut tersesat, dapat menyewa pemandu jalan.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar www.triptrus.com
Sumber Gambar www.triptrus.com

5. Istana Maimun

Alamat :

Bagi yang ga ingin pergi jauh-jauh dari kota Medan, Istana Maimun bisa jadi pilihan. Peninggalan Kerajaan Deli ini terletak di dalam kota, tepatnya di Jalan Brigjen Katamso. Banyak kendaraan angkutan umum yang lewat di sekitar tempat ini.

Bangunan yang didominasi warna kuning ini menyimpan banyak benda-benda peninggalan bersejarah. Foto-foto Sultan, Singgasana Raja, perabot Belanda kuno hingga koleksi bermacam senjata bisa #MasBro #MbakBro liat di sini.

Istana Maimun yang saat ini udah menjadi ikon kota Medan, Sumatera Utara adalah sebuah peninggalan Kerajaan Deli. Sejak tahun 1946, istana ini dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Istana seluas lebih dari 2,700 meter ini memiliki lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang adalah perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, Spanyol, dan Italia.

Selain berfoto-foto di bangunan bersejarah ini, pengunjung juga dapat liat-liat koleksi perabotan Belanda kuno, koleksi foto-foto keluarga sultan, dan koleksi macam-macam senjata. Berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Istana Maimun udah jadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang selalu dikunjungin oleh orang yang datang ke kota Medan. Harga tiket masuk Istana Maimun adalah 5,000 Rupiah per orang.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar wisata-sabangmerauke.blogspot.com
Sumber Gambar wisata-sabangmerauke.blogspot.com

6. Dolok Tinggi Raja

Alamat :

Ada apa di Desa Dolok Tinggi Raja, Kabupaten Simangulun?

Salju panas! Bukan salju beneran sih, tapi campuran sulfur putih, hijau dan biru yang membeku. Di tengah areal ini juga terdapat danau air panas.

Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara, Salju Panas Dolok Tinggi Raja merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu berwarna putih sehingga menyerupai salju.

Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik buat dikunjungi. Tapi perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar www.bintang.com
Sumber Gambar www.bintang.com

7. Pulau Nias

Alamat :

Bagi pecinta olahraga surfing, jangan lewatkan kunjungan ke Pulau Nias. Tempat ini dinobatkan sebagai salah satu tempat dengan ombak terbaik di dunia. Ga perlu jauh-jauh ke Hawaii buat surfing.

Pulau ini juga terkenal dengan Lompat Batu, tradisi yang muncul dari kebiasaan berperang antar desa. Para pemuda dengan mudahnya melompati dinding batu setinggi lebih dari dua meter.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar www.kebudayaanindonesia.com
Sumber Gambar www.kebudayaanindonesia.com

8. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Alamat :

Berawal dari pemanfaatan halaman belakang rumah pada tahun 1959, penangkaran buaya ini berkembang menjadi yang terbesar di Indonesia dengan koleksi sekitar 2.500 ekor buaya. Mulai dari usia muda hingga yang sudah puluhan tahun.

Walau dipenuhi banyak binatang buas, tempat ini sangat aman karena mereka diletakan di kolam dan danau buatan yang sudah di desain secara aman. Harga tiket masuk Penangkaran Buaya Asam Kumbang adalah 5,000 Rupiah.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar www.klikhotel.com

9. Tjong A Fie’s Mansion

Alamat :

Ini adalah rumah peninggalan orang terkaya di Medan tempo doeloe yang meninggal pada tahun 1926 akibat pendarahan otak. Rumah yang sekarang jadi museum ini dia wariskan. Bahkan kekayaannya dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan sebelum dia meninggal.

Rumah Tjong A Fie, apa yang spesial dari tempat ini sampai bisa menarik perhatian wisatawan? Rumah Tjong A Fie adalah rumah yang dulunya dimiliki oleh Tjong A Fie, orang terkaya di Medan pada masa lampau.

Tjong A Fie meninggal pada tahun 1926 akibat pendarahan otak, namun ia meninggalkan sebuah warisan berupa rumahnya yang merupakan saksi sejarah dan juga sebuah museum.

Kekayaan yang ia miliki, ia bagiin sebelum meninggal kepada masyarakat yang butuhin.

10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara - Sumber Gambar news.okezone.com
Sumber Gambar news.okezone.com

10. Kampung Keling

Alamat :

Kampung yang juga disebut sebagai Kampung Madras Medan ini merupakan wilayah komunitas India. Di sini mas Bro dan Mbak Bro berburu kuliner ala India atau belanja pernak-pernik khas India.

Di lokasi ini masih terdapat cukup banyak bangunan khas Belanda sehingga selain wisata budaya, kita juga dapat nikmatin wisata sejarah di Kampung Madras Medan.

11. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Alamat :

Anda mau berwisata ke Pantai?

Hmm Sumut juga punya tempat wisata yang menantang buat kita. Bagi yang punya hobi berselancar, maka pantai Lagundari dan Pantai Sorake harus menjadi tujuan tempat wisata selanjutnya di Sumut.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake adalah pantai yang masih berada dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedua pantai ini sangatlah terkenal di dunia karena ombaknya yang besar dan sangat disukai para peselancar dari berbagai belahan dunia. Kalo ga bisa berselancar, ga perlu kuatir karna di kedua pantai ini banyak terdapat pelatih selancar.

Selain itu ada puluhan penginapan di sepanjang pantai jadi ga perlu kuatir kesulitan mendapat penginapan.

12. Danau Siombak

Alamat :

Satu lagi danau di Sumut yang mesti kunjungi adalah Danau Siombak. Danau ini mungkin ga seterkenal danau Toba. Tapi bagi yang hobi mancing. Danau ini bakal kasih sensasi tersendiri buat kita.

Danau ini memiliki luar sekitar 40 hektar yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, Sumatera Utara. Danau Siombak adalah lokasi akhir pekan favorit warga Medan, terutama bagi mereka yang ingin bersantai sambil memancing. Selain itu terdapat juga kawasan bermain anak-anak hingga berbagai jenis permainan air sehingga Danau Siombak sangat cocok buat tempat wisata akhir pekan warga Medan dan sekitarnya.

13. Bukit Gundaling

Alamat :

Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang berlokasi sekitar 60 KM dari kota Medan. Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut.

Kalo kita pernah pergi ke tempat wisata di Puncak. Kita bakal cepet terbiasa dengan suasana di Bukit Gundaling karena suasananya serupa dengan puncak.

Yang unik dari Bukit Gundaling adalah kita dapat liat pemandangan 2 gunung berapi di puncak Bukit Gundaling.

Gimana tertarik buat mampir ke bukit ini?

14. Menara Air Tirtanadi

Alamat :

Menara Air Tirtanadi adalah sebuah menara air yang sangat penting bagi masyarakat kota Medan.

Didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1908 sebagai tempat penampungan air, saat ini Menara Air Tirtanadi masih berfungsi sebagai penampung air yang sangat berguna bagi masyarakat Medan.

Sejak dahulu kala, Menara Air Tirtanadi sudah menjadi salah satu ikon kota Medan, hingga sekarang menjadi tempat wisata yang ga biasa di kota Medan.

15. Bukit Lawang

Alamat :

Bukit Lawang terletak sekitar 80 KM dari kota Medan, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser.

Karena berada di kawasan pegunungan yang penuh dengan pepohonan hijau, udara di Bukit Lawang sangatlah sejuk tanpa adanya polusi seperti di kota.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Kegiatan yang dapat kita lakuin di sini yaitu trekking, liat orang utan, tubing, dan lain-lain. Kalo pengen nginap ga perlu kuatir karena ada penginapan di sini.

Rugi rasanya kalau pergi ke Sumatera Utara tapi ga mencoba keseruan-keseruan yang ada di Bukit Lawang ini. Tunggu apa lagi, yuk kunjungi Bukit Lawang sekarang juga.

Baca Juga : 3 Tempat Wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi!

16. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Alamat :

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah sebuah museum yang memamerkan berbagai macam koleksi binatang yang telah diawetkan.

Berlokasi di kota Medan, museum ini adalah satu-satunya museum yang mempunyai koleksi lengkap hewan yang diawetkan di Asia.

Museum yang beralamat di Jalan S. Parman ini buka sampai dengan jam 5 sore, dengan harga tiket masuk sebesar 25,000 Rupiah, buat safari malam biayanya adalah 10,000 Rupiah, dan buat memotret biayanya adalah 20,000 Rupiah.

17. Gunung Sibayak

Alamat :

Gunung Sibayak adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang cocok bagi kita yang menyukai petualangan. Pernah meletus pada tahun 1600, Gunung Sibayak sekarang ini lumayan populer di kalangan pendaki gunung karena keindahan dan tantangan yang ditawarkannya.

Biasanya mereka berangkat sekitar jam 2 pagi, sehingga dapat nikmatin matahari terbit pada saat sudah berada di atas Gunung Sibayak. Selain dapat liat matahari terbit yang indah, dari puncak Gunung Sibayak kita juga dapat liat kota Medan.

18. Cagar Alam Sibolangit

Alamat :

Cagar Alam Sibolangit adalah sebuah kawasan dengan luas sekitar 24 hektar yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang.

Memiliki bentuk tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, Cagar Alam Sibolangit menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk.

Selain untuk wisata alam, Cagar Alam Sibolangit adalah lokasi favorit untuk kegiatan perkemahan pramuka.

19. Danau Lau Kawar

Alamat :

Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan airnya yang berwarna biru, Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba.

Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga ga kalah indah dari Danau Toba.

Di pinggir Danau Lau Kawar sering terdapat grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat liat beberapa orang memancing di tengah danau dengan pake perahu kecil.

20. Taman Nasional Gunung Leuser

Alamat :

Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh.

Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya.

Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

21. Tangkahan

Alamat :

Tangkahan merupakan kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dengan bentuk tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam. Kegiatan yang dapat kita lakuin di Tangkahan adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain.

22. Hill Park Sibolangit / Green Hill City

Alamat :

Berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang, Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan.

Mirip dengan Dufan di Jakarta, Hillpark Sibolangit adalah salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar.

Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang lumayan sejuk.

22. Aek Sijorni

Alamat :

Aek Sijornih mungkin kurang populer di telinga wisatawan karena memang tempat ini kurang diperhatikan pemerintah. Aek Sijorni adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Utara berupa air terjun.

Aek Sijornih adalah sebuah nama dari bahasa batak yang mempunyai arti air jernih.

Berlokasi di Desa Aek Libung, Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

Aek Sijorni juga termasuk salah satu tempat liburan seru Sumatera Utara yang sayang untuk dilewatkan. Lokasi tepatnya ada di Simpang Tolang, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera.

23. Taman Alam Lumini

Alamat :

Taman Alam Lumbini terletak di kaki Gunung Sibayak, menjadi sebuah destinasi wisata Berastagi yang populer, serta memiliki keunikan berupa adanya sebuah pagoda yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya di kawsan wisata ini.

Alamat Taman Alam Lumbini: Desa Tongkoh, Kec. Dolat Rakyat, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

24. Masjid Raya Medan

Alamat :

Masjid Raya Medan yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara mulai dibangun pada tahun 1906 dengan gaya campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dan India.

Beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Masjid Raya Medan sangat mudah ditemui oleh wisatawan yang tertarik dengan keanggunan Masjid Raya Medan.

Nah, bagi wisatawan khususnya yang muslim. Jangan sampe ga jejakin kaki di masjid yang megah dan cantik ini, apakah buat laksanain shalat atau untuk sekedar mampir rehat sejenak.

25. Air Terjun Sipiso-piso

Alamat :

Air Terjun Sipiso-piso terletak deket dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo.

Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

Buat pecinta alam, maka air terjun ini harus masuk dalam daftar tempat wisata di Sumatera Utara yang akan dikunjungin.

26. Danau Linting

Alamat :

Danau Linting memang ga sepopuler Danau Toba, namun Danau Linting adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik. Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan.

Kalo pengen berenang berhati-hatilah karna Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Harga tiket masuk Danau Linting adalah 5,000 Rupiah.

27. Maha Vihara Adhi Maitreya

Alamat :

Maha Vihara Adhi Maitreya adalah sebuah tempat peribadatan agama Buddha, memiliki suasana yang asri, tertata rapi, dan terjaga kebersihannya. Berdiri di atas lahan seluas 4.5 hektar, bangunan vihara ini secara arsitektural adalah berkarakter ajaran Buddha Maitreya.

Saat masuk ke dalam vihara, akan nemuin tiga buah patung suci, yakni patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao.

Berjalan-jalan ngelilingi vihara sambil berfoto adalah kegiatan yang paling populer dilakuin wisatawan selain tentu aja buat tujuan beribadah bagi yang pengen lakuinnya.

Alamat Maha Vihara Adhi Maitreya: Jl. Cemara Boulevard Utara No. 8 Komplek Cemara Asri (Desa Sampali, Percut Sei Tuan), Medan, Sumatera Utara.

28. Kota Tarutung

Alamat :

Tarutung adalah ibukota Kab. Tapanuli Utara, yang pada awal abad ke-19 adalah tempat yang ramai ramai dikunjungi oleh orang-orang sekitarnya buat transaksi dagang yang datang dari daerah Silindung, Humbang, Samosir, Toba, Dairi, termasuk dari selatan seperti Pahae, Sipirok, hingga Sibolga dan Barus.

Selain Salib Kasih yang merupakan landmark memikat lainnya, di Tarutung terdapat pula kolam pemandian air soda yang hanya ada dua di dunia selain Venezuela, yaitu Aek Rara Tarutung.

Kalo pengen menelusuri riwayat kekristenan di Tanah Batak, kita dapat pergi ke kantor pusat HKBP di Pearaja.

29. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Alamat :

Inilah landmark kota Tarutung, sebuah monumen berbentuk salib yang dibangun di Dolok (bukit) Siatas Barita buat ngenang jasa, dedikasi, dan pengabdian yang luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen.

Nommensen adalah seorang missionaris asal Marsch Nordstrand, Jerman Utara yang ngajarin agama Kristen di Tanah Batak buat bebasin masyarakat Batak dari animisme dan keterbelakangan peradaban.

Di puncak (dolok) Siatas Barita inilah, Nommensen pernah akan dibunuh oleh masyarakat Batak tatkala berlangsung ritual penyembahan kepada Sombaon Siatas Barita, yaitu roh alam yang disembah orang Batak. Saat pemimpin ritual (Sibaso) nyuruh pengikutnya buat membunuh, Nommensen menghadapinya dan berkata bahwa roh tersebut adalah roh setan. Setelah itu, Sibaso jatuh tersungkur dan ga mengganggunya lagi.

Buat dapat masuk, kita harus membayar tiket masuk Salib Kasih sebesar Rp 2 ribu per orang. Salib ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan dihiasi dengan lampu sehingga pada malam hari akan liat jelas dari kota Tarutung yang berada di kaki bukit Siatas Barita tersebut.

Alamat Salib Kasih: Bukit Siatas Barita, Kec. Siatas Barita, Tarutung, Sumatera Utara.

30. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Alamat :

Inilah salah satu destinasi wisata di rohani di Medan, sebuah gereja umat Katholik yang sangat unik. Secara arsitektural, bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni hampir mirip sebuah kuil Hindu. Pada awalnya gereja ini diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yang ada di kota Medan, dan dalam perjalanannya terbuka bagi seluruh umat.

Alamat Graha Santa Maria Annai Velangkanni: Jl. Sakura III No. 7-10 Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara

Kata Kunci : tempat wisata sumatera utara, tempat wisata di medan, wisata medan, wisata di medan, kebun teh sidamanik, tempat wisata medan, tempat wisata di sumatera utara, wisata sumatera utara,

Nah, itu dia daftar 27++ tempat wisata di Sumatera Utara. Udah mutusin mau ngunjungi tempat wisata yang mana?

Oh ya, kalau suka sama tulisan diatas jangan ragu buat bagikan ke temen-temennya ya. Kalo ada pertanyaan silahkan tinggalin jejak dibawah ya.

Ayo, berangkat. Horas.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi

Ada apa di Provinsi Sumatera Utara
Ga perlu bingung lagi disana ada apa
Ga perlu kayak harus pergi ke utara
Kayak si Kera Sakti yang suka alpa

Sumber gambar :
medancityholidays.com/ diakses pukul 19.35 wita Kamis, 24 Juni 2016
mitrasimalungun.com/ diakses pukul 19.35 wita Kamis, 24 Juni 2016
travel.kompas.com/ diakses pukul 19.35 wita Kamis, 24 Juni 2016

Kata kunci lain yang sering dicari …
tempat wisata sumatera utara, tempat wisata di medan, wisata medan, wisata di medan, kebun teh sidamanik, tempat wisata medan, tempat wisata di sumatera utara, wisata sumatera utara, tempat wisata di medan yang lagi hits, tempat wisata di medan yang romantis, destinasi wisata medan, wisata di sumatera utara, tempat wisata di medan johor, wisata sumut, kawah putih medan, tempat wisata di medan yang gratis, tempat romantis di medan, tempat liburan di medan, tempat wisata di sumut, air terjun di sumatera utara, taman wisata di medan, tempat menarik di medan, wisata medan johor, taman air percut medan, tempat pemandian di medan, wisata medan berastagi, air terjun di medan, rekreasi di medan, liburan di medan, pantai biru langkat,

Comments

Leave a Reply