Gimana Konsep Dasar SEO : #BelajarSEO Untuk Pemula (2)

Belajar SEO mulai darimana???

Salam #MasBro & #MbakBro

Lagi deketin seseorang? Tahapan yang pertama pastinya adalah mengenal.

Ibaratnya mau ngejalanin hubungan dengan seseorang, penting rasanya untuk mengenal terlebih lebih dulu. Eciye…

Hmm… sebelumnya di Bab 1 kita ngobrol Belajar SEO untuk Pemula: Panduan Terlengkap SEO dari Nol Sampe Bisa Praktek Sendiri. Selanjutnya, untuk lebih mengenal SEO kita perlu tau gimana sih cara kerja dan konsep dasar SEO agar menjadi ahli SEO.

Dalam belajar SEO kita perlu paham terlebih dahulu, baru setelah itu bisa diterapkan. Untuk itu, yuk kita bahas langkah selanjutnya yang harus #Masbro dan #Mbakbro ketahui, entah itu buat para pemula ataupun bagi yang ahli.

 

SEO Untuk Pemula Belajar Dari Ahli Konsep SEO Optimasi Website Medsos Bisnis Google Search Engine Tips Marketing Link Online Digital

 

Mengenal SEO

Pertanyaan pertama buat kamu adalah apa sih SEO itu?

Kalian pasti pernah kan melakukan pencarian konten di Google, Bing, Yahoo!, atau lainnya. Dan setelah hasilnya mncul, bentuknya adalah daftar web yang relevan (saling berhubungan) dengan yang dicari. Nah itulah tugas mesin pencari yang setiap waktu tertentu ngurutin hasil pencarian tersebut, berdasar tingkat relevansi dan kualitas web. Jadi, bukan secara acak, lho ya

Ada banyak faktor yang digunakan buat nentuin web mana aja yang memiliki keterkaitan dalam proses pengurutan itu. Bisa berupa isi, konten, judul, dan lain-lain. Inilah yang melatarbelakangi Search Engine Optimization.

SEO merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh para blogger buat optimasiin website-nya dimesin pencari. Tujuannya adalah untuk dapetin peringkat yang lebih baik dihasil penelusuran. Nggak ngasal ngurutin aja, mesin pencari pake algoritma tertentu buat ngurutin web berdasarkan ranking (peringkat). So, kalo kita praktekin SEO, brarti kita udah ngatur web kita agar menjadi klop dengan algoritma tersebut.

Bukankah itu termasuk proses yang baik, #MasBro & #MbakBro?

SEO Untuk Pemula Belajar Dari Ahli Konsep SEO Optimasi Website Medsos Bisnis Google Search Engine Tips Marketing Link Online Digital

5 Alasan kalo SEO itu penting buat Website

Semenjak muncul tools berupa mesin pencari, hampir sebagian besar pengguna internet nyari info secara online melalui mesin tersebut. Hal ini dilakukan karena mudah dan lebih cepat. Hanya aja, kita perlu selektif dalam menyaring info yang disuguhkan. 

Mesin pencari ini punya hubungan dengan keberadaan SEO pada website. Ada beberapa alasan pentingnya SEO buat web, di antaranya:

  • Kita bisa dapetin ribuan hingga miliaran pengunjung tiap harinya.
  • Pengunjung bisa lebih mudah nyari info yang mereka butuhkan, mulai dari produk, jasa, maupun info lainnya.
  • Memudahkan pengunjung buat nemuin produk yang pengen mereka beli.
  • Menguntungkan pebisnis online yang nerapin SEO karena dapat pengunjung dari mesin pencari dengan tingkat konversi yang tinggi.
  • Merupakan bagian dari inbound marketing, yakni teknik marketing modern di era digital (digital marketing).

Pemasaran inbound ini termasuk metode marketing yang punya biaya lebih rendah dibanding teknik pemasaran tradisional.

Konsep Dasar SEO

Google dan mesin pencari lainnya merupakan sebuah produk yang sangat ingin setiap pengguna puas menggunakan layanannya. Pengunjung pasti pengen web yang dikunjunginya adalah yang terbaik, relevan, dan gampang diraih. Dari sinilah mesin pencari selalu pengen nampilin hasil terbaiknya berdasarkan kata kunci dimasukin oleh pengguna internet.

 

SEO Untuk Pemula Belajar Dari Ahli Konsep SEO Optimasi Website Medsos Bisnis Google Search Engine Tips Marketing Link Online Digital

Okay, jadi yang terbaik tapi dalam segi apa dong?

  1. Konten yang disajikan oleh web.
  2. Struktur dan navigasi yang diterapkan.
  3. Kepuasan pengalaman pengguna (User Experience / UX) atau pengunjung.
  4. Popularitas yang dimiliki oleh website yang bersangkutan.

Untuk itu, dalam belajar SEO ini, kita juga harus ngerti gimana caranya bisa jadi yang terbaik dari kompetitor, yakni dengan menerapkan SEO dengan tepat.

Bisakah Website yang Kita Miliki Sukses Tanpa SEO?

Seperti yang udah dibahas diartikel sebelumnya, jawabannya; bisa banget! Kalo merhatiin konsep SEO di atas, maka kita ga perlu pusing mikirin gimana cara pake SEO.

Yang penting kata kunci  yang kita desain dan yang dicari pengunjung nyaut di konten yang ada di dalam web-mu. Gampang kan? Makanya, ga jarang para blogger yang punya web populer itu bisa booming tanpa ngerti SEO. Ini karena search engine makin pinter dalam menyusun struktur halaman dan kualitas website tertentu, sehingga bisa muncul dihalaman teratas (pertama). 

Saat ini, praktek SEO lebih mendominasi sebagai usaha marketing dibanding teknikal. Tapi, jangan pernah berhenti untuk berusaha menjadi yang terbaik, karena web yang #Masbro dan #Mbakbro buat masih butuh sedikit usaha lagi hingga mencapai kesuksesan. Asal tau teknik ngerti. Uh… senengnyaaa….

Apakah kita bisa menerapkan SEO sendiri?

Bisa! Kita bisa belajar SEO secara otodidak dan langsung nge-aplikasiin sendiri (makanya artikel ini hadir untuk kalian). Semua hal yang harus dipelajari ini berhubungan dengan komponen utama dalam SEO. Komponen inilah yang nentuin seberapa kualitas web-mu beserta urutan ranking di hasil penelusuran search engine.

 

SEO Untuk Pemula Belajar Dari Ahli Konsep SEO Optimasi Website Medsos Bisnis Google Search Engine Tips Marketing Link Online Digital

Berikut yang perlu dipelajari biar bisa nguasain SEO:

  1. Ngoptimasiin halaman website.
  2. Nglakuin riset (neliti) kata kunci.
  3. Nganalisis kompetisi dengan web lain yang pake kata kunci sama.
  4. Nyiptain konten yang teroptimasi.
  5. Bangun popularitas, link, hingga reputasi web/ produk/ jasa yang kita tawarkan.
  6. Ngelakuin audit terhadap performa SEO.

Nah…. Keenam cara tersebut harus kita pelajari dan terapi demi terciptanya web yang top markotop. Jangan pernah lelah yaaaa #MasBro & #MbakBro.

 

#

Kerja cerdas, bukan kerja keras
Karna hasil ga pernah menghianati usaha

#

Meningkatkan SEO Website Perlu Kesabaran. Berikut Tips Optimasi Website yang Patut Dicoba!

#MasBro dan #MbakBro… website apa aja yang diakses hari ini? Wajar kalo ada banyak yang diakses, tapi jangan lupa untuk awasi penggunaan internet oleh anak dibawah umur ya.

Kemajuan teknologi emang bikin banyak orang ga bisa lepas dari internet, bahkan anak kecil sekalipun.  Namun  bukan berarti #MasBro dan #MbakBro kecanduan juga dong. Internet bisa dimanfaatkan asal kita tahu caranya, seperti promosiin bisnis yang sedang kita jalani, tanpa haruse sering-sering praktek secara offline. Wah gimana caranya tuh?

Bagi orang yang sedikit gaptek, pasti mereka ga sadar kalau promosi lewat internet itu gampang. Hal ini bisa dilakuin siapa saja, bahkan kita yang belum ahli tentang website sekalipun. Itu semua karena ada jasa SEO. Jasa SEO ini biasa digunakan untuk meningkatkan rating SEO suatu website. Memang kita juga bisa pakai jasa SEO, tapi ga ada salahnya juga kan untuk jadi pebisnis mandiri?

Pentingnya SEO Dalam Berbisnis

Seberapa besar penting peranan SEO terhadap website? Hmm, penting banget karena bisa membantu menaikan rating. Semakin bagus rating website kita berarti orang lain bakal nemuin website kita juga lebih gampang.

Contohnya seorang pengguna sedang mencari produk perawatan wajah yang alami. Disini, mesin pencari akan mengarahkan doi ke website kita, kalau ada keyword yang dicari cocok dengan yang kita desain. Pokoknya, website kta muncul otomatis di halaman pertama Google kalau rating-nya bagus.

Gimana kalau ratingnya jelek? Kemungkinan ga akan berkembang karena website kita yang jarang naik ke permukaan. Terbayang kan berapa banyak kerugian yang harus ditanggung kalau bisnis kita ga berjalan lancar?

Ciptakan Judul Konten yang Menarik

Konten adalah salah satu hal yang menarik pengunjung ke website. Buat konten yang menarik pun perlu banyak usaha, misalnya saja kita perlu lakuin survei kecil-kecilan supaya isi konten bisa meyakinkan dan berbobot. Kita juga ga boleh ngelakuin plagiarisme, karena dianggap ngelanggar huku.

#MasBro dan #MbakBro ga mau dong masuk penjara karena tulisan di website? Pengunjungpun bisa kabur soalnya menganggap kita ga bisa kerja profesional. Karena itu kita harus buktiin kalau kita memang profesional saat kerja, begitu juga dengan konten.

Satu lagi yang ga boleh kelewatan kalau tulis konten itu adalah judul yang menarik. Menarik itu relatif, tapi ga ada salahnya bikin judul menggunakan bahasa kekinian biar terkesan akrab oleh pengunjung. Bisa juga kita bahas topik yang lagi viral buat menarik perhatian. Sekarang ga bingung lagi dong gimana cara nulis konten yang ok?

Tambahkan Media Konten

Konten yang ok perlu ada referensi didalamnya. Agar terlihat menarik, kita bisa menambahkan referensi seperti gambar atau video. Ga hanya itu, media ini juga bisa jadi bukti kalau tulisan yang kita publish itu memang base of evidence yang berarti ada landasan teori. Wuih udah kayak skripsi aja ya, ada landasan teori segala.

Dapat darimana tuh referensinya? Ga sah pusing soalnya banyak website yang memang nawarin gambar ataupun video secara gratis, kayak Unsplash, Pixiebay, Pixel, dan lain sebagainya. Jangan sampai kita pakai media yang ada hak ciptanya ya. Kalau kita memang mau pakai media dari orang lain, jangan lupa buat ijin dulu.

Ubah Permalink Jadi Unik

Apa sih yang dimaksud permalink? Permalink itu adalah link yang biasa kita dapat pas buka sebuah website. Permalink antara satu dan website lainnya berbeda. Permalink bisa menyiratkan isi konten yang ada di dalamnya, serta kualitas dari konten itu sendiri.

Sebagai pemilik website, kita punya wewenang buat ganti nama dari permalinknya. Bahkan bisa jadi kita ubah domainnya jadi lebih eksklusif yang memang menggambarkan bisnis kita. Bisa aja kita tambahin angka di permalink ini buat menarik perhatian pelanggan.

Masukkan Keywords

Website ga bakal bisa naik peringkatnya kalau kita ga masukin keywords diartikel itu. Pencariannya pun ga boleh asal,  perlu lakukan survei kecil-kecilan dulu lewat tools tertentu. Kalau kita udah tahu keywords apa yang sekiranya disukai masyarakat, kita juga perlu masukin keywords ini di konten kita.

Sisipkan keywords itu pada 100 kata pertama dalam konten kita. Kita juga bisa ulangi penggunaan keywords di paragraf berikutny,a dan pastikan pengulangan keywords ini sewajarnya biar ga buat bosan para pembaca.

Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga merupakan sebuah koentji dari tingkat rating SEO website kita. Kalau halaman website kita lemot maka akibatnya pengunjung jadi malas untuk mengunjunginya. Kita perlu pastiin kalau website kita ga abal-abal dan bisa diakses kapan saja dengan cepat. Gunakan jasa SEO supaya kecepatan website optimal.

Bagikan Konten di Medsos Lain

Satu lagi kunci ningkatin SEO, yaitu dengan bagiin konten di medsos lain. Semakin banyak orang yang bagiin konten kita, semakin terpercaya website kita dimata buat Google. Dengan kata lain, bisnis kita pun bakal lebih cepat dikenal masyarakat kalau udah disebar di berbagai media sosial.

Mudah bukan untuk ningkatin kualitas SEO website kita? Intinya adalah kesabaran dan ketaletanan supaya rating SEO website bisa bagus. Yuk bijak dalam bisnis internet!

Semoga bermanfaat.

 

Seneng bisa berbagi.

 

Ujan-ujan jangan ngegalau aja
Mending mikirin website dan SEO
Mau web nongol di halaman pertama
Maka harus tau konsep nge-beo

 

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
panduanim.com/seo/ dibuka pukul 07:00 WIB pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2019
panduanim.com/apa-itu-seo/ dibuka pukul 14:30 WIB pada hari Sabtu tanggal 09 Maret 2019

 

Comments

Leave a Reply