Salam #MasBro #MbakBro
Apa mobil impianmu?
Suka mobil produk Indonesia ga?
Yok ngobrol soal mobil secara rinci…
Sejarah Mobil
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang ga bisa membawa penumpang. Ga diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau ga.
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses demonstrasiin kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama pake tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangin di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga maten-in rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol dipake sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.
a. Kepopuleran
Penemuan Cugnot sedikit banget dipake di tempat asalnya Prancis. Lalu penemuan itu diterusin ke Britania. Disitulah Richard Trevithick jalanin gerobak-uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, tapi penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tapi penduduk Jepang ga mampu bayar semua keperluan mobil, seperti tempat parkir yang terbatas lahannya, harga bahan bakar yang mahal, dan masyarakat yang memilih kendaraan umum.
b. Inovasi
1. 1789
Paten mobil pertama di Amerika Serikat dikasih kepada Oliver Evans.
2. 1804
Evans demonstrasiin mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga adalah kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat pake roda dan di air pake roda padel.
3. 1886
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang pake bensin dibuat hampir bersamaan oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
4. 1888
Penerobosan spektakuler dilakuin oleh Berta Benz pada 1888.
5. 5 November 1895
George B. Selden dikasih paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini kasih dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS.
6. 1902
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakuin oleh Oldsmobile
7. 1910
Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam mendominasi.
Kemudian dikembangin besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat. Karna ratusan pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910–1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Suka baca konten otomotif?
Coba cari di website ini?
Udah pernah menulis tentang otomotif?
Yok berbagi, daftar untuk menulis disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/butuhTulisan
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang topik lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS
Terimakasihid.wikipedia.org diakses pukul 02.27 WIB pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 id.wikipedia. Mobil.
1679-1681–R P Verbiest’s Steam Chariot. History of the Automobile: origin to 1900. Hergé. Diakses tanggal 2009-05-08.
“A brief note on Ferdinand Verbiest”. Curious Expeditions. 2 July 2007. Diakses tanggal 2008-03-18. – Note that the vehicle pictured is the 20th century diecast model made by Brumm, of a later vehicle, not a model based on Verbiest’s plans.
Setright, L. J. K. (2004). Drive On!: A Social History of the Motor Car. Granta Books. ISBN 1-86207-698-7.
“Коляски Шамшуренкова и самокатка Кулибина / The carriages of Shamshurenkov and samokatka of Kulibin] (text in Russian)”.
“World Motor Vehicle Production by Country: 2007–2008”. OICA.
“2008 Global Market Data Book”, Automotive News, p.5
Kenworthy, J R (2004). “Transport Energy Use and Greenhouse Emissions in Urban Passenger Transport Systems” (PDF). Institute for Sustainability and Technology Policy. Diakses tanggal 2008-07-22.
World Health Organisation, Europe. “Health effects of transport”. Diakses tanggal 2008-08-29.
Social Exclusion Unit, Office of the Prime Minister (UK). “The Connections – final report on transport and social exclusion” (PDF). Diakses tanggal 2003-02-01.
IBISWorld Newsletter, June 2008, GLOBAL TRENDS Oil – The Crude Reality of Current trends, IBISWorld
Jeff Rubin (2 March 2009). “Wrong Turn” (PDF). CIBC World Markets.
“Indonesia: Towards a one trillion dollar economy”. The Jakarta Post. Diakses tanggal 2011-07-17.
Dillard, Ted (2014-09-23). “Rare Look Inside A Tesla Model S Battery Pack”. InsideEVs. Diakses tanggal 2014-09-23.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref>
tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama TwoBillion
David B. Sandalow, ed. (2009). Plug-In Electric Vehicles: What Role for Washington? (edisi ke-1st.). The Brookings Institution. hlm. 1–6. ISBN 978-0-8157-0305-1.See Introduction
Damon Lavrinc (2011-11-30). “Nissan sells 20,000 Leafs worldwide, 10,000 in U.S. by end of the year”. AutoblogGreen. Diakses tanggal 2011-11-30.
Scott Doggett (2011-11-18). “Mitsubishi EV Earns Top EPA MPG Rank”. Edmunds.com. Diakses tanggal 2011-11-30.
Kata kunci lain yang sering dicari …
sejarah mobil, mobil oil indonesia, penemu mobil, pengendali mobil, mobil perusahaan, sejarah mobil di indonesia, mobil 1 oil indonesia, sejarah singkat mobil,
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.