27++ Produk Indonesia yang Dikira Produk Luar

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa yang tidak mengenal peribahasa “Don’t Judge a Book by It’s Cover” yang berarti, janganlah menilai seseorang hanya dari luarnya saja? Kebiasaan menilai seseorang hanya dari luarnya saja seolah bukan hal yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga berlaku dalam cara pandang kita terhadap suatu produk entah itu produk yang kita konsumsi atau kita kenakan. Mengapa bisa begitu?

Beberapa produk juga menggunakan bahasa asing sebagai merek dagang dari produk yang mereka pasarkan, hal ini pula lah yang kerap membuat orang kita berpikir bahwa produk Indonesia ini adalah produk luar.

Produk Indonesia yang gimana aja sih #MasBro dan #MbakBro, yang sering kita kira adalah produk luar? Yuk mari kita bahas satu persatu.    

  1. J.CO

https://id.wikipedia.org/wiki/J.CO_Donuts

Pertama, produk yang sering dikira orang adalah produk dari luar adalah produk yang satu ini. Wah siapa sih yang nggak tahu produk ini? #MasBro dan #MbakBro kita jamin pasti familiar dengan produk ikonik ini. Gerainya yang hampir ada di setiap mall di Indonesia, bahkan ada juga cabangnya di luar negeri. Gerai pertama J.CO ada di Supermall Karawaci. J.CO sendiri sudah ada di Indonesia sejak tahun 2005. Untuk yang belum tahu, J.CO adalah restoran donat dan juga waralaba yang dipegang oleh Johnny Andrean Group. J.CO sangat terkenal dengan sajian donatnya yang luar biasa enak itu. Donat dengan berbagai varian rasa, yang disandingkan dengan kopi, bahkan yoghurt ini sukses meraih hati para penggemar donat di Indonesia maupun di luar negeri.

2. Hoka-Hoka Bento

https://id.wikipedia.org/wiki/HokBen

Resto cepat saji yang menyajikan makanan dengan nuansa Jepang ini ternyata produk Indonesia asli loh #Masbro dan #MbakBro. Bento sendiri, jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “makanan hangat dalam kotak”. Hal inilah yang membuat sajian menu dalam Hoka-Hoka Bento di desain praktis seperti membawa bekal dari rumah. Hoka-Hoka Bento sudah ada di Indonesia sejak 18 April 1985, didirikan oleh Hendra Arifin dari PT. Eka Bogainti, di Jakarta. Wah jangan salah lagi ya #MasBro dan #MbakBro, produk ini ternyata bukan produk luar loh. Hayo, siapa di sini penggemar Hoka-Hoka Bento?

3. SilverQueen

https://id-test-11.slatic.net/shop/3c52b30cc26f49786a64d2755b9cb9d3.jpeg

SilverQueen adalah produk cokelat kenamaan di Indonesia. Produk Indonesia yang satu ini sudah ada sejak tahun 1950. Di bawah naungan PT. Petra Food, SilverQueen telah memiliki banyak varian yang menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Produk-produk dari PT. Petra Food sendiri telah merambah ke berbagai penjuru dunia, seperti Thailand, Jepang, Filipina, Hongkong, dan masih banyak lagi. Yang mana nih varian SilverQueen favorit #MasBro dan #MbakBro?

4. California Fried Chicken (CFC)

https://en.wikipedia.org/wiki/California_Fried_Chicken

Meski namanya memiliki sentuhan Amerika, ternyata CFC bukanlah produk luar. CFC adalah produk Indonesia asli lho. CFC pertama kali berdiri di Jakarta pada tahun 1983, di bawah naungan PT. Pioneerindi Gourmet. Waralaba makanan yang memiliki spesialisasi menu ayam goreng ini, telah memiliki 180 gerai yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.

5. Excelso

Dengan nama yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, Excelso dianggap sebagai produk luar. Padahal, Excelso merupakan produk Indonesia yang berada di dalam naungan perusahaan Kapal Api. Gerai pertama Excelso berada di Plaza Indonesia yang mulai beroperasi pada tahun 1991. Wah, ternyata Indonesia punya produk kopi yang tak kalah terkenal dari produk kopi luar sebelah ya #Masbro dan #Mbakbro. Ngomong-ngomong, apa nih menu favorit #MasBro dan #MbakBro di sini?

6. La Fonte

https://www.bogasari.com/product/brand/la-fonte-regular-pasta

Mendengar nama dan melihat produknya, banyak yang mengira bahwa merek pasta cepat sajiyang satu ini berasal dari Italia. Ternyata salah lho #MasBro dan #MbakBro, La Fonte adalah produk Indonesia. La Fonte merupakan salah satu produk dari PT. Bogasari. Meski demikian, La Fonte telah diekspor ke berbagai Negara, seperti Malaysia, Hongkong, atau pun Filipina. Hayo, #MasBro dan #MbakBro sering pakai produk ini ya untuk bikin pasta sendiri di Rumah?

7. Equil 

https://www.equil-mineralwater.com/

Melihat kemasan berbotol kaca berwarna hijau seperti gambar diatas, membuat Equil sering dikira sebagai minuman keras. Hal inilah yang membuat orang beranggapan bahwa Equil adalah minuman yang merupakan produk luar. Padahal, Equil berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Produk sparkling water dari PT. Equilindo Lestari ini, dianggap eksklusif oleh beberapa kalangan sebab pengemasan dari air mineral ini sangat berbeda dengan merek-merek lain yang ada di Indonesia. Kini Equil sendiri telah dipasarkan juga di luar Indonesia lho, contohnya seperti di Arab Saudi. #MasBro dan #MbakBro sudah pernah mencobanya?

8.Mister Burger

http://www.jogjatronik.com/v3/tenant-directory/mister-burger-kebab-kadir/

Seperti yang kita ketahui, burger bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia. Sehingga kehadiran Mister Burger ini sering dianggap beberapa kalangan sebagai salah satu produk luar yang melakukan ekspansi ke Indonesia. Mister Burger merupakan salah satu produk Indonesia yang berdiri pada tahun 1995 di Jogjakarta. Mencapai kejayaan pada tahun 2010, kini Mister Burger telah memiliki banyak cabang hampir di seluruh pelosok Indonesia. Apa hayo menu kesukaan #MasBro dan #MbakBro di sini?

9. GT Radial

https://news.cision.com/tyresafe/i/gt-radial-logo,c1274649

#MasBro dan #MbakBro pengguna kendaraan bermotor, tentu tidak asing nih dengan nama produk yang satu ini. GT Radial merupakan salah satu merek dagang ban dengan kualitas terbaik di dunia. Di bawah naungan PT. Gajah Tunggal, ban dari merek GT Radial ini telah di ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. Wah, banyak banget ya #MasBro dan #MbakBro? Nggak salah nih kalau produk ini sering dianggap sebagai produk luar

10. Bagteria

https://web.facebook.com/Bagteria-134931959857729/?_rdc=1&_rdr

Bagteria adalah salah satu produk tas kenamaan dengan desain yang glamor dan elegan. Produk ini sering sekali dikira bukan produk Indonesia lho #MasBro dan #MbakBro. Produk dengan kualitas kerajinan Indonesia yang sangat unggul di dunia ini telah tersebar di 30 negara di dunia. Dengan kualitas yang unggul, Bagteria bahkan telah menjadi merk tas favorit selebriti dunia sekelas Paris Hilton. Membanggakan ya, #MasBro dan #MbakBro.

11. Essenza

https://essenza.id/our-stores/

Essenza adalah sebuah produk keramik ternama dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi #MasBro #MbakBro. Pertama kali diproduksi pada tahun 1993 oleh PT. Intikeramik Alam Industri Tbk, kini Essenza telah menembus pasar dunia, seperti Asia, Amerika Serikat, Afrika, bahkan Eropa.

12. The Executive

https://theexecutive.co.id/

Kalau kita pergi ke mall, siapa sih yang tidak melihat produk kenamaan ini mengisi salah satu ruang di mall tersebut? Brand fashion yang diproduksi di Bandung ini didirikan oleh Johanes Farial. Di bawah naungan PT. Delami Garment Industries, siapa sangka produk dari The Executive telah merambah penjualan ke Asia Tenggara lho #MasBro dan #MbakBro.

13. Terry Palmer

http://www.terrypalmercollection.com/

Dengan sebuah nama yang terdengar kebarat-baratan, banyak juga yang mengira jika Terry Palmer merupakan produk luar. Padahal, produk ini merupakan sebuah produk yang produksi oleh PT. Indah Jaya yang berlokasi di Tangerang lho #MasBro dan #MbakBro.

14. Edward Forrer

https://id.wikipedia.org/wiki/Edward_Forrer

Diambil dari nama pendirinya, Edward Forrer merupakan sebuah merek sepatu ternama yang sering sekali dikira produk luar oleh kebanyakan orang. Produk ini sendiri adalah produk sepatu yang berasal dari Bandung. Sang Pemilik, awal mula memasarkan sepatunya dari pintu ke pintu, namun kini Edward Forrer telah merambah hingga ke Australia, Malaysia, dan Hawaii

15. Polygon

https://id.wikipedia.org/wiki/Polygon_Bikes

Siapa sih #MasBro dan #MbakBro yang tidak mengetahui produk sepeda satu ini? Polygon merupakan salah satu merk sepeda yang digemari di Indonesia. Produk sepeda yang berasal dari Sidoarjo ini, memilki berbagai macam jenis sepeda. Pada tahun 2013, Polygon pernah digunakan bertanding oleh team downhill kelas dunia dalam ajang UCI DH Worldcup.

16. Buccheri

Memiliki kesamaan nama dengan salah satu jalan di Italia, Buccheri kerap dianggap produk luar oleh masyarakat. Merek yang mulai didagangkan pada tahun 1980 oleh PT. Vigano Cipta Perdana ini, kini telah memiliki lebih dari 90 cabang di seluruh Indonesia.

17. Tomkins

https://www.tomkins.id/

Produk sepatu yang diproduksi oleh PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk ini memiliki banyak jenis. Mulai dari sepatu untuk sekolah sampai sepatu futsal, mereka punya. Sepatu Tomkins yang seperti apa nih yang #MasBro dan #MbakBro gunakan sampai saat ini?

18. Eagle

Dipasarkan sejak tahun 1986, Eagle menjadi produk yang banyak digunakan sejak tahun 90 an. Logo elang yang ikonik itu membuat beberapa kalangan menilai bahwa produk ini bukanlah produk Indonesia.

19. League

https://shopee.co.id/leagueofficial

League merupakan merek sepatu yang mengombinasi antara olahraga dan gaya hidup. Hadir dipasaran sejak tahun 2003, League kini telah menjadi salah satu merek sepatu yang kehadirannya diperhitungkan oleh khalayak luas sejak saat itu.

20. Specs

https://web.facebook.com/SPECS.SPORTS/

Specs merupakan salah satu merek sepatu olahraga terkenal di Indonesia. Diproduksi oleh PT. Tanarub Industry di Tangerang, Specs terus mengembangkan produknya dalam segmentasi pasar olahraga.

21. Lea Jeans

https://leajeans.com/

Nah, ini dia merek celana jeans yang sering dianggap sebagai produk luar oleh masyarakat kita. Lea Jeans merupakan sebuah merek yang dikelola oleh PT. Lea Sanent di Tangerang. Produk-produk Lea yang mengadopsi gaya Amerika, juga selalu menghasilkan produk dengan kualitas yang sangat baik. Sehingga tak heran banyak orang yang menggemarinya. Apakah #MasBro dan #MbakBro salah satunya?

22. Eiger

https://eigeradventure.com/

Produk yang sering digunakan oleh para pecinta alam ini tentu saja sudah tidak usah dipertanyakan lagi kualitasnya. Produk Indonesia milik Ronny Lukito ini telah termasyhur sejak tahun 1979. Menyediakan berbagai macam keperluan untuk kegiatan yang berhubungan dengan alam, siapa sangka Eiger berawal dari sebuah home industri di Jalan Saad, Kota Bandung.

23. Polytron

https://id.wikipedia.org/wiki/Polytron

Polytron merupakan produk Indonesia yang dibuat di Kudus, Jawa Tengah pada tahun 1975. Produk elektronik yang kini telah dimergeri oleh PT. Hartono Istana Teknologi ini memiliki banyak sekali ragam jenis produk. Mulai dari TV, lemari es, mesin cuci, pendingin ruangan, dan masih banyak lagi.

24. Cassablanca

https://id.wikipedia.org/wiki/Casablanca_(parfum)

Siapa menyangka dari merek dagangnya bahwa produk parfum, deodorant, dan perawatan tubuh ini adalah produk Indonesia. Produk yang dibuat di Jakarta ini, awalnya memangsa pasar masyarakat menengah kebawah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini mereka telah berhasil memangsa pasar menengah keatas dengan varian baru dari produk-produknya.

25. Hypermart

https://id.wikipedia.org/wiki/Hypermart

#MasBro dan #MbakBro disini adakah yang suka belanja bulanan? Tentu tidak asing dong dengan tempat yang satu ini, Hypermart. Memiliki 100 gerai yang tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia, Hypermart telah beroperasi sejak tahun 2004, di bawah naungan PT. Matahari Putra Prima Tbk.

26. Peter Says Denim

http://abyadscreenprinting.com/sejarah-lengkap-tentang-peter-says-denim/

Peter Says Denim merupakan salah satu brand kaos yang meledak pada tahun 2000 an. Banyak sekali anak muda yang menggemari kaos dari merek ini. Siapa sangka, brand kaos ini ternyata berasal dari Bandung. Pemiliknya yang bernama Peter Firmansyah, mengaku hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun untuk bisa membuat brand nya dikenakan oleh kelompok musik luar negeri. Wah, hebat sekali ya #MasBro dan #MbakBro.

27. Hani & Robert’s

http://tobeeinspired.blogspot.com/2013/04/brand-indonesia-yang-dianggap-asing.html

#MasBro dan #MbakBro yang anak 90 an pasti tidak asing lagi dengan merek pakaian satu ini. Pada masanya, merek ini sering sekali dipakai oleh para pemain sinetron maupun film diindustri pertelevisian Indonesia. Gaya mix and match para artis dengan menggunakan merek ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Hingga kemudian gaya dari para selebriti dengan menggunakan merek ini menjadi sangat meledak pada waktu itu. Merek ini awalnya didirikan oleh Hani Moniaga dan Robert Widjaja, hingga pada tahun 1990 dibeli oleh Tira Fashion. Adakah #MasBro dan #MbakBro di sini yang sempat mengikuti trend tersebut?

28. Achilles

https://www.logolynx.com/topic/achilles+radial

Selain ban GT Radial, ada lagi merek ban ternama yang sering dikira berasal dari luar negeri yaitu Achilles. Achilles merupakan produksi PT. Multistrada Arah Sarana yang mulai diproduksi pada tahun 2005. Kini, lebih dari 70% produksinya telah diekspor ke luar negeri lho #MasBro dan #MbakBro.

29. Alfalink

http://alfalink.co.id/

Wah, siapa nih yang masih ingat dengan benda satu ini? Alfalink pada masanya cukup populer digunakan oleh mereka yang tidak bisa berbahasa inggris dengan baik, nih. Alat yang serupa kalkulator namun bisa digunakan untuk mengetik kata ini sangat diminati oleh para siswa pada zamannya. Alatnya yang praktis dan canggih saat itu, ternyata adalah produksi PT. Freshindo Marketama Corporation lho #MasBro dan #MbakBro.

30. Standard

https://www.standardpen.id/

Siapa yang tidak mengenal merek yang satu ini? Standard telah dikenal di Indonesia selama hampir 50 tahun. Berawal dari usaha dagang yang bergerak di bidang tinta isi ulang pada tahun 1971, hingga kemudian pada tahun 1986 ia berhasil meluncurkan produk ballpoint pertamanya yang terkenal hingga saat ini. #MasBro dan #MbakBro masih pakai ballpoint nya kah hingga saat ini?

Nah, #MasBro dan #MbakBro itulah tadi 27 ++ produk Indonesia yang dikira produk luar.  Gimana nih #MasBro dan #MbakBro semua, adakah merek yang terdengar asing di telinga #MasBro dan #MbakBro? Jujur dari kita nih, ada beberapa merek yang baru kita tahu kalau ia adalah produk Indonesia. Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan