Digital Marketing Untuk Pemula.

Sumber : Pinteres

Sebelum memulai belajar digital marketing kita harus kenali dulu lingkungan yang ada di sekitar kita. Kita perlu berada dilingkungan yang mau tumbuh atau berkembang bareng-bareng.

Dasar digital marketing

Sumber : Pinterest

  1. Produk marketing

Pertama, kita kenali dulu apa produknya. Itulah kenapa ada product knowledge. Kenali juga inti dari produk yang harus dijual. Pada akhirnya produk/jasanya bisa apapun. kita perlu cari apa masalahnya, apa kebutuhannya, dan kasih solusi.

2. Marketing Communications

Kedua, kita perlu komunikasikan ke sebanyak mungkin orang. Komunikasikan ke orang yang tepat. Karna ini konteksnya adalah digital marketing. Maka cara mengkomunikasikannya adalah konten.

2a. Offline Marketing

Channel (media komunikasi) offline bisa lewat televisi, radio, koran, brosur, pamflet, baliho, billboard dan lain-lain.

2b. Online Marketing

Channel online bisa lewat search engine, sosial media, direct message, email, konten, dan lain-lain.

Integrasi Marketing: Offline2Online

Misal seperti contoh gambar diatas iklan di baliho/billboard. Lalu kasih link ke website. Harapannya target market akan berkunjung.

Ato bisa juga buat iklan menarik secara offline. Seperti gambar dibawah, berharap target market yang penasaran masuk ke website/membeli produk.

3. Tren Digital Marketing Pemula

Masalah manusia ga pernah berubah tapi solusi berbeda.

Dulu ga punya jodoh dijodohin. Sekarang pake aplikasi.
Dulu lapar ya masak/ pergi warung. Sekarang gofood.

Kenapa Perlu Perhatian Sama Trend?

karena

  • Konten Murah, Perhatian yang Mahal
  • Naiknya Privasi dan Kemanan Data
  • Polarisasi ide dan kepercayaan

4. Inti dari marketing Online

  1. Search
  2. Sosial Media
  3. CRM
  4. Content

Tujuan Pake 4 Channel Marketing

1. Akuisisi, Awalnya kita ga punya nomornya, ga punya alamtnya. Karna dia udah beli produk kita. Jadi punya datanya.

2. Retensi, Supaya orang terus ingat sama kita. Kita papar mereka terus dengan konten-konten kita.
Jadi saat nanti mereka punya masalah, mereka ingat kita.

Cara marketing yang efektif :

  1. Akuisisi
  2. Retensi
  3. Ukur Analisa dan Performa


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan