Digital Marketing untuk Pemula

Sebelum mulai belajar, kita perlu berada dilingkungan yang mau bertumbuh bareng. Yaitu orang-orang yang mau belajar digital marketing. Orang-orang yang mau menguasai dan udah menguasai digital marketing.

Dasar-dasar Digital Marketing

  1. Produk Marketing

Pertama, kita kenali dulu apa produknya. Itulah kenapa ada product knowledge. Ada produk yang mau dijual, kenapa produk itu dibutuhkan. Kita harus tahu apa masalahnya, apa kebutuhannya, dan beri solusi dengan hadirnya produk/jasa kita.

2. Marketing Communications

Kedua, kita perlu komunikasikan ke sebanyak mungkin orang. Komunikasikan ke orang yang tepat. Karna ini konteksnya adalah digital marketing. Maka cara mengkomunikasikannya adalah konten. Lalu mengkomunikasikannya lewat apa?

  • Offline Marketin > Channel (media komunikasi) offline bisa lewat televisi, radio, koran, brosur, pamflet, baliho, billboard dan lain-lain.
  • Online Marketing > Channel online bisa lewat search engine, sosial media, direct message, email, konten, dan lain-lain.

3. Tren Digital Marketing Pemula

Dulu ga punya jodoh dijodohin. Sekarang pake aplikasi.
Dulu lapar ya masak/ pergi warung. Sekarang gofood.

Kenapa Perlu Perhatian Sama Trend? Karena

  • Konten Murah
  • Naiknya Privasi dan Kemanan Data
  • Polarisasi ide dan kepercayaan

Sumber: Pinterest

4. Inti dari Marketing Online

Ada 4 channel utama yang perlu kita pahami. Apa aja itu?

1. Search (Pistol Jadul)
SEO perlu konten, artikel dan gambar.

2. Social Media (AK47)
Media sosial darahnya juga konten.

3. CRM (Pistol Modern)
Bayangin seperti ini, ga kenal lalu tukeran nomor. Lalu komunikasi langsung tanpa halangan. Ini adalah komunikasi setelah kita dapat data target market.

4. Content (Content)
Kenapa senjata dan peluru?
Karna memang begitulah adanya, ibarat kita mau nembak target market.

Tujuan Pake 4 Channel Marketing

1. Akuisisi
a. Pembelian pertama
b. Ambil data
– Daftar newsletter
– Buat akun
– Download
c. Instal aplikasi

2. Retensi
a. Cross/Up Selling
Ada yang beli celana, kita jual lagi sabuk.
Ada yang beli sepatu, kita jual lagi kaus kaki.
kita naikkan customer lifetime value.
b. Branding dan engagement
Supaya orang terus ingat sama kita. Kita papar mereka terus dengan konten-konten kita.
Jadi saat nanti mereka punya masalah, mereka ingat kita.

Cara Marketing yang Efektif

  • Paid
    bayar orang membuat konten untuk kita.
  • Earned
    kita dapat konten dari orang lain tanpa bayar.
  • Owned
    kita buat konten sendiri.

Akuisisi dan Retensi perlu Ukur Analisa dan Performa

  1. Akuisisi
    Dengan pake SEO, content marketing, social media organic & ads, dan search & displasy ads. Maka target market akan berkunjung ke website/aplikasi kita.
  2. Retensi
    Lalu data-data mereka yang udah berkunjung itu. Kita kelola dengan CRM melalui WA, email, sms dan komunikasi langsung lainnya.
  3. Ukur Analisa dan Performa
    Akhirnya, proses akuisi sejak awal dan akhirnya retensi perlu terukur dan ter-tracking. Itulah yang menjadi digital marketing bedanya dengan offline marketing.

Sumber: Pinterest


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan