Penggunaan sosial Media di masyarakat sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, terutama bagi orang dewasa muda, remaja dan anak-anak. Sejak pandemi Covid-19 menyerang, sebagian besar orang mulai melakukan aktivitasnya dari rumah dan mengandalkan sosial media serta jaringan internet sebagai perantara penghubung ke dunia luar. Dampak Berlebihan Bermain Medsos dapat membahayakan kesehatan fisik seseorang.
Media sosial memang telah menjadi satu hal yang tak bisa dihilangkan dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Meskipun media sosial merupakan satu hal yang dinilai penting dalam kehidupan sehari-hari, bagi diri kita yang bermain di media sosial pastikan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan maupun memainkan media sosial .
penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan jika penggunaan media sosial berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan atau mental seseorang. Para ahli menyebutkan jika tidak sedikit orang yang akhirnya mengalami gangguan kecemasan dan susah tidur karena berlebihan mengakses media sosial .
Beberapa penelitian juga menemukan jika pengguna media sosial yang begitu aktif berkomunikasi dan berinteraksi di media sosial belum tentu bisa aktif dan mampu berkomunikasi di kehidupan nyata. Beberapa pencandu media sosial juga dikaitkan dengan pribadi yang kesepian.
Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
Dampak Berlebihan Bermain Medsos
1.Selalu Merasa Kurang
Dampak negatif sosial media ini timbulnya perasaan bahwa diri atau hidup selalu kurang jika dibandingkan dengan hidup atau diri orang lain di sosial media.
2. Fear of Missing Out (FOMO)
Dampak negatif sosial media kemunculan fenomena fear of missing out atau FOMO. Ini adalah fenomena di mana merasa takut ketinggalan berbagai hal viral atau populer yang sedang trendi di sosial media.
3. Memicu Kecemasan
Dapat memicu kecemasan atau anxiety. para peneliti telah mengamati rasa kecemasan umum yang dipicu oleh sosial media. Kecemasan itu ditandai dengan perasaan gelisah dan khawatir, serta kesulitan untuk tidur dan berkonsentrasi.
4. Munculkan Rasa Depresi
Dampak negatif sosial media ini munculnya perasaan depresi dalam diri. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara depresi dan penggunaan media sosial. Dua penelitian yang melibatkan lebih dari 700 siswa menemukan bahwa gejala depresi.
5. Beri Efek Kecanduan
Dampak ini dapat memberi efek kecanduan. Terlepas dari argumen beberapa peneliti bahwa twitter mungkin lebih sulit untuk ditolak daripada rokok dan alkohol, kecanduan sosial media masih belum disertakan dalam manual diagnostik terbaru untuk gangguan kesehatan mental.
pasangIN iklanmu disini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Terimakasih
merdeka.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.