Cara Mengganti Freon AC Mobil

Bagaimana cara mengganti freon AC yang sudah habis? Freon AC habis memang harus segera diganti. Mengapa? Karena freon ini berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke ruangan mobil. Jadi ketika tidak ada freon maka ruangan mobil tersebut tidak terasa dingin karena memang AC tidak bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, mengganti freon juga tidak terlalu sulit.

Jika kamu sudah tahu bahwa freon AC habis, maka sekarang waktu yang tepat untuk kamu ganti freon. Namun menggantinya pun juga tidak bisa sembarangan. mungkin anda akan sedikit kotor dan kucel ketika memperbaikinya. pastikan anda tidak mengucek muka anda dengan tangan yang kotor. karena itu akan menyebabkan tumbuh jerawatcara menghilangkan jerawat juga tidaklah mudah.

Apa Itu AC Mobil - kekitaan - karya olav tvedt unsplash

Pengisian Freon AC

  • Pasang beberapa kabel yang ada pada manifold gauge ke portnya masing-masing. – Selang warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon. – Selang warna biru ke Low Pressure Pentil. – Selang warna merah ke High Pressure Pentil. – Pastikan semua valve tertutup dengan rapat sebelum memulai pengisian.
  • Bukalah valve pada tabung sedikit, longgarkan mur pada selang kuning yang menempel ke manifold gauge sedikit saja agar udara yang masih ada pada selang kuning keluar. Tunggulah selama 4 detik hingga terdengar bunyi mendesis.
  • Tutup kembali valve pada tabung dan mur pada selang kuning tadi dengan rapat.
  • Buka jendela mobil, kemudian nyalakan mesin dan AC pada setting fan paling cepat, yaitu suhu paling dingin.
  • Setel mesin hingga running-nya mencapai 1100 sampai 1500 rpm.
  • Buka kedua valve pada manifold gauge, kabel warna merah dan biru, hingga terbaca penunjuknya. Idealnya maksimum 40 PSI pada tekanan rendah dan maksimum 225 PSI pada tekanan tinggi. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.
  • Tutup kembali semua valve, kemudian buka sedikit valve yang ada pada tabung.
  • Mulai pengisian freon dengan membuka valve berwarna biru pada low pressure. Tunggu beberapa saat hingga penunjukan naik hingga terbaca 35-40 PSI.
  • Tutup valve low dan valve tabung dalam kondisi mesin tetap menyala.
  • Buka kembali valve low, sekaligus valve high berwarna merah. Tunggu beberapa saat hingga penunjukan pada high pressure terbaca 200 PSI.
  • Jika belum tercapai batas maksimum tersebut, tutup kembali semua valve, dan ulang langkah pembukaan valve low dan high tersebut hingga batas maksimum tercapai. Jika sudah dilakukan pengulangan berkali-kali tetapi tidak terjadi pembacaan low dan high yang sesuai, berarti ada sistem yang tidak bekerja sempurnaa.

Jika kalian mengalami kendala, bingung dan kesulitan dalam mengganti freon ac mobil. Kalian bisa mengunjungi tempat Service AC Mobil ProQ


Terbit

dalam

,

Tags: