Bipolar Pelukan dan Tuhan ini akan menceritakan sudut pandang baru tentang apa itu Bipolar Disorder. Sekarang kita rame sebut dengan “Mental Health”
Cari arti kata KBBI?
1-9 A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Apa itu Bipolar Disorder?
Kenapa kita penting ngobrolin ini?
Salam #MasBro #MbakBro
Belakangan banyak anak muda yang “bangga” dengan menyebut dirinya dengan embel-embel “penyakit mental”.
Misalnya: “Wah gue anxiety nih!” atau “Gue depresi berat nih!” atau juga “Eh, kayaknya elo Bipolar, deh”
Padahal sebenernya guys, gak segampang itu kalian menggunakan stempel nama-nama penyakit mental itu ke diri kalian.
Itu harus ada diagnosisnya lho.
Anehnya, sekarang ini saya sering mendengar anak-anak milenial bahkan yang di bawahnya usianya, merasa keren dengan sebutan-sebutan penyakit mental itu. 🙂
Terpaksa buka-buka buku kuliah lagi deh…
Coba ditulis ya…khususnya kali ini kita bahas soal Bipolar, yuk!
Semoga gak bingung bacanya…:))
Jadi gini…
Bipolar Disorder itu adalah perubahan mood (mood swing) yang sangat dramatis.
Jadi di satu waktu dia bisa merasa seneng banget dan aktif banget tapi abis itu langsung merasa depresi dan mengisolasi diri dari orang lain.
Bipolar terjadi karena gangguan biokimiawi di otak yang memengaruhi kontrol mood, pikiran, energi, dan perilaku. Sebagian besar sih sebabnya karena genetik/ keturunan. Sebagian lagi karena pengaruh obat dan psikotropika.
Tapi dengan tingkat stres dan depresi yang tinggi dalam kehidupan, bukan gak mungkin juga seseorang menderita bipolar meskipun gak ada keturunan.
Kalo pada orang biasa, perubahan suasana hati terjadi gak terlalu drastis. Tapi gak begitu pada orang-orang bipolar.
Mereka memiliki lima tahapan mood yang disebut dengan episode, yaitu: depresi, campuran, eutimik, hipomanik, dan manik.
Baca Juga
Terlanjur Kepincut | Makna Lagu Kebacut Nyaman
Perjalanan Tak Berjodoh | Makna Lagu Hati-hati Di Jalan
Kondisi normal penderita bipolar, terjadi di episode eutimik. Saat itu, mereka gak beda dengan orang normal lainnya dan gak terlihat seperti penderita bipolar.
Hipomanik adalah kondisi di mana seseorang mulai berbeda dari biasanya, moodnya naik tapi belum terlihat seperti “orang sakit”, gak berhenti berbicara dan beraktivitas, dan optimis banget-banget yang sampe gak masuk akal lah optimisnya.
Episode manik terjadi ketika orang bipolar mengalami perasaan gembira yang luar biasa tapi dibarengi dengan perasaan gampang tersinggung, agresif banget, perilaku yang berbahaya, dan uring2an. percaya dirinya naik tapi konsentrasinya menurun, dan yang paling mencolok adalah mereka seperti gak ada capeknya padahal terus2an melakukan berbagai kegiatan dan berbicara.
Episode depresi , nah episode ini yang paling harus diwaspadai karena inilah tanda pasti seseorang menderita gangguan bipolar. Saat lagi mengalami depresi, seseorang sama sekali gak punya perasaan senang, merasa gak berharga, gak bisa tidur, gak nafsu makan, insomnia, dan bisa sampe kepikiran untuk bunuh diri.
Eh FYI, kondisi perempuan PMS juga sangat mirip lho ama orang bipolar 🙂
Baca Juga
Jangan Suka PHP | Makna Lagu Tarpaima
Kalau Cinta Bilang Cinta | Makna Lagu Jikalau Kau Cinta
Lanjuuuut…
Bipolar tuh ada 2 tipe
Gangguan Bipolar I, orangnya akan mengalami episode manik dan depresi, yang sangat drastis. Bisa sangat mengganggu kehidupan keseharian mereka. Ganggu kerja, ganggu belajar, ganggu hubungan sama orang lain. Bahkan dalam keadaan maniknya, bisa sangat berat dan berbahaya buat orang lain dan dirinya sendiri.
Gangguan Bipolar II, orangnya “hanya” mengalami episode hiponamik dan depresi. Gak sampe ke manik beneran. Tapi, depresi pada bipolar II lebih parah dan berlangsung lebih lama dibandingkan hipomaniknya. Orangnya gampang tersinggung, dikit2 ngambek, tapi kondisi perasaan gak seberat yang tipe I. Jadinya si orang ini masih bisa beraktifitas dan berhubungan dengan orang lain secara normal.
Bipolar, Pelukan dan Tuhan
Bipolar hanya bisa diketahui secara pasti dengan cara melewati berbagai macam test oleh psikiater.
Kasus Bipolar memang harus diobati dan ditangani oleh seorang psikiater. Ada obat-obat yg harus mereka minum, mungkin sepanjang hidupnya, supaya kondisinya gak semakin parah, gak berulang terus dan membahayakan dirinya atau orang lain.
Ada juga psikoterapi yang harus mereka jalani.
Tapi ada beberapa kasus yang tidak harus minum obat terus seumur hidup. Kalau kondisi manik depresifnya bisa dikendalikan.
Baca Juga
Jalan Yang Di Tengah | Makna Lagu Jalan Tengah
Kalau untuk obat-obat medisnya, psikiater yang pastinya lebih tau. Saya gak terlalu paham, karena latar belakang saya psikologi bukan psikiater. Takut salah kalo bahas obat2an. Belajar psikiatri juga sih, tapi gak mendalam. Bukan wilayah saya. 🙂
Tapi kalau menurut saya secara pribadi, diluar upaya psikiatri, masih ada hal yang juga sangaaaaat penting untuk penderita bipolar.
Pengertian, empati, kasih sayang, pelukan…
Iya. Hal-hal semacam itu.
Khususnya untuk orang-orang terdekat si bipolar ini, usahakan untuk mengerti keadaan mereka, menempatkan diri di posisi mereka, tau kalo mereka menderita lho dengan kondisi itu. Mereka itu merasa gak nyaman.
Maka sebisa mungkin, memberikan rasa aman dan nyaman, membuat mereka merasa mereka gak sendirian dan kita selalu ada disamping mereka setiap mereka membutuhkan.
Bukan malah ditakut-takuti. Dipaksa, di”pasung”, diopname di RSJ.
Baca Juga
Si Langit Kecintaan | Makna Lagu Langit Favorit Luthfi
Unconditional Love | Makna Lagu Bertahan Terluka
Rasa-rasanya kok gak perlu sampai sejauh itu. Kecuali….memang kondisinya betul-betul membahayakan diri sendiri dan orang lain/betul-betul tidak bisa dikendalikan.
Tapi sejauh masih aman-aman saja sih, gak perlu diperlakukan seperti itu. Kasian. Makin tertekan nanti mereka. Dan justru membuat kondisinya semakin gak baik.
Dan ada satu hal lagi
This is last but absolutely not least
Bahkan kata saya, ini yang paling penting dari semua hal diatas.
Tuhan…
Sertakanlah Tuhan dalam menangani kasus bipolar disorder.
Ajak dengan baik-baik si bipolar ini untuk berdoa..
Minta tolong pada Tuhan untuk menenangkan mereka dan menyembuhkan mereka
Yakinkan bahwa tidak ada satu kejadianpun di dunia ini yang terjadi tanpa ijin Tuhan.
Kalau Tuhan kasih penyakit pasti ada obatnya…
Yakinkan mereka untuk mendekat pada Tuhan dengan kesabaran.
Sekali lagi, dengan kesabaran.
Itu kuncinya.
Karena menemani si bipolar sangaaat butuh kesabaran.:)
Baca Juga
Tuhan Lindungilah | Makna Lagu Doa Yabes
Lelah Tengkar | Makna Lagu Satru 2
Biasanya sih, dengan begitu bisa mengurangi kemungkinan penyakit mereka semakin parah/kemungkinan kumat. Malah mungkin bisa mengobati, bisa menyembuhkan mereka.
Semoga 🙂
Eh iyaaa, sebelum closing, yang bilang Bipolar Disorder itu GILA, salah banget nget!
Kalo bisa dikendalikan dengan baik, orang bipolar justru bisa sangaaat kreatif dan menjadi orang-orang “besar” yang bermanfaat untuk dunia.
Bisa lebih hebat dari orang tanpa bipolar lho…
Banyak selebritis dunia dan tokoh-tokoh dunia yang hidup dengan bipolar.
Michael Jackson, Whitney Houston, Lady Diana… Di Indonesia, kita punya Marshanda yang sudah mengakuinya secara langsung beberapa tahun lalu.
Ya kaaan,sometimes mereka lebih hebat dari kita-kita yang gak bipolar kan?
Hahaha, kata siapa bipolar disorder itu GILA? 🙂
Tapi ya balik lagiii….jangan “bangga” menyebut diri bipolar dan merasa keren dengan itu ya, guys!
Itu penyakit mental lho. Dan sekali lagi yang paling penting, harus ada diagnosis dari psikiater. 🙂
pasangIN iklanmu disini!
GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.
Gimana menurut mu Bipolar Pelukan Tuhan diatas?
Punya pengalaman ga?
Kasih pendapat dong?
Baca Juga
Menghasilkan uang dari menulis makna lagu
#MENULISdapatuang dari menulis chord lagu
Punya cerita tentang lagu ini?
Silahkan komen dibawah ya.
Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.
Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.
Terimakasih
dewi depooh dibuka pukul 16.25 WIB pada hari Selasa tanggal 25 Januari 2022
karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA
Kata Kunci sering dicari :
#hidupdariKARYA, tulisIN, Juni, 2022, Juni 2022,
dewi depooh,
Bipolar Pelukan Tuhan, anxiety, depresi, Bipolar Disorder, mood, mood swing,