5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Interpersonal

Sumber : Bhineka

Apakah kamu ingin meningkatkan hubungan dengan orang lain, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional? Salah satu kunci utama untuk mencapai hal tersebut adalah dengan meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal yang efektif dapat membangun hubungan yang kuat, memecahkan konflik dengan lebih baik, dan membantu kita menjadi pribadi yang lebih dipercaya dan disukai.

Komunikasi interpersonal yaitu pertukaran gagasan, pemikiran, ataupun informasi antar dua individu atau lebih. Tidak hanya di kehidupan sehari-hari. Di dunia kerja pun, kemampuan komunikasi interpersonal yang baik sangat dibutuhkan untuk mempermudahmu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja serta membangun kerja sama tim yang erat.

Dengan segala manfaatnya komunikasi interpersonal haruslah kamu kuasai dengan baik. Berikut 5 cara meningkatkan komunikasi interpersonal kamu.

1. Dengarkan dengan Aktif

Salah satu elemen penting dari komunikasi adalah mendengarkan. Ketika seseorang berbicara, berikan perhatian penuh dan tunjukkan minat pada pembicaraan mereka. Hindari mengalihkan perhatian atau merencanakan tanggapan kamu saat orang lain berbicara. Dengan mendengarkan, lawan bicara kita akan lebih nyaman berbicara kepada kita dan merasa dihargai.

2. Jaga Kontak Mata Saat Berbicara

Sumber : Glints.com

Setelah kamu mendengarkan dengan baik, jangan lupa untuk selalu menjaga kontak mata dengan lawan bicara. Kontak mata adalah cara yang kuat untuk menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan. Saat berbicara dengan seseorang, cobalah untuk menjaga kontak mata yang wajar untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dengan apa yang dibicarakan lawan bicara.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sederhana

Hindari penggunaan kata-kata viral atau bahasa yang sulit dimengerti saat berbicara. Gunakan bahasa yang jelas dan sederhana agar pesan kamu lebih mudah dipahami. Penggunaan bahasa yang jelas juga dapat membuat komunikasi kita berjalan secara efektif, sehingga kedua belah pihak dapat saling mengerti pesan atau informasi yang sedang disampaikan.

4. Terbuka Terhadap Feedback

Selalu terbuka dan menerima terhadap umpan balik dari orang lain adalah cara yang efektif untuk mengidentifikasi area di mana kamu dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal kamu.

5. Jadilah Penengah dalam Setiap Perselisihan

Perselisihan memang dapat terjadi dimana saja, begitu juga di tempat kerja. Jika kamu sudah mampu melakukan langkah sebelumnya yaitu membangun kebersamaan, maka inilah langkah selanjutnya yang kamu dapat lakukan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Kamu bisa menjadi penengah untuk masalah yang muncul di antara rekan kerjamu. Pastikan kamu mengetahui terlebih dulu masalah apa yang terjadi dan kamu harus dapat bersikap netral.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Kamu dapat memperbaiki keterampilan komunikasi interpersonal kamu secara signifikan. Ingatlah bahwa komunikasi yang baik memerlukan latihan dan kesabaran. Teruslah berlatih dan kamu akan melihat perubahan positif dalam hubungan kamu dengan orang lain.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan