MAKANAN KHAS MEDAN

Halo kali ini kita intip masakan dari sumatra barat yaitu kota medan yuk kita simak beberapa makanan khas medan :

  1. lemang

Lemang merupakan makanan khas Medan yang menggunakan bahan utama pangan berupa beras ketan. Lemang dimasak atau dimatangkan di dalam seruas bambu yang sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Cara memasak yang unik pada makanan ini membuat lemang selalu diburu oleh para pengunjung.

2. rujak kolam medan

Rujak yang diracik dan disajikan oleh gerai tersebut merupakan rujak yang berasal dari Medan. Rujak tersebut pertama kali dijual di Medan, tepatnya di depan Istana Maimoon Medan di mana penjualnya berdagang rujak di Kolam Raya Medan.

3. mie gomak

Mie Gomak sebutan nama lain dari spaghetti ala orang medan. Makanan ini berasal dari wilayah yang cukup terkenal yaitu balige danau toba. Mie gomak ini juga menjadi sajian makanan khas yang wajib kamu cicipi.

Untuk rasanya terbilang cukup istimewa karena memiliki bumbu-bumbu yang sedap. Mie gomak ini dapat kamu temukan di sekitar pasar balige, kabupaten toba samosir, sumatra utara. Harga 1 porsinya sendiri cukup murah yaitu hanya 5000

4. mie balap medan

Makanan khas Medan yang satu ini memang menyandang nama yang unik: mie balap. Menurut penjelasan sejumlah masyarakat Medan, makanan berupa mie ini dinamakan mie balap karena bermula dari kecepatan penjual dalam membuat dan menyajikan mie kepada pelanggannya. Semenjak itu, mie cepat saji ini diberi nama mie balap. Salah satu mie balap yang terkenal dan menjadi favorit di Medan adalah Mie Balap Wahidin yang bisa didapati di Jalan Wahidin, Simpang Jalan Gajah, Medan.

5. bihun bebek

Bihun adalah bahan pangan yang bisa dikreasikan menjadi beragam jenis masakan lezat.Di Medan, kamu bisa mencicip salah satu kuliner berbahan utama bihun yang dikombinasikan dengan daging bebek.Bihun bebek namanya. Makanan khas Medan ini menyajikan bihun yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji sehingga menciptakan tekstur yang kenyal menyerupai tanghun.

Kemudian bihun dihidangkan bersama menu pelengkap dan guyuran kuah segar.

Comments

Leave a Reply