10++ Tempat Wisata Di Jawa Tengah

Tempat Wisata Di Jawa Tengah

Halo, Halo Guys apa kabar nih? semoga kita semua dalam keadaan baik dan sehat ya!!

Nih buat kalian yang sedang ada di wilayah Jawa Tengah, baik penduduk asli, yang sedang mudik, urusan pekerjaan, atau sedang berwisata. Jangn lewatkan tempat wisata dibawah ini karena jika kalian tidak mengunjinginya kalian pasti akan rugi  karena tempat ini sangat bagus banget nih. 

Baturaden Kabupaten Banyumas

Tempat ini lebih dikenal dengan hutan alam yang berwarna hijau dan sangat terekomendasi bagi para wisatawan yang gemar berkemah. Jika dari Baturaden, jarak menuju ke Wana Wisata ini 2 kilometer saja dan selain itu pun ada kebun binatang yang bernama Taman Kaloka Widya yang juga mempunyai museum kerangka satwa Indonesia.

 

 Candi Borobudur Kabupaten Magelang

Borobudur adalah situs yang tepat untuk dikunjungi dan bisa menjadi area yang sempurna untuk foto-foto juga. Tidak hanya struktur bangunan candinya saja yang bisa dikagumi karena tingginya nilai seni tersebut, tapi pemandangan di sekitarnya pun sangat memesona sehingga tidak akan membuat para wisatawan menyesal atau kapok.

Buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore, Candi Borobudur memiliki 504 stupa Buddha dan 1.460 relief dalam kompleksnya yang dapat dinikmati para pengunjung hanya dengan membayar Rp 12.500 untuk per anak, dan Rp 30 ribu untuk setiap orang dewasa.

Kampung Batik Laweyan Solo

Tiket masuknya sangat terjangkau sebab hanya cukup membayar Rp 10 ribu untuk setiap wisatawan, tapi kalau tertarik juga untuk menjelajahi ruang bawah tanah Lawang Sewu, maka wisatawan diharuskan mengeluarkan kocek sebesar Rp 30 ribu setiap kepala. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada di Komplek Tugu Muda yang tepatnya ada di Jalan Pemuda.

Museum Kereta Api Kota Ambarawa

Hal-hal yang bisa dinikmati oleh para wisatawan di museum ini antara lain bangunan stasiun dengan kesan arsitektural Belanda yang masih sangat apik, wisata kereta uap ke arah Stasiun Willem II yang berada di kawasan Jambu, wisata kereta Lori yang memuat sekitar 20 penumpang ke Stasiun Lama di Tuntang dari Stasiun Willem I, segala benda mengandung nilai sejarah yang ada di ruang pameran dipajang dengan rapi, serta pusat cinderamata dan jajan yang berada di sisi stasiun. Semuanya ini tidak boleh dilewatkan, apalagi koleksi-koleksi kereta yang unik berjumlah 21 buah lokomotif tua dan dapat menambah pengetahuan para wisatawannya.

Kota Lama Kota Semarang

Jika menelusuri area Kota Lama, maka satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Gereja Blenduk dengan usianya yang sudah mencapai 2,5 abad lebih. Blenduk sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki makna kubah dan gereja ini buka dari jam 9 pagi hingga 4 sore dari Senin sampai Sabtu dan jam 1 siang hingga 4 sore khusus di hari Minggu, kecuali apabila sedang ada pemberkatan pernikahan di gereja.

Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen

Para wisatawan dapat mulai masuk dan menikmati segala fasilitas yang ada dari jam 8 pagi dan museum akan tutup jam 4 sore dan harus membayar sebanyak Rp 5 ribu, tapi memang belum termasuk uang parkir jika membawa kendaraan roda dua, yaitu Rp 2 ribu. Sementara itu, tarif yang dikenakan kepada wisatawan mancanegara adalah Rp 11.500 per orang.

Obyek wisata ini sangat keren karena UNESCO sendiri telah menyatakan Sangiran sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia. 

Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo

Sejumlah landmark bisa dengan nyaman dinikmati dari wisata Dieng ini, antara lain adalah Telaga Warna Dieng, Bukit Sikunier Dieng, dan Sumur Jalatunda serta masih ada candi-candi Hindu lainnya sehingga ketika anda sedang berkunjung ke daerah jawa tengah makan anda wajib untuk mendatangi dataran tinggi dieng kabupaten wonosobo ini.

Kedung Ombo Kabupaten Grobogan

Bila datang ke sana, cobalah lihat area sekeliling waduk untuk mengecek bagaimana bendungan tersebut bisa tercipta, bahkan kalau melihat bendungan dan sekitarnya semua terlihat sangat rapi. Ada hutan juga yang lebat di area waduk ini dan Perhutani-lah yang mengelola hutan tersebut. Bagi yang senang memancing, ada tempat pemancingan yang bisa dikunjungi di mana di sana pun ikan air tawar dijadikan bahan utama aneka masakan yang disajikan demi kepuasan pengunjung. Mengelilingi area waduk pun juga bisa dengan menyewa motor atau perah di sekitar sana.

Museum R.A. Kartini Kabupaten Jepara

Ada jam kunjungan yang perlu diperhatikan untuk museum ini, yaitu museum buka dari 8 pagi hingga 5 sore setiap Senin sampai Sabtu, dan buka dari jam 9 pagi hingga 5 sore pada hari Minggu. Untuk tiket masuknya, biaya yang dikenakan sangat murah sebab untuk per anak saja hanya Rp 600 dan per orang dewasa dikenakan Rp 1.000 bagi yang berkunjung dari hari Senin sampai Jumat, sementara khusus akhir pekan, anak-anak dikenakan Rp 750, dan orang dewasa Rp 1.500 per orang.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kota Solo

Bagi wisatawan yang menggemari benda-benda sejarah, ada fragmen dari candi-candi di Jawa Tengah serta benda peninggalan keraton yang disimpan di museumnya. Agak berbeda bila dibandingkan obyek wisata lainnya, ada beragam peraturan yang wajib dipatuhi oleh setiap pengunjung yang datang.

Jalan Pahlawan Kota Semarang

adi, untuk wisatawan yang gemar atau hobi berkuliner ria, Jalan Pahlawan adalah destinasi terbaik untuk jajan ini dan itu. Karena trotoar jalannnya termasuk rapi dan lapang, maka jangan heran kalau warga-warga Semarang suka bersantai atau bermain-main di kawasan tersebut untuk menghabiskan waktu.

Pasar Malam Ngarsopuro Kota Solo

Bagi yang mempunyai KTP Solo sajalah yang bisa berdagang di Ngarsopura dan segala yang dijajakan di tempat ini sangat beragam. Wisatawan yang suka icip-icip makanan alias kulineran, tempat ini akan menyediakan bagi Anda makanan khas Solo.

Tidak hanya makanan, tapi juga beragam souvenir bisa ditemukan di tempat ini, termasuk batik dan kerajinan khas Solo. Serunya lagi, ada pertunjukkan live yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung Ngarsopuro, seperti musik etnik yang dibawakan oleh seniman-seniman Solo, tarian-tarian, dan musik jazz. 

Goa Jatijajar Kabupaten Kebumen

Para pecinta alam pasti akan jatuh hati terhadap tempat wisata satu ini karena goa alam yang berlokasi di Kecamatan Ayah, tepatnya di Desa Jatijajar ini bisa menambah pengalaman seru Anda ketika berlibur di Jawa Tengah.

Taman Nasional Karimunjawa Kabupaten Jepara

Karimunjawa kini makin populer saja dan hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Wisatawan dengan keinginan wisata laut dapat datang ke Karimunjawa demi menikmati panjangnya garis pantai dan pasir putihnya yang indah dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Ketep Pass Kabupaten Magelang

Datanglah ke Pelataran Panca Arga dan dari sana ada lima buah gunung yang bisa disaksikan melalui teropong yang ada, yaitu Gunung Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Merapi. Satu lagi teropong disediakan di Gardu Pandang yang jelas bisa digunakan untuk mengagumi keindahan alam sekitar.

Air Terjun Montel Kabupaten Kudus

Lokasi wisata ini, apabila dari Makam Sunan Muria, adalah tidak jauh berada tepat di sebelah utaranya. Selain air terjun dan pemandangan alam yang bisa disaksikan, di sana ada berbagai kios yang menjajakan souvenir bagi para wisatawan yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Benteng Vander Wijck

Benteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Di Benteng Vander Wijck tersedia aneka macam permainan anak dan area bermain. Beberapa diantaranya adalah kereta mini, perahu kayuh, kolam renang, kereta atas benteng (kereta mini yang relnya ada di atap benteng, jadi kereta berjalan memutari atap benteng), dan masih banyak lagi.

Pemandian Tirta Husada Kali Bacin

Pemandian air panas yang memiliki kandungan mineral dan belerang cukup tinggi. Dipercaya banyak orang baik untuk penyembuhan aneka penyakit kulit. Pemandian ini letaknya tidak jauh dari Bendungan Gerak Sungai Serayu. Hanya sekitar 300 meter dari bendungan tersebut.

Dengan pemandangan yang cukup sejuk yang indah, maka tak heran jika banyak para wisatawan yang ingin berlibur ke tempat ini. Selain untuk relaksasi terhadap tubuh juga sebagai liburan yang simple, dan ringkas.

Alamat : Desa Tambaknegara, Rawalo, Banyumas, Jawa Tengah.

Telaga Pucung

Obyek wisata ini ditemukan pada tahun 1997. Sebelumnya dipenuhi semak-semak di sekitarnya. Telaga Pucung adalah habitat dari harimau Jawa dan elang Jawa yang sudah langka. Dikelilingi hutan alami, Telaga Pucung dapat jadi salah satu lokasi wisata keluarga yang patut untuk dikunjungi.

Tak hanya itu, lokasi yang memang berada di dekat hutan membuat tempat ini cukup menjadi list bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang, dan juga cocok untuk wisatawan backpacker. Lokasinya masih berada di Banyumas, Purwokerto.

Masjid Agung Jawa Tengah

Gaya arsitektur masjid merupakan campuran dari islam, romawi, dan jawa. Pilar di pelataran masjid jumlahnya 25 buah, lambang nabi dan rasul yang berjumlah 25. Di gerbang, terdapat tulisan 2 kalimat syahadat.

Fasilitas lainnya yaitu penginapan dengan 23 kamar. Yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kemari adalah Menara Al-Husna atau Al-Husna Tower yang tingginya mencapai 99 meter.

Menaiki menara ini, kita bisa temukan kafe muslim dengan putaran sampai 360 derajat. Apabila ingin melihat keindahan Semarang dari ketinggian dapat naik hingga lantai 19, di mana terdapat 5 buah teropong untuk melihat panorama kota.

Museum Ronggowarsito

Museum ini letaknya di dekat Bandara Ahmad Yani. Tepatnya di Jalan Abdulrahman Saleh, Semarang. Di museum ini tersimpan bermacam koleksi dari berbagai jaman yang jumlahnya mencapai 59.814 buah.

Tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak). Museum Ronggowarsito terdiri dari 4 bangunan, masing-masing bangunan mempunyai sejarah yang berbeda. Tak hanya itu, Museum Ronggowarsito cukup menjadi tempat yang bersejarah dan menjadi destinasi pertama saat tiba di kota Semarang.

Nepal van Java (Kaliangkrik, Kabupaten Magelang)

Nepal van Java mulai banyak dibicarakan orang, pesona pemandangannya yang indah menjadikan banyak pengunjung ingin datang dan menyaksikan sendiri pemandangan yang digadang-gadang mirip seperti di Nepal. Tempat hits yang satu ini berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Tidak hanya disuguhi pemandangan yang luar biasa, kamu juga berfoto di tempat selfie yang telah disediakan, atau berfoto di ikon Dusun Butuh yakni naga. Nepal van Java dibuka mulai pukul 07:00–17:00, dan tiket masuk yang ditetapkan pengelolanya hanya Rp8 ribu saja, lho. Murah sekali bukan? 

Nah gimana nih apakah kalian ingin perge ke salah satu tempat yang telah direkomendasikannya, semoga kita bisa kesemua tempat yang ada di atas itu AAMIIN.

SUMBER INFORMASI ; 7 Tempat Wisata Jawa Tengah yang Satu Ini sedang Viral, Ingin Coba? (idntimes.com) , 36 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Wajib di Kunjungi – TempatWisataUnik.com

Comments

One response to “10++ Tempat Wisata Di Jawa Tengah”

  1. Jsjjs Avatar
    Jsjjs

    Widih mantap

Leave a Reply