Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Setiap negara memiliki ciri khas makanan nya yang berbeda beda dengan karakteristik dan khasnya masing-masing, bahkan tak jarang beberapa makanan tersebut berhasil mendunia karena memiliki cita rasa yang enak dan lezat.

Salah satu nya Indonesia, makanan Indonesia dikenal dengan aneka rempah-rempahnya dan juga sering disebut dengan surganya kuliner. Oleh karena itu, tidak heran beberapa kuliner nusantara terkenal hingga mancanegara karena cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

Berikut merupakan makanan yang mampu menarik perhatian warga mancanegara diantaranya yaitu :

  1. Nasi goreng

Nama nasi goreng sangat meluas di mancanegara ketika presiden Amerika Serikat Barak Obama menyebutkan makanan ini sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang sangat lezat.

2. Rendang

Selain disukai masyarakat Indonesia, ternyata makanan khas Sumatra Barat ini sangat terkenal di mancanegara, bahkan rendang menduduki posisi pertama dalam jajaran 50 makanan terenak versi CNN Internasional yang diadakan di Jerman.

3. Bakso

Bakso termasuk makanan khas Indonesia yang mendunia. Bakso ini makanan kaki lima yang terbuat dari daging dengan campuran tepung. Bagian dari bakso yang sangat menggiurkan adalah kuah segarnya. bakso ini ternyata sudah sampai Amerika Serikat, Bakso sudah kerap diperkenalkan oleh Barak Obama, presiden Amerika yang ke-44.

4. Sate

Indonesia memiliki berbagai macam sate seperti sate Madura, sate padang, sate lilit, sate maranggi, sate taichan, sate makasar, sate bandeng dan masih banyak lagi. Tak hanya menjadi primadona di negeri sendiri, sate padang dan sate Madura menjadi varian sate yang sangat terkenal di mancanegara.

5. Soto

Indonesia memiliki banyak varian soto diantaranya yaitu soto betawi, soto Makasar, soto ayam, soto sapi dan soto babat. Keunikan khas rempah-rempah inilah yang menjadikan soto sangat terkenal di mancanegara, salah satunya di Jepang yang sudah terbiasa dengan rasa khas soto ini yang berhasil dikenalkan oleh para pelajar Indonesia di Jepang.

6. Tempe

Salah satu makanan yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia yaitu tempe, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sangat popular di luar negeri bahkan tempe ini memiliki harga jual yang tinggi di mancanegara.

7. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas Jawa yang biasanya di sebut dengan salad nya Indonesia juga cukup terkenal di luar negeri terutama di Napoli dan Italia. Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetensi yang bersaing dengan makanan-makanan luar negeri lainnya.

8. Sop buntut

Kuliner Indonesia yang mendunia berikutnya ialah sop buntut. Makanan yang terbuat dari potongan daging ekor sapi ini memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Tak heran, jika sop buntut menjadi salah satu kuliner yang sangat digemari oleh semua kalangan.

Sop buntut pernah disajikan oleh salah seorang Chef asal Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol. Acara ini diikuti lebih dari 300 peserta, sop buntut menjadi salah satu makanan yang mendapat respon positif dari para peserta. Melalui acara ini juga sop buntut diakui sebagai salah satu makanan terenak yang dikenal dunia.

9. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan. Menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply