Work As Character Building

Polisi tembak polisi siapa yang mati duluan? CCTV. Let us talk about Work As Character Building. Apa yang bisa kita pelajari dari kasus ini?

Denger cerita ini kan ya?

Jenderal bintang 2 membunuh anak buahnya sendiri… brigadir. Tingginya jabatan ga berbanding sama karakter. Si jenderal kehilangan apa aja?

Salah satunya kerendahan hati. Kenapa? Karna setelah dia diputus sidang etik diberhentikan dengan tidak hormat Tapi dia masih mengajukan banding.

Dia juga kehilangan karakter. Siapa kita sesungguhnya saat ga ada orang lain.

Dia jatuh bukan saat kasus ini terjadi. Tapi saat udah banyak pembiaran yang dia lakuin. Butuh banyak tebasan kapak untuk membuat sebuah pohon jatuh.

Bakat dan kemampuan dapat membawa kita ke puncak. Tapi hanya karakter yang dapat membuat kita bertahan disana.

Saat seorang tukang membangun sebuah rumah. Tanpa sadar si rumah sedang membangun si tukang. Karna saat membangun rumah, dia semakin teliti, skill bertambah, semakin cekatan. Karakter nya bertumbuh. What you come is more important than what you gain.

Karakter adalah siapa kita sesungguhnya saat ada penderitaan. Kesusahan ga cuma membentuk orang tapi juga menunjukkan siapa orangnya.

Cara Tuhan membentuk manusia :

1.Pressure (Tekanan)

Saat ada pencobaan anggap kebahagiaan. Karna itu melahirkan ketekunan. Dan ketekunan itu melahirkan buah.

Saat ada masalah dan kita ga bisa melewati. Maka tunggu aja akan datang lagi waktu saat kita ga sadar. Masalah yang sama akan datang lagi dalam bentuk/bungkus/packaging yang beda. Kalo kemarin kita udah berhasil atasi hal yang sama. Maka itu ga akan jadi masalah. Tapi kalo kemarin kita gagal. Kita akan bilang Tuhan mencobai kita lebih dari yang kita mampu.

Ada jenis kopi yang dihidangkan dengan cara di press. Espresso. Cara ini untuk memunculkan semua karakter dari kopinya. Dan pressure itu ga menghilangkan rasa kopi justru memunculkan rasa kopinya.

2.Problem (Masalah)

Masalah adalah sesuatu yang butuh kita selesiin. Belajar untuk berlama-lama bilang ga bisa. Belajar mencoba.

Thomas Alva Edison marah saat dibilang dia gagal 999 kali membuat lampu. Tapi justru dia bilang berhasil menemukan 999 cara membuat lampu sampe akhirnya membuat lampu padahal cara ke 1000.

Orang yang berhasil adalah orang yang menghasilkan jatah gagalnya. Bang Valen.

3.People (Orang)

Tuhan pake orang yang ga sesuai sama karakter kita untuk membentuk karakter kita. Kita belajar sabar sama orang yang ga tepat waktu. Cepat mendengar lambat berkata-kata.

Marah boleh tapi jangan marah-marah. Marah ada tempat dan waktunya.

karakter ditunjukkan saat kita dibawah tekanan. karakter ditunjukkan saat kita menyelesaikan masalah. karakter ditunjukkan saat kita memperlakukan orang. HANDLE PROBLEM. SOLVE PROBLEM. TREAT PEOPLE.

Saat kita ga kerja kita ga akan mendapatkan masalah. Tapi karakter kita ga akan terbentuk.

saat beban berat dipundak. Bukan berdoa untuk beban dikurangi tapi berdoa dan berusaha pundak diperkuat.

gimana cara membangun karakter?

1.Mengalami kelahiran baru .

Karakter adalah buah hubungan kita dengan Tuhan. Kasih, kesabaran, pengendalian diri dll.

2.Mengenal kebenaran Alkitab

3.Mengagumi pribadi Kristus

Saat dulu pertama kali suka bola. Aku ubah name tag SMP ku. Bukan nama asliku tapi nama Andri Sevchenko.

Satu-satunya perusak karakter adalah pergaulan yang buruk. Aku ingat dulu polanya. Temen yang sangat rajin kalo ada kegiatan organisasi. Dia panutan lah. Sampe akhirnya tiba-tiba dia menghilang. Kami cari tau ga nemu. Lalu saat kami ga mencari. Kami lagi jalan pulang kuliah. Liat dia boncengan sama pacarnya.

Apa yang kamu dapatkan dari mencapai tujuanmu. Ga lebih besar dari karakter mu saat mencapai tujuanmu. Biar lah cerita jenderal dan brigadir tadi menjadi contoh nyata buat kita.


Terbit

dalam

oleh

Tags: