Udang Selingkuh dan 5++ Makanan Khas Papua Lainnya yang menggiurkan

Rasanya bikin nagih deh!
Papua adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Nugini bagian barat atau west New Guinea. Papua juga sering disebut sebagai Papua Barat karena Papua bisa merujuk kepada seluruh pulau Nugini termasuk belahan timur negara tetangga, east New Guinea atau Papua Nugini.  Daerah Papua sendiri menyediakan berbagai macam kuliner makanan yang membuat pengunjung tergiur sehingga mereka langsung ingin mengunjungi tempat kuliner tersebut yang ada di Papua. Berikut ada beberapa tempat kuliner enak yang recommended banget untuk dikunjungi di Banda Aceh.

1. Kue Lontar

Kue lontar merupakan kue khas Papua yang menurut sejarah kedatangannya dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa lalu. Kue lontar sendiri mirip seperti kue pie susu yang terkenal dari Bali. Kue lontar dibuat dari bahan dasar telur yang kemudian dicetak menggunakan piring keramik.

2. Papeda

Papeda adalah makanan khas Papua yang begitu populer dan digemari oleh banyak penduduk kota-kota yang tersebar di pulau Papua yang merupakan warisan kuliner yang diturunkan dari generasi ke generasi. Papeda itu sendiri memiliki rasa yang tawar, yang biasanya disantap bersama dengan kuah bening dan ikan bakar.

3. Aunu Senebre

Aunu senebre adalah makanan khas Papua yang terkenal dan begitu khas dengan kuliner dari dataran timur Indonesia. Aunu Senebre ini sendiri merupakan olahan ikan teri nasi yang digoreng, lalu dicampur dengan daun talas dan kemudian dikukus. Aunu senebre ini memiliki rasa yang gurih dan lezat yang biasanya disantap bersama dengan papeda.

4. Martabak Sagu

Martabak sagu adalah makanan khas Papua yang dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana yang terbuat dari sagu yang dihaluskan kemudian digoreng yang memiliki cita rasa khas Papua yang manis. Makanan ini biasanya disajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu oleh masyarakat Papua, khususnya oleh masyarakat Papua barat.

5. Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu terkenal sebagai kuliner khas Papua yang dapat menambahkan energi dengan kadar kolesterol yang rendah. Sate ulat sagu itu sendiri mempunyai rasa yang manis dan asin. Tekstur dari sate ulat sagu keras di luar dan lunak di dalam yang di dalamnya tersimpan protein yang cukup tinggi.

6. Udang Selingkuh

Salah satu makanan khas daerah di Papua, yakni di Wamena yang memiliki nama yang unik yaitu udang selingkuh karena udang yang digunakan punya capit seperti kepiting. Tekstur yang dimiliki oleh udang selingkuh yaitu padat dan berserat, mirip seperti lobster. Sedangkan bagian dagingnya sangat lembut dan memiliki  rasa yang sedikit manis.

7. Ikan Bungkus

Perbedaan ikan bungkus dengan pepes adalah bahan pembungkusnya. Kalau pepes dibungkus dengan daun pisang, ikan bungkus khas Papua menggunakan daun talas dengan menggunakan ikan bandeng, karena dagingnya yang tidak mudah hancur.

8. Ikan Bakar Manokwari

Manokwari merupakan salah satu daerah yang ada di Papua. Makanan khas manokwari adalah Ikan Bakar Manokwari. Makanan khas Papua ini biasanya menggunakan ikan tongkol dengan bumbu khas. Ciri yang paling khas dari masakan Ikan Bakar Manokwari terletak pada bumbu tabur ikan bakar tersebut, yaitu berupa sambal digiling kasar dan disajikan mentah.

9. Sagu Lempeng

sagu lempeng adalah makanan khas Papua yang benar-benar identik dengan Bumi Cendrawasih. Sagu Lempeng merupakan kue yang sangat umum ditemukan di daratan Papua, bahkan di setiap sisi kota yang dapat dinikmati bersama secangkir kopi hangat untuk bersantai di sore hari.

10. Kue Bagea

Kue bagea merupakan makanan khas yang berasal dari Papua yang berasal dari Ternate, Papua yang memiliki tekstur sedikit keras. Makanan ini terbuat dari tepung sagu dan kenari. Kue bagea ini hadir sebagai kue lebaran seperti di hari raya Natal dan Idul Fitri.

Itulah 5++ Makanan Khas Papua Lainnya yang menggiurkan

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
https://makananoleholeh.com/makanan-khas-papua/#Udang_Selingkuhdibuka pukul 10:00 WIB pada hari Rabu tanggal 28 April 2021
https://hot.liputan6.com/read/4459969/15-makanan-khas-papua-menggugah-selera-unik-dan-istimewa dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Rabu tanggal 28 April 2021
https://www.shopback.co.id/katashopback/10-makanan-khas-papua-yang-bikin-kita-semakin-cinta-indonesia dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Rabu tanggal 28 April 2021

Comments

Leave a Reply