Tulisan Tentang Spotify

Siapa disini yang suka dengerin spotify tapi belum tau asal usulnya spotify tuh gimana sih…..?

Spotify merupakan sebuah layanan streaming musik dan podcast yang berbasis di Swedia dan diluncurkan pada 7 Oktober 2008. Platform ini dimiliki oleh Spotify AB, sebuah perusahaan publik di Bursa Efek New York sejak 2018 dibawah perusahaan Spotify Technology S.A. yang berbasis di Luxembourg. Kantor pusat Spotify global berada di Stockholm, Swedia dan Kantor Pusat perusahaan berada di New York City. Spotify menawarkan musik dan podcast yang dilindungi hak ciptanya secara digital, termasuk lebih dari 70 juta lagu dari label rekaman dan perusahaan media. Spotify beroperasi dengan freemium, sebuah fitur gratis beserta iklan dan kontrol terbatas, sementara fitur tambahan, seperti mendengarkan secara luring (offline) dan mendengarkan bebas komersial, ditawarkan melalui langganan berbayar. Pengguna dapat mencari musik berdasarkan artis, album, atau genre, dan dapat membuat, mengedit, dan berbagi daftar putar (playlist). Spotify tersedia di sebagian besar Eropa dan Amerika, Oceania, dan beberapa bagian Afrika termasuk Afrika Selatan dan Mauritius dan Asia . Pada akhir 2021,Spotify diharapkan beroperasi di total 178 negara. Layanan ini tersedia di sebagian besar perangkat modern termasuk Windows, macOS, dan Linux komputer, iOS dan Android smartphone dan tablet serta speaker pintar yang mendukung AI seperti Amazon Echo dan Google Home.

SEJARAHNYA

Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh tim di Spotify AB, di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO Stardoll, dan Martin Lorentzon, co-pendiri TradeDoubler. Nama Spotify berasal dari Martin Lorentzon dan Daniel Ek ketika menentukan nama dengan cara meneriakkan kata-kata potensial secara acak, kemudian Daniel Ek salah dengar “Spotify”, kemudian mereka mengklaim etimologi “Spotify” berasal dari lakuran kata “spot” dan “identify”. Spotify diluncurkan pada September 2008 oleh Spotify AB, startup yang berasal dari Swedia. Pada Juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar. Jumlah pelanggan berbayar mencapai 30 juta pada Maret 2016. Spotify Ltd beroperasi sebagai perusahaan induk, yang berkantor pusat di London, sementara Spotify AB menangani penelitian dan pengembangan di Stockholm.

KONTOVERSI

Spotify menghadapi beberapa kritik dari artis rekaman dengan klaim bahwa Spotify tidak adil dalam hal kompensasi kepada musisi. Tidak seperti album dalam medium fisik (kaset pita, CDs) atau penjualan unduhan mp3 yang membayar harga tetap per lagu atau album, Spotify membayar musisi berdasarkan “pangsa pasar” mereka (jumlah aliran lagu mereka sebagai proporsi dari total lagu streaming pada layanan). Spotify mendistribusikan sekitar 70% untuk pemegang hak, yang kemudian akan membayar seniman berdasarkan perjanjian masing-masing. Beberapa berpendapat kompensasi tersebut tidak memadai, dimana dapat menjadi serendah US$0,0011 per streaming, yang kemudian menyebabkan kritik dari musikus. Terutama Thom Yorke dan Taylor Swift memutuskan menarik diskografinya dari Spotify, Taylor Swift mengklaim “Saya tidak bersedia untuk memberikan kontribusi karya hidup saya untuk percobaan yang saya tidak merasa cukup mengkompensasi komposer, produser dan artis ini”. Menanggapi kritik itu, Spotify mengklaim bahwa mereka mendapatkan manfaat dari migrasi bisnis musik yang sebelumnya rentan dari pembajakan dan memungkinkan mereka untuk menghasilkan royalti jauh lebih besar dari sebelumnya dengan mendorong pengguna untuk menggunakan layanan mereka secara berbayar.

SEJAK KAPAN SPOTIFY ADA DIINDONESIA?

Spotify resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 30 Maret 2016, yang artinya perangkat lunaknya telah mendukung pilihan bahasa Indonesia, serta telah memungkinkan menerima pelanggan premium dari pelanggan Indonesia. Bentuk keseriusan Spotify dengan industri musik Indonesia diperkuat dengan konser“Spotify On Stage” pada tanggal 4 Oktober 2019 di Jakarta International Expo, yang menghadirkan musisi Indonesia dan manca negara, diantaranya; Rich Brian, (G)I-dle, Ateez, Arsy Widianto, Brisia Jodie, Marion Jola dan Rizky Febian.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Spotify


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply