Tulisan Online Yang Bagus Seperti Apa Sih

Tulisan Online Yang Bagus Seperti Apa Sih

Sekarang dalam dunia media, konten itu sangat penting. Konten itu bisa termasuk ke dalam banyak hal, bisa seperti video, tulisan dan gambar. Kali ini kita akan bahas tentang tulisan.

Kalau dibuat perhitungan rata-rata perhari itu bisa sampai jutaan tulisan yang muncul di internet. Jadi gimana caranya supaya kita bisa membuat suatu tulisan yang bisa disukai sama pembaca, yaitu dengan cara kita membuat tulisan yang bagus. Lalu tulisan yang bagus itu seperti apa sih? Kapan seharusnya kita menerbitkan tulisan yang bagus dan isinya itu seperti apa?

Salam #MasBroMbakBro

Seperti apa sih tulisan online yang bagus itu?

SEO ( Memaksimalkan Fungsi Dari Mesin Pencari)
1. Mesin Pencari
2. Konten
Karena tadi sudah kita bilang dalam satu hari bisa ada jutaan konten yang muncul di internet, oleh karena itu kita perlu membuat sebuah konten yang menarik, yang pasti dicari orang. Apa idikator tulisan itu bisa dikatakan bagus?

1. Judul
– Menarik (clickbait) ketika orang pertama kali baca judul yang merarik orang akan berpikir atau pengen buru-buru membaca isinya. Mengapa judul itu begitu penting? Karena judul yang menarik dapat memaksimalkan dorongan orang untuk membaca isi dari tulisan kita.
– Angka (kepastian) Jika dalam sebuah judul terdapat angka itu akan meningkatkan potensi supaya sebuah tulisan itu dibaca. Misalnya “5 Cara Membuat Orang Menjadi Cepat Kurus Dalam 10 Hari“, terdapat angkat 5 dan angka 10. Dimana terdapat sebuah kepastian yang dikasih kepada orang orang yang membaca judulnya.
– Power Words merupakan kata-kata yang ketika dibaca/didengar dapat menggugah emosi. Misalnya kata terungkap, viral, ternyata atau kata-lata yang berbau negatif. Itu merupakan kata-kata yang jika seseorang mendengarnya akan membuat orang tertarik untuk melihatnya.

2. Isi
1. Mengundang tanya, pastikan ketika orang membaca judulnya ada pertanyaan yang kita ungkapkan atau ada pernyataan yang membuat orang-orang bertanya. Jadi jika kita membuat konten diawal-awal kita membuat orang-orang bertanya. Misalnya “Gimana Cara Membuat Tulisan Yang bagus”, ini merupakan salah satu contoh yang bisa kita terapkan. Jadi kita bisa menarik orang untuk masuk kedalam tulisan yang sudah kita persiapkan.
2. Mengundang rasa penasaran, misalnya ketika kita sudah membuat pertanyaan ” Tulisan Yang Bagus Itu Seperti Apa?”, kita tinggal mengundang tanya mereka karena mereka sudah penasaran.
3. Pastikan ketika kita sudah membuat konten/tulisan ada informasi baru yang kita bagikan. Mengapa hal baru dalam sebuah konten itu penting? Karena buat apa orang membaca sebuah tulisan yang jelas-jelas informasinya sudah biasa muncul atau sudah pernah didengar atau sudah pernah kita ketahui sebelumnya. Jadi jika kita tidak membuat hal baru kedalam konten maka sanagt sedikit orang yang akan teratrik untuk membacanya.
4. Tata Tulis
– Tanya Awal
– 1 kalimat > 10 kata
– 1 Paragraf > 4 kalimat
– Kesimpulan akhir
Tulisan online itu sangat penting untuk singkat, padat, jelas dan menarik. Tulisan yang panjang itu sudah jelas tidak menarik. Tetapi kalau bisa membuat tulisan yang panjang dan kita yakin itu bisa menarik itu tidak masalah. Tetapi tulisan online yang bagus adalah tulisan yang singkat, padat, jelas, dan menarik.
Biasanya setelah kita sudah membaut tulisan, meskipun sudqah secara sistematis dari awal sampai akhir, tetap ada kesulitan orang untuk menangkap poin yang kita sampaikan. jadi usahakan pada bagian akhir tulisan, kita membuat sebuah kesimpulan. Yang isinya apa sebenarnya yang ingin kita sampaikan supaya orang lain bisa cepat tanggap tentang apa yang kita bagikan.

3. Terbit
1. Jam Baca
2. Jam aktif
tulisan yang terbit pada saat jam baca atau pada saat jam aktifnya orang biasanya pada saat orang bagun tidur, pada saat orang-orang sedang istirahat (jam 9 malam), jam puulang kantor (jam 6 sore), jam pulang sekolah (jam 2 siang). Ataupun kita juga bisa membuat jam terbit nya itu konsisten. Misalnya kita menerbitkan konten jam 12, setelah itu dihari berikutnya kita juga menerbitkan kontennya di jam 12. Secara psikologi si pembaca akan mengerti bahwasannya setiap hari pada jam 12 tulisan terbaru pada website kita akan terbit. Dan Mereka juga akan terus mengikuti konten kita.

4. Sebar
1. King + Queen
2. Target
3. Komunitas
4. Temen dan Keluarga
Kita punya istulah yaitu Konten is a King but share is Queen artinya adalah konten yang paling bagus, setelah judul sudah bagus, isinya juga sudah bagus, jam terbitnya juga sudah bagus. Tetapi kalau tidak ada yang tau tentang konten itu sama saja dengan sia-sia. Jadi kita perlu share kontennya . Share nya ke siapa? Pertama kita pengen sharenya sama pengusaha misalnya, terus kita share ke grup-grup pengusaha, ke teman-teman yang pengusaha atau ke komunitas-komunitas pengusaha. Itu juga kita harus sesuaikan dengan target, Pastikan kontennya kita share sesuai dengan target yang tepat.
Jadi pastikan tulisan yang bagus akan sia-sia jika tulisannya tidak di share.

Praktek
Selanjutnya praktek yang kita lakukan adalah mulai saja dulu untuk menulis. Selanjutnya kita share tulisannya dan terakhir kita evaluasikontennya sudah bagus atau belum.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang Tulisan Online Yang Bagus Seperti Apa Sih.

Semoga Bermanfaat.
Terima kasih.

Unsplash.com

Comments

Leave a Reply