Tradisi Sekolah di Korea Selatan

Tradisi Sekolah di Korea Selatan

Tradisi Sekolah di Korea Selatan

Kamu-kamu yang masih duduk di bangku sekolah Ingin menjadi pribadi yang berprestasi itu sebuah kewajiban. Untuk itu, mematuhi segala hal yang ditetapkan di sekolah juga nggak boleh diabaikan. Ini biar kamu juga bisa memaksimalkan potensi yang ada di masa depan.

Nah, setiap negara pasti mempunyai ciri khas masing-masing membentuk sebuah tradisi dan budaya di sekolah. Tradisi tersebut tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan juga karakter masyarakat dari negara tersebut. Meskipun beberapa di antaranya terdengar aneh, tapi mereka dengan senang hati melakukannya lho. Seperti apa yang dilakukan para siswa di Korea Selatan ini. 

Tradisi Sekolah di Korea Selatan

1.Sekolah Selama 18 Jam

Siswa SMA di Korea menghabiskan hampir seluruh waktunya di sekolah. Durasi wajib belajar mereka di sana adalah 18 jam. Mereka mulai masuk dari jam 8 pagi dan baru berakhir jam 9 malam.

Ini dilakukan karena tuntutan para siswa agar bisa masuk ke perguruan tinggi favoritnya. Persaingan masuk ke perguruan tinggi di Korea sangat ketat.

2. Sangat Menghormati Guru

Para siswa sangat dituntut menghormati gurunya. Ini sudah berlaku sejak dulu bahkan sebelum Perang Korea pecah.

Tradisi positif ini tentu saja berdampak pada tingkat serapan materi yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Siswa akan lebih fokus tanpa dan benar-benar melakukan instruksi seorang guru. 

Baca juga: Wisata Populer di Korea

3. Etika Sepatu Khusus

Tradisi memakai sepatu selop khusus di sana terbilang unik. Dampaknya, lingkungan sekolah tampak lebih bersih.

Tradisi ini sama dengan yang ada di Jepang yang disebut dengan ‘uwabaki’. Sekolah menyediakan sepatu khusus untuk digunakan di dalam ruang kelas. Mereka baru menggunakan sepatu outdoor ketika ada kelas khusus seperti olahraga.

4. Tidak Ada Tisu di Toilet

Selanjutnya Fakta Sekolah diKorea Selatan, Toilet di sekolah Korea tidak menyediakan tisu bagi para siswa. Terdengar menjijikkan memang. Pihak sekolah mempunyai tujuan khusus dalam hal ini.

Para siswa dituntut membawa tisu toilet sendiri di sekolah. Ini supaya mereka bisa sadar dan mandiri dengan kebersihan mereka.

5. Menu Makan Siang Sehat

Menu yang disediakan pun sangat sehat dan lezat. Ini agar siswa juga terjamin asupan nutrisi dan bisa memaksimalkan potensi otak sebagai penyerap utama materi-materi sekolah.

Menu yang mereka sediakan juga diproses dengan baik. Semua bahan yang digunakan masih fresh tanpa harus dipanaskan di microwave. Memang membutuhkan biaya tidak sedikit, namun ini juga demi masa depan mereka selaku penopang kehidupan bagi negara Korea Selatan.

Terimakasih
plus.kapanlagi.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply