Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Menerapkan berbagai tips menjaga kesehatan tubuh sebetulnya tidaklah sulit, asalkan kamu memiliki kemauan yang kuat untuk melakukannya secara konsisten. Kita dapat memulainya dari hal-hal yang kecil, seperti melakukan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh ini:

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Studi menunjukkan jika orang yang mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah bisa hidup lebih lama, serta memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe-2, obesitas, dan penyakit lainnya.

2. Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan yang berlebih hingga obesitas dapat meningkatkan resiko seseorang terkena berbagai penyakit yang berbahaya. Di samping itu, memiliki berat badan yang terlalu rendah juga bisa menandakan diri kekurangan nutrisi.

3. Minum cukup air

Minum air setidaknya 8 gelas per hari dapat memberi banyak manfaat, yakni meningkatkan metabolisme dan mencegah dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kita akan kehausan, lemas, sakit tenggorokan, hingga pusing.

4. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, olahraga juga dapat mengendalikan berat badan dan membuat pelakunya merasa lebih bugar.

5. Tidur yang cukup

Begadang menjadi kebiasaan banyak orang. Alih-alih tidur, malam hari seringkali dihabiskan dengan bermain gadget atau menonton TV. Padahal kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: dampak sering begadang

6. Hindari junk food

Rasa junk food yang lezat bisa menyebabkan seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan. Padahal, makanan tersebut biasanya rendah serat, protein, dan berbagai nutrisi lain.

7. Hindari rokok dan alkohol

Merokok bukan hanya merusak paru-paru, namun juga dapat merusak berbagai organ tubuh lainnya. Hal ini juga membuat kita lebih berpotensi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya. Bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama.

Comments

Leave a Reply