Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips menjaga kesehatan jantung

Tips menjaga kesehatan Jantung

Salam #MasBro #MbakBro

Kalian tau ga apa penyakit jantung? penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia. Penderita penyakit ini sering kali tidak menduga bahwa dirinya mengidap penyakit jantung sampai ketika serangan itu terjadi. Nah gimana Cara Menjaga kesehatan Jantung? Berikut Tips menjaga Kesehatan Jantung :

1. Konsumsi Lemak Sehat

Meskipun lemak seringkali disalahkan sebagai penyebab kenaikan berat badan dan berbagai masalah kesehatan, nyatanya tubuh kita tetap membutuhkan asupan lemak. Kita membutuhkan asupan lemak, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat).  satu jenis lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans, yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke seumur hidup.

2. Jaga Kebersihan Gigi dengan Baik

Menjaga kesehatan gigi juga dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung. Hal ini karena orang yang mengalami penyakit periodo (penyakit gusi) berisiko mengalami penyakit jantung.  Banyak penelitian menunjukkan bahwa bakteri dalam mulut yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, yang menjadi penanda untuk peradangan pada pembuluh darah.

3.  Menjaga Berat Badan Ideal

Batasi makan atau minum yang mengandung banyak gula dan garam. Selalu kontrol berat badan dengan merencanakan menu mingguan yang sehat. Ada cara sederhana untuk memperkirakan berat badan yang ideal, yaitu dengan menggunakan Rumus Broca. Karena pria dan wanita memiliki massa otot yang berbeda.

Baca juga:
Manfaat Tidur siang untuk kesehatan
8 manfaat minum air putih

4. Rajin Minum Air Putih

Rajin meminum air putih dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 54 % pada pria dan 41 % pada wanita. Hal ini dikarenakan air dapat melarutkan kandungan garam dalam darah sehingga meringankan kerja jantung dalam memompa darah segar ke seluruh tubuh. Secara umum, kebutuhan air tubuh kita dapat dicek dengan memperhatikan urin kita, jika berwarna pekat itu berarti tubuh kita memerlukan lebih banyak air.

5. Istirahat yang Cukup

Jantung tidak hanya bekerja lebih keras saat kekurangan asupan gizi dan air, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh tingkat stres dan tekanan darah. Saat memaksa tubuh sampai ke luar batasnya, ada banyak bagian dalam tubuh yang akan terganggu, terutama jantung. Istirahat yang cukup akan memastikan bahwa metabolisme berjalan optimal, stres Anda lebih terkelola, dan tekanan darah yang normal.

Terimakasih

rspkusolo.com dibuka pukul 17:20 WIB pada hari Jum’at tanggal 14 Mei 2021

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, Kesehatan Jantung, Jantung, Tips mencegah penyakit jantung, Tips menjaga kesehatan jantung,

Comments

Leave a Reply