Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Apa itu ginjal? Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah.

Oleh karena itu kita harus tau Tips menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh. Dengan hal itu  menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik. Berikut Tips Menjaga Kesehatan Ginjal :

1. Cukupi Kebutuhan Air

Cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Jika urine yang berwarna seperti jerami, atau bahkan lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi. Saat bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, juga perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

2. Pola Makan Sehat

Akan memastikan mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti dan nasi. Hindari makan terlalu banyak makanan asin atau berlemak.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Menjadi terlalu berat atau kelebihan berat badan akan meningkatkan tekanan darah, yang berdampak buruk bagi ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.

Baca juga:
Cara Merawat Rambut Tetap Sehat

4. Jangan Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti merokok sepenuhnya dan batasi jumlah alkohol yang kamu minum. Baik pria maupun wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit alkohol seminggu secara teratur.

5. Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter

Pemeriksaan kesehatan secara rutin berguna untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh dan mengantisipasi sejak dini jika ada risiko penyakit ginjal, Untuk lebih diwaspadai. 

6. Batasi konsumsi gula

Para ahli menyarankan agar siapa saja sebaiknya mewaspadai asupan gula karena bahan makanan manis ini bisa menjadi penyebab utama diabetes dan obesitas. Keduanya tidak baik untuk mendukung kesehatan ginjal.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Terimakasih

Kompas.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Comments

Leave a Reply