Tips Menjadi Guru Kreatif di Masa Pandemi

Menjadi guru kreatif dan inspiratif merupakan salah satu tuntutan yang harus di penuhi oleh seorang guru atau dosen apa lagi di masa pandemi covid-19 ini, guru harus berusaha lebih kreatif untuk mengajar murid-muridnya agar mereka tidak bosan atau tidak jenuh dengan pembelajaran yang begitu-gitu saja dan guru harus berusaha menjelaskan materi dengan baik agar mereka pun mengerti apa yang di jelaskan. Namun setiap guru pasti mengalami di mana mereka bingung bagaimana cara agar mereka bisa menjadi lebih kreatif dan inspiratif ?

Berikut merupakan tips-tips untuk para guru agar lebih kreatif dan inspiratif untuk mengajar para muridnya :

  1. Memperluas Wawasan

Di masa pandemi seperti ini, guru dapat memperluas wawasannya dengan cara mengikuti pelatihan online atau webinar. Selain itu guru juga dapat mempelajari hal-hal baru yang berkembang di zaman sekarang agar siswa pun tidak bosan dengan proses pembelajarannya.

2. Berbagi dan berdiskusi dengan guru lain

Seorang guru sangat di butuh kan yang namanya berdiskusi dengan guru lain, karena mereka bisa bertukar pikiran atau berbagi pengalaman dalam mengajar muridnya. Dan bukan itu saja mereka bisa membantu atau memberi saran satu sama lain.

3. Mengumpulkan atau mencatat ide

Sebaiknya seorang guru harus berpikir ide-ide yang menarik atau menemukan cara mengajar yang kreatif dari berbagai sumber seperti, webinar, buku atau pengalaman guru lain dan ide-ide tersebut sebaiknya di catat. Catatan tersebut dapat sangat berguna sebagai pedoman guru untuk mengajar murid-muridnya.

4. Melatih kreativitas guru

Kreativitas pada seseorang harus terus di latih agar terus berkembang dan tidak hilang. Para guru bisa melatih kreativitasnya dengan cara membuat suatu karya seperti puisi, lukisan, pantun atau bisa melakukan permainan yang menggunakan konsentrasi dan kreativitas berpikir. Dengan melatih kreativitas, guru dapat berpikir kritis dan menemukan solusi yang efektif setiap kali mengalami permasalahan.

5. Mulai bereksperimen

Menerapkan cara belajar mengajar yang sama secara terus menerus akan membuat siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran tersebut, guru dapat  melakukan eksperimen atau mencoba suatu hal baru dengan metode yang telah dipelajari atau di catat sebelumnya. Demikian tips-tips agar para guru selalu menjadi kreatif dan inspiratif untuk mengajar murid-muridnya di tengah pandemi covid-19 ini, tetap semangat dan selalu berpikir positif.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply