Tips Belajar Efektif dan Efisien

Cari arti kata KBBI?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Mau belajar efektif dan efisien, tapi gatau caranya?

Salam #MasBro #MbakBro

Berikut tips belajar efektif dan efisien.

Cara belajar efektif dan efisien mungkin dianggap menjadi hal yang sulit dilakukan, cara ini bahkan hanya dianggap sebagai sebuah slogan. Hal ini karena belum banyak yang mampu menemukan cara belajar yang efektif dan efisien yang sesuai dengan kondisinya pribadi.

Memang harus diakui bahwa, cara belajar efektif dan efisien bagi sebagian orang, belum tentu efektif dan efisien bagian sebagian lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara belajar yang efektif dan efisien, ada baiknya kita memahami dulu makna cara belajar efektif dan efisien
Belajar efektif adalah cara belajar yang sesuai dengan kondisi personal pembelajar, baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan belajar efesien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha tetapi mendapatkan hasil yang maksimal.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Yang diminimalkan disini juga berupa waktu, tempat, sarana dan prasarana belajar dan lain-lain. Biasanya seseorang belajar tidak terlalu lama, tetapi sangat menguasai materi tersebut, karena orang tersebut kemungkinan mempunyai cara efisien dalam belajar, selain metode yang mereka gunakan dalam belajar.

Yang perlu diingat disini adalah, tidak orang pintar atau bodoh dalam belajar, yang ada hanyalah orang malas, dan tak tahu cara belajar yang baik.

Baca juga: Hidup Sesuai Tatanan: Mulut Ga Usah Mikir Mau Makan Apa, Itu Kerjaan Otak Manusia Bisa Bosan Tapi Tuhan Ga

Berikut ini akan kami berikan tips belajar agar lebih efektif dan efisien. Silahkan disimak ya!

Belajar dalam Suasana Nyaman

Tidak mungkin belajar pada suasana yang hiruk-pikuk. Oleh sebab itu ciptakan suasana dan kondisi belajar yang nyaman. Jika tidak memungkinkan belajar di rumah, coba cari tempat lain yang tenang dan nyaman. Misalnya di tempat yang rindang dan hawa sejuk. Bebas dari kebisingan.

Tentukan Waktu Belajar Yang Baik Dan Tepat

Kapan waktu efektif belajar? Islam sudah mengajarkan kepada kita bahwa waktu efektif belajar yaitu setiap bangun pagi dan sore hari setelah tidur siang. Kedua waktu ini terbilang efektif dalam menimba ilmu. Karena kedua waktu ini saat dimana pikiran tenang dan suasana nyaman sehingga membuat kamu mudah memahami setiap pelajaran.

Tentukan Metode Belajar Menurut Hati

Setiap orang tentu memiliki cara belajarnya sendiri. Terkadang seseorang cocok dengan metode belajar A tetapi tidak cocok dengan metode balajar B. Maka terapkanlah metode belajar kamu sendiri.Namun ingat dalam metode belajar haruslah riang jangan menoton. Jadi jadikan metode belajar kamu bervariasi dan tidak jenuh apalagi bosan. Oleh karena itu pastikan saja kamu sudah menentukan metode yang tepat dalam belajar.

Belajar Dengan Disiplin

Belajar itu juga perlu mengatur waktu. Kapan kamu mememulai dan juga istirahat. Disiplin sangat diperlukan dalam menuntut ilmu. Sebab dari disiplin lah orang bisa menjadi sukses. Apabila dalam belajar kamu tidak disiplin maka cita-cita untuk menjadi oramng sukses akan terhambat. Buatlah daftar belajar lengkap dengan waktunya. Kemudian azzamkan dalam hati untuk bertekad menjalankan semua daftar yang telah dibuat.

Tulis Ulang Setiap Materi Yang Diajarkan

Setiap guru menjelaskan materi ajar maka sediakanlah buku catatan. Hal ini akan memudahkan kamu apabila mengulang pelajaran ketika di rumah. Selain dari pada itu, buatlah catatan khusus yang berisi materi inti dari setiap bab.

Biasakan Minum Air Putih Setiap Belajar

Belajar juga memerlukan energy yang cukup besar. Karena tidak hanya fisik yang dikuras tetapi pikiran juga ikut lelah. Sewaktu belajar, otak akan terus bekerja dan membutuhkan oksigen yang cukup banyak. Apabila saja otak kekurangan oksigen maka akan menyebakan kelapa pusing dan mata akan mudah mengantuk. Maka dari itu sediakanlah air disamping meja belajarmu.

Karena dengan meminum air putih akan membantu memulihkan pikiran yang sempat lesu dan mengembalikan konsentrasi. Namun perlu diingat terlalu banyak minum air juga akan menghilangkan konsentrasi berpikir. Jadi kamu harus proposional saat meminumnya.

Menjelang Ujian Jangan Terlalu Banyak Belajar

Mungkin kamu pernah dengar sistem belajar kebut semalam? Ya, ini merupakan sistem belajar yang keliru dan salah. Apabila kamu menerapkan hal ini maka yang terjadi tidak siapnya menjawab soal dan gerogi serta pusing. Sistem ini sangat merusaka cara berpikir kita, karena ini hanya akan membuat dan menimbulkna tekanan pada pikiran kita sehingga bukan ilmu yang bertambah malah sakit yang datang.

Learning By Discussion

Belajar sambil diskusi merupakan metode belajar yang sangat efektif. Dengan berdiskusi maka akan memudahkan kita bertanya dengan teman-teman. Dengan begitu tidak ada orang yang bodoh apabila ia berdiskusi dengan baik. Dengan berdiskusi juga maka pemikiran kita akan tertuang dan akan beradu argumen sebab ide yanga ada didalam pikiran kita akan terus tergali dengan sendirinya. Dengan berdiskusi juga akan membuat suasan belajar menjadi aktif.

Kurangi Menghapal Tapi Perbanyak Pehaman

Metode menghapal emang terbilang sukses untuk kasus tertentu. Kamu apabila menghapal dibarengi dengan mendengar maka akan jauh lebih efektif. Dalam beberapa kasus menghapal hanya mengingatkan materi sekejap saja. Namun apabila kamu mempelajari materi dengan konsep pemahaman maka akan jauh lebih baik dan ingat lebih lama.

Cintai Pelajaran Yang Kamu Suka Tanpa Menyampingkan Pelajaran Yang Lain.

Apabila dari sekian mata pelajaran di sekolah, kamu hanya menyukai pelajaran ilmu geografi maka dalami saja pelajaran tersebut dengan benar. Namun perlu diingat pelajari juga ilmu pelajaran yang lain meskipun tidak begitu kamu dalami. Karena dengan mencintai suatu pelajaran maka akan lebih mudah ilmu diserap.

Ini tidak lain karena kamu melakukannya dengan sepenuh hati maka hasilnya akan memuaskan. Atas dasar kecintaanlah maka pekerjaan akan mudah dirasa, Sehingga segala bentuk penghalang akan sirna dengan cinta terhadap pelajaran.

Banyak orang yang sukses juga karena dia mencintai apa yang dia pejari. Mungkin kamu yang membaca ini sudah mengetahui apa materi apa yang kamu cintai.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
logique.co.id dibaca 18:27 WIB pada hari Senin tanggal 08 Juni 2020

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci yang sering dicari …
tulisIN, hukumIN, September 2021, September, 2021,
Tips Belajar Efektif dan Efisien


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply