Timnas Indonesia Punya 27 Rahasia yang Gak Banyak Orang Tau : #KitaIndonesia

Apa Aja 27 Rahasia Timnas Indonesia?

Semua orang suka nonton bola
Apalagi liat timnas bertanding
Menang yaitu tujuan main bola
Pasti untuk ukir prestasi dong

Salam Mas Bro dan Mbak Bro!

Gimana penilaian Mas Bro dan Mbak Bro tentang Timnas Indonesia? Hebat kan?

Timnas Indonesia belum lama ini kembali menorehkan prestasi di ajang AFF U-16 2018. Setelah berhasil mengalahkan Thailand di partai final. Kemenangan ini pun akan menjadi sejarah dan kado yang indah untuk HUT RI ke-73. Masih dalam euphoria pertandingan, timnas Indonesia akan kembali berlaga di ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia.

Di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), timnas Indonesia seakan menjadi tumpuhan harapan untuk meraih gelar juara di ajang bergengsi tersebut. Untuk itu, Mas Bro dan Mbak Bro sebagai warga Indonesia yang baik udah sepantasnya memberikan dukungan yang terbaik bagi punggawa garuda ini ya.

Pada ulasan kali ini akan membahas 27 rahasia timnas Indonesia yang gak banyak orang tau. Yuk, simak ulasannya di bawah ini agar Mas Bro dan Mbak Bro semakin tau.

 

Apa Aja 27 Rahasia Timnas Indonesia?

1. Indonesia negara Asia pertama yang berlaga di Final Piala Dunia

Timnas Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda merupakan negara di Asia yang pertama berlaga di final Piala Dunia 1938 di Prancis. Tim nasional yang diperkuat sejumlah pemain dari suku Maliku, Jawa, Tionghoa dan Indo-Belanda ini dikalahkan oleh Hongaria 0-6. Pertandingan ini diselenggarakan di Stadion Reims pada tanggal 5 Juni 1938.

2. Kapten Timnas di Piala Dunia 1938 Berprofesi Sebagai Dokter

Achmad Nawir yang menjadi kapten tim Hindia Belanda ini merupakan berprofesi sebagai dokter. Pemain kepercayaan pelatih Johannes Christoffel van Mastenbroek ini adalah pemain bertahan dari klub Soerabajasche Voetbal Bond.

3. Bermain Bola dengan Memakai Kacamata

Achmad Nawir yang merupakan kapten Timnas Indonesia saat itu, berlaga dengan mengenakan kacamata. Hal ini memang terlihat tidak lazim dan jarang dilakukan oleh pemain dari negara lain.

4. Penyerang Legendaris Timnas Indonesia Berprofesi sebagai Tukang Becak

Andi Ramang, seorang penyerang legendaris asal Makassar ini berprofesi sebagai tukang becak menjelang kemerdekaan. Lalu ia bergabung dengan Persatuan Sepak Bola Induk Sulawesi untuk sebuah kompetisi yang kala itu melawan PSM Makassar.

5. Memiliki Tiga Pemain Bermarga Tan

Pemain-pemain keturunan Cina sebelum Orde Baru memang menjadi andalan Timnas Indonesia. Pada Piala Dunia 1938 di Prancis terdapat tiga pemain bermarga Tan. Pemain-pemain ini adalah Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja) sebagai penyerang, Tan See Han (HBS Soerabaja) sebagai penyerang dan seorang kiper Tan “Bing” Mo Hen dari klub HCTNH Malang.

6. Meraih Gelar Juara Pertama AFF U-16 2018

Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih gelar juara pertamanya di ajang piala AFF U-16 2018 melawan Thailand. Sejak pertama kali ajang tersebut diadakan di tahun 2002, Indonesia belum pernah mendapatkan juara sekalipun. Di tahun 2013, timnas Indonesia meraih posisi runner-up.

7. Memiliki Suporter yang Luar Biasa

Sebagai warga Indonesia memang sudah sepantasnya untuk selalu mendukung atlet-atlet timnas Indonesia ketika berlaga. Suporter Indonesia selau memenuhi stadion setiap kali tim nasional bertanding, gak jarang mereka sering menampilkan koreografi keren sebagai sebuah dukungan.

8. Mengandalkan Kekompakan

Salah satu kelebihan dari tim nasional Indonesia yang paling menonjol adalah kekompakan. Kekompakan inilah yang akan membantu timnas bermain bagus. Meskipun di dukung oleh pemain yang mumpuni jika gak ada rasa kekompakan sepertinya akan terlihat sia-sia.

9. Kurangnya Chemistry Ketika Berlaga

Kelemahan dari timnas Indonesia ini salah satunya adalah kurang chemistry ketika pertandingan. Para punggawa timnas ini kurang memiliki waktu bertemu, sehingga membuat pemain kurang chemistry dan gak beradaptasi dengan baik.

10. Kelemahan dalam Membaca Permainan

Timnas senior Indonesia nampaknya memiliki kelemahan dalam membaca permainan atau reading game. Menurut pelatih timnas, menerapkan strategi yang bagus akan dapat dilakukan kalo para pemain memiliki kemampuan untuk membaca strategi dengan baik.

11. Pelatih Indra Sjafri Pernah Bekerja Sebagai Pegawai Kantor Pos

Setelah berkiprah menjadi pemain dan pelatih PSP Padang, Indra Sjafri sempat menjadi pegawai PT. Pos Indonesia di Padang, Sumatera Barat. Hal tersebut disebabkan oleh karir sepak bola Indra sempat terhenti. Kini ia kembali lagi membantu PSSI untuk melatih timnas Indonesia.

12. Indra Sjafri Mantan Pemandu Bakat PSSI

Indra Sjafri dikenal sebagai pelatih timnas Indonesia yang memiliki segudang prestasi. Namun, sebelumnya ia pernah bertugas menjadi seorang instruktur dan pemandu bakat di PSSI sejak tahun 2009. Ia juga sempat menjadi pelatih untuk timnas junior U-12 dan U-17 serta asisten pelatih timnas senior di tahun 2012.

13. Indonesia Hampir Mengalahkan Uni Soviet di Tahun 1956

Timnas Indonesia menahan imbang Uni Soviet 0-0 pada babak perempat final Olimpiade Melbourne di tahun 1956. Indonesia nyaris mengalahkan Uni Soviet di menit ke-84 melalui tendangan Andi Ramang yang bermain untuk PSM Makassar kala itu. Namun, gerakan cepat dan menepis bola dengan ujung jari dari kiper legendaris Lev Yashin menggagalkan harapan tersebut.

14. Pemain Keturunan Cina menjadi Andalan Timnas Indonesia

Beng Ing Hien, Tan Liong Houw, Phwa Sian Lionh, Thio Him Tjiang dan Kwee Kiat Sek merupakan pemain kunci pertahanan pada Olimpiade 1956 di Melbourne. Saat itu mereka berlaga dalam pertandingan melawan Uni Soviet dengan hasil imbang 0-0.

15. Antun Pogacnik Pelatih Tersukses Timnas Indonesia

Antun ‘Toni’ Pogacnik merupakan mantan pelatih tim nasional Yugoslavia. Ia mampu mengantarkan Indonesia masuk menjadi salah satu semifinalis di ajang Asian Games 1954 di Manila, serta menahan imbang Uni Soviet di Olimpiade Melbourne tahun 1956, meraih medali perunggu di Asian Games di Tokyo tahun 1958 dan bahkan Indonesia nyaris melaju ke putaran final Piala Dunia 1958 di Swedia.

16. Diplomasi Sepak Bola Indonesia dan Yugoslavia

Mantan pelatih timnas Yugloslavia, Anton ‘Toni’ Pogacnik ini adalah pemain gelandang bertahan timnas Yugoslavia sebelum menjadi pelatih tim nasional tersebut. Pada tahun 1954, Presiden Soekarno meminta Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito agar Pogacnik melatih timnas Indonesia.

17. Menolak Lawan Israel

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Cina di laga kandang dan tandang yang membuatnya lolos di kualifikasi babak kedua Piala Dunia 1958 Swedia. Indonesia kemudian tergabung ke dalam grup bersama Mesir, Israel dan Sudan. Karna sikap Politik inilah timnas Indonesia menolak lawan Israel.

18. Pemain Mampu Menjaga Emosi

Kelebihan dari timnas junior Indonesia ini adalah mampu menjaga emosi selama pertandingan. Biasanya di level turnamen U-16, para pemain Indonesia mudah terprovokasi ketika kehilangan fokus dan tidak bisa menjaga emosi.

19. Menang Adu Penalti

Timnas Indonesia U-16 berhasil menyabet gelar juara karena tendangan penalti empat eksekutor ini berhasil membobol gawang Thailand 4-3.

20. Trending Topic Dunia

Gelar juara AFF U-16 2018 nampaknya menjadi momen yang paling ditunggu. Supporter Indonesia pun memberikan dukungan melalui tagar #TimnasDay dan #IndonesiaJuar yang menjadi trending topic dunia.

21. Stadion Gelora Delta Sidoarjo Menjadi Saksi Sejarah

Stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi saksi sejarah keberhasilan timnas Indonesia di ajang AFF U-16 2018 dan Piala AFF U-19 di tahun 2013.

22. Gelar Ketiga di bawah Asuhan Fakhri Husaini

Sebelum AFF U-16 2018, timnas junior berhasil menjuarai turnamen JENESYS di Jepang dan Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam.

23. Timnas U-16 Terproduktif

Berhasil mencetak rasio 3,2 gol di setiap pertandingan dan hanya kemasukan 4 gol selama 7 pertandingan.

24. Tidak terkalahkan

Timnas junior Indonesia ini sejak pertandingan awal hingga ke final nampak semakin gak terkalahkan, dengan perolehan skor yang bagus di setiap laga.

25. Meraih top scorer

Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri berhasil menyabet gelar top scorer untuk timnas Indonesia U-16. Ia mampu mencetak sebanyak 12 gol selama masa turnamen.

26. Squad masa depan

Timnas Indonesia U-16 ini nantinya akan menjadi tim nasional di masa depan jika mereka konsisten dan mampu bersaing di ajang yang lebih tinggi.

27. Skill pemain luar biasa

Timnas Indonesia nampaknya akan menjadi squad yang lebih baik dengan pemain berskill luar biasa, mental baja dan mampu menjaga emosinya.

Itulah 27 rahasia Timnas Indonesia yang gak banyak orang tau.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Timnas Indo jangan anggap remeh
Ada segudang prestasi yang diraih
Karna timnas punya rahasia bermain
Yang gak boleh dianggap main-main

#BolaKita
20180901 0601 WIB Sabtu
Rumah Semarang

Comments

Leave a Reply