Teks Biografi

Halo, perkenalkan nama saya Melani Retno Cahyani. Saat ini saya masih duduk di kelas 10 tepatnya di SMK Wikrama Bogor. Hari ini, tepatnya hari Senin, 12 April 2021 seperti biasa sekolah online yang dimulai dari jam 08:00 hingga 11:15. Setelah saya selesai sekolah online, saya melanjutkan mengulang materi mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai “Teks Biografi”. Untuk menambah wawasan kalian mengenai pancakaki, saya akan membahasnya dan memberikan ilmu yang saya dapatkan hari ini serta yang saya pahami. Yuk langsung aja kita bahas!

Teks biografi merupakan teks pribadi atau riwayat hidup kita sendiri yang ditulis oleh orang lain, atau riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi merupakan riwayat hidup yang ditulis atau dibuat oleh diri sendiri. Biografi merupakan salah satu bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis mengikuti aturan urutan waktu. Cerita ulang fakta antara lain catatan sejarah, biografi, autobiografi, dan berita di media massa.

Adapun struktur teks biografi yaitu:

  1. Orientasi => Informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya
  2. Kejadian penting => Rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis menurut urutan waktu. Meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh.
  3. Reorientasi => Berisi komentar evaluatif/pernyataan simpulan (sifat opsional)

Pola Penyajian:

  1. Alur cerita
  2. Sudut pandang
  3. Gaya penulisan
  4. Fokus penceritaan

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya share mengenai pancakaki kepada teman-teman semuanya. Semoga bermanfaat yaaa. Jika ada yang kurang atau kesalahan mohon dikoreksi dengan komen di bawah ini!


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply