TEKNIK MEMASAK YANG TEPAT

Kadang kita bingung mencari tahu mengapa hidangan yang dibuat, kurang enak atau kurang pas rasanya padahal sudah dibuat dari bumbu yang benar. Kadang cara memasak memang kurang dapat perhatian karena setiap orang membawa cara memasak sendiri sendiri. dan merasa teknik nya sudah benar. Di artikel ini anda akan menemukan teknik memasak yang perlu anda ketahui. 

Secara umum masakan yang kita masak di matang kan dengan cara di tumis, digoreng, direbus, dipanggang. Semua cara mematangkan ini punya trik yang harus dilakukan agar hasilnya enak. Mari kita lihat satu persatu :

MENUMIS 

Menumis dilakukan di dalam sedikit minyak atau margarin yang sudah dipanaskan. Yang perlu diperhatikan :

  • Minyak atau margarin harus panas betul.
  • Bumbu adalah bahan yang harus dimasukkan pertama kali. Aduk hingga harum betul. Sebelum harum, jangan masukkan bahan lainnya.
  • Jika menggunakan daging mentah (yang belum direbus), masukkan dahulu sebelum bahan lainnya. Aduk sampai berubah warna. Baik juga ditambahkan air sedikit untuk mematangkan daging.
  • Ketika menumis sayuran,masukkan bumbu kalau sayuran sudah setengah layu. 

MEREBUS

Merebus dapat didahului dengan penumisan atau langsung merebus. Yang didahului proses menumis seperti soto dan rawon. Yang langsung direbus, misalnya rendang. Proses penumisan biasanya untuk menghilangkan langu bumbu. Nah perhatikan hal berikut :

  • Yang didahului proses menumis, bumbu harus harum dulu sebelum dimasukkan bahan lain.
  • Yang direbuas langsung dan menggunakan banyak bumbu,perebusan harus dilakukan lama agar masakan tidak berbau langu.
  • Merebus ayam atau daging yang berkuah banyak, dilakukan di air dingin. Misal, soto, sop, pindang.
  • Merebus ayam atau daging berkuah sedikit seperti rendang, lakukan di dalam air mendidih. 

MENGGORENG 

  • Menggoreng ayam, ikan, udang, telur rebus, cumi, tahu sebaiknya di dalam minyak panas sekali supaya makanan bisa matang seketika. Bagian luarnya kering, bagian dalam tetap basah dan lembut. 
  • Menggoreng ayam dari mentah (belum diungkep) harus dilakukan di atas api kecil supaya matang dengan sempurna sampai ke bagian dalam.
  • Menggoreng kacang harus di atas api kecil karena butuh waktu lama untuk mematangkannya. Ada cara yang baik kalau tak mau kacang terlalu lama bersentuhan dengan minyak. Panggang dahulu kacang setengah matang.
  • Tidak semua makanan harus diaduk-aduk selama digoreng. Beberapa masakan malah jangan diaduk sebelum bagian bawahnya kering. Jadi hanya dibalik saja.
  • Panasnya minyak juga harus diperhatikan. Tahu, misalnya harus digoreng di dalam minyak panas. Tetapi ada bahan makanan lain yang cukup digoreng dalam minyak panas sedang.

MEMANGGANG

Proses memanggang adalah mematangkan makanan di atas pan atau di dalam oven. Memanggang di dalam pan biasanya dilakukan untuk makanan yang bisa matang dalam waktu cepat. Sementara anda tetap bisa memanggang makanan yang cepat matang atau lama di dalam oven. 

Alasi pan atau loyang tempat meletakkan makanan dengan daun pisang atau aluminium foil agar makanan tidak menempel di pan atau loyang. Yang perlu diketahui, makin lama makanan dipanggang,makin terjadi penguapan sehingga makanan menjadi keras. Karena itu penting mengatur suhu supaya makanan bisa matang cepat.

Selain memanggang ada istilah membakar. Makanan yang dibakar biasanya dimatangkan di atas bara api. Misalnya, di atas bara. Proses mematangkan di atas bara perlu kepandaian menjaga api. Api harus betul betul berbentuk bara, tidak menjilat jilat. Karena itu harus dikipasi. Akan lebih menyehatkan bila makanan yang dipanggang, dilumuri bumbu lebih tebal.

MENGUKUS/MENGETIM

Proses mematangkan makanan dengan uap ini sangat sehat dan membuat makanan terasa natural. Kaldu yang dihasilkan pun akan lebih gurih karena tidak banyak bersentuhan dengan air. Jangan mengetim makanan terlalu lama. Karena makin lama pengetiman, makanan biasanya akan memadat. 

MEMEPES

Memepes adalah proses mematangkan makanan di dalam daun dengan cara dikukus dan atau dipanggang. Makin lama pengukusan biasanya, makin meresap bumbunya ke dalam makanan yang di pepes. Perhatikan pula beberapa hal berikut ini ketika memasak : 

  • Jahe, serai dan lengkuas harus dimemarkan dahulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan.
  • Bawang putih sebaiknya dimemarkan sebelum dicincang. 
  • Kemiri, merica butiran, dan ketumbar harus disangrai dahulu sebelum digunakan agar lebih harum. 
  • Daun bawang dan daun jeruk sebaiknya dimasukkan di akhir proses memasak agar harum nya tetap terasa ketika disajikan.
  • Terasi harus dibakar dahulu sebelum digunakan.
  • Memasukkan daun jeruk, buang dahulu tulang daun nya agar masakan tidak getir. 

( sumber MEMASAK LEZAT DENGAN TEKNIK YANG BENAR , Penerbit PT MEDIA BOGA UTAMA )


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply