Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Tau gak sih tanaman apa saja yang asli dan tumbuh di Indonesia? 

Salam #MasBro #MbakBro
Hutan tropis ini menjadi habitat dari sebagian besar populasi spesies dari 17 persen spesies flora fauna dunia yang ada di Indonesia. Beberapa di antaranya dikategorikan sebagai tumbuhan langka di Indonesia yang terancam punah. Apa saja tanaman langka yang tumbuh di Indonesia?

Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Beragam tanaman hias maupun tumbuhan langka di Indonesia pun bisa tumbuh di negara sub-tropis. Hal ini dikarenakan tanah di Indonesia ini sangat subur. 

1. Rafflesia Arnoldii

Rafflesia Arnoldii - Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Rafflesia Arnoldi merupakan tanaman langka dengan ciri khasnya yang berbintik-bintik, bunga kemerah-merahan ini dikenal juga sebagai bunga terbesar di dunia dalam hal diameter (Diameter terbesar yang pernah tercatat adalah 105 cm dengan berat mencapai 11 kilogram).

Namun bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati. Bunga ini tidak dapat hidup langsung di tanah. Kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada tumbuhan inang. Tanaman ini merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatra, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatra Selatan)

2. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai - Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Sering dianggap sama, namun sebenarnya bunga bangkai dan Rafflesia Arnoldi berbeda. Jika bunga rafflesia memiliki nama latin Rafflesia maka bunga bangkai, memiliki nama latin Amorphophallus. Bunga bangkai memang tergolong bunga raksasa yang mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk tersebut bertujuan untuk mengundang serangga yang membantu proses penyerbukan. Habitat aslinya adalah Hutan Sumatera namun kini dilestarikan di Bandung tepatnya di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda.

3. Kantong Semar

Kantong semar - Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yang banyak tumbuh liar di hutan Kalimantan. Kantong semar termasuk tumbuhan karnivora karena dapat memakan berbagai serangga. Kantong semar harus menunggu hingga usia dewasa untuk dapat memangsa serangga. Tumbuhan karnivora ini mempunyai kelenjar nectar di bagian tutup kantong. Jika sudah banyak serangga yang terjebak, maka kantong akan langsung tertutup. Kemudian kantong semar akan mencerna serangga untuk diambil nutrisinya.

Baca Juga
1. Manfaat Kunyit Asem untuk Tubuh 
2. Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

4. Bunga Edelweis

Bunga Edelweis - Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Anaphalis javanica atau edelweis menjadi salah satu jenis bunga yang masuk daftar tanaman langka. Bunga ini mudah tumbuh di pegunungan Jawa, bahkan menjadi tanaman yang pertama tumbuh setelah erupsi. Bunga ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Bunga ini mekar antara bulan April hingga Agustus dan usianya mampu mencapai 100 tahun. Makannya bunga ini sering disebut sebagai bungan abadi

5. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam - Tanaman-Tanaman Langka Asli Indonesia

Anggrek hitam memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurat, dengan warna bunga yang khas yaitu kehitaman pada area lidah bunganya. Disebut juga sebagai Kersik Luai dan Tersebar di daerah Kalimantan Timur. Orang Inggris biasa menyebut bunga ini dengan Black Orchid. Ciri-ciri Anggrek hitam diantaranya kelopaknya yang membentuk lanset, dengan dominasi warna hijau panjang dan lancip, mahkotanya membentuk lanset melancip, dan daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang.

Kesimpulan

tanaman langka yang ada di Indonesia harus dijaga kelestariannya agar tidak punah. Jadi mana nih tanaman langka yang pernah kamu lihat? 

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 11:29 WIB pada Hari Senin tanggal 24 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Tanaman Langka Asli Indonesia, Anggrek Hitam, Bunga Edelweis, Kantong Semar, Bunga Bangkai, Rafflesia Arnoldii, Tanaman Indonesia, Tumbuhan, 

Comments

Leave a Reply