27++ Suku di Indonesia yang Paling Terkenal

Suku Apa Sih yang Paling Banyak Diimongin di Indonesia?
Kenapa Suku Itu Sering Menjadi Bahan Obrolan?

Suku apakah yang paling terkenal?
Adakah yang punya pertanyaan sama
Ingat ini bukanlah pertanyaan final
Disini kita kan kita obrolin bersama

Salam Mas Bro dan Mbak Bro.

Asalnya darimana?

Pertanyaan ini sering kita dengar setiap datang ketempat baru. Kalo misal dijawab dari Solo Bang, oh Orang Jawa ya. Kalo dijawab Medan Mas, wah Horas bah habis beras makan gabah. Lalu kalo dijawab saya Madura Kang, sate masih sate?

Indonesia dikenal dengan lambangnya Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetep satu. Karna berbagai macam suku dan ras yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia.

Suku di Indonesia punya beranekaragam ciri khas dan tradisi yang ada pada setiap provinsi. Persebaran suku ini membentang dari Kepulauan Sabang sampai Merauke.

Data dari sensus BPS tahun 2010, ada lebih dari 300 kelompok ras etnis suku bangsa di Indonesia. Itu sekitar 1300 suku bangsa yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Pulau Jawa ada di posisi pertama suku bangsa terbesar di Indonesia. Sekitar kurang lebih 40% dari total jumlah suku di Indonesia.

Selain suku bangsa yang ada dipulau besarnya. Suku di Indonesia juga tersebar hingga ke daerah yang terpencil. Dengan tempat yang terpencil dan jauh dari keramaian, suku ini hanya beranggotakan ratusan orang ato bisa dibilang punya populasi yang kecil.

Oh ya sebelum terlalu jauh #MasBro / #MbakBro. Perlu ingat ini bukan soal SARA ya. Tapi dalam #SeninBerbudaya kali ini. Kita perlu ngobrol soal suku apa sih yang paling sering jadi bahan obrolan di Indonesia.

27++ Suku di Indonesia yang Paling Terkenal

Sekedar berbagi aja. Urutan bukan berdasarkan tingkat paling terkenalnya ya.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar elshinta.com
Sumber Gambar elshinta.com

Suku-suku di Indonesia ini kita bagi menjadi 2 ya. Suku Asli Indonesia dan suku pendatang yang udah menjadi bagian dari Indonesia.

Suku Asli Indonesia
>>

1. Suku Betawi

Kita Suku Betawi sangat beruntung dengan keberadaan asal kita di ibukota negara tercinta ini. Karna ga bisa dipungkiri itu sangat berpengaruh terhadap kepopuleran Suku Betawi.

Liat aja bintang film tahun 90an kebawah kebanyakan orang Betawi kan. Ada Mas Bro Benyamin Sueb. Hal-hal yang sering dibahas adalah Suku Betawi. Tau Si Doel dan Samson Betawi kan?

Ingat dong sama logat yang kental, lo dan gue.

Liat seberapa kuatnya budaya Suku Betawi kita, sampai orang ga gaul kalo ga pake bahasa lo gue nya.

Kenapa Betawi?

Bukankah dari hari ke hari suku Betawi semakin tersisihkan dari Jakarta sehingga semakin tenggelam keberadaan dan pamornya?

Suku Betawi dikenal dunia karna adat yang terlalu tebal. Punya rasa yang kuat buat ga menyerah. Suku Betawi pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, memang sangat dikenal.

Ngomongin soal Indonesia dan Jakarta, pasti suku Betawi ikut kebawa. Apalagi di Betawi terkenal dengan silatnya, dan budayanya yang sangat khas.

Artinya, meskipun keberadaan suku Betawi ini semakin tenggelam.

Karna digusur oleh kemajuan Jakarta. Tapi pamor Betawi ga pudar di dunia internasional.

Salah satu kekuatan Betawi menjadi terkenal di dunia. Karna letak Ibu kota negara ini ada di suku Betawi. Itulah yang membuat Betawi dengan segala kelebihan budaya yang punya menjadi terkenal.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar www.satujam.com
Sumber Gambar www.satujam.com

2. Suku Jawa

Suku Jawa
Asal Provinsi : Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung
Populasi : 95,2 jiwa
Persentase : 40,2%

Selanjutnya Kita Suku Jawa, punya persamaan dengan popuaritasnya Suku Betawi tadi. Suku Jawa karna berada dekat dengan lingkungan ibukota. Ditambah lagi menjadi tempat terjadinya banyak peristiwa bersejarah.

Banyak tokoh lama yang berasal dari kampung halaman Suku Jawa kita.

Medoknya yang kental menjadi ciri khas orang jawa. Ciri ini juga yang sering keliatan waktu ada sinetron dan film. Kalo ada yang medok, udah pasti otak kita mengarah ke Orang Jawa.

Hmm, ya kan?

Nggih doro.

Kenapa suku Jawa jadi suku pertama yang masuk dalam skala kepopulerannya di dunia internasional?

Suku Jawa adalah satu suku Indonesia yang paling mendunia.

Karna suka Jawa merupakan mayoritas di Nusantara. Hampir di semua negara juga ada orang Jawanya. Suriname, misalnya merupakan sebuah negara yang dihuni oleh mayoritas orang-orang suku Jawa.

Selain itu, suku Jawa sendiri punya banyak tradisi yang unik. Mulai dari wayang, tradisi yang adi di suku Tengger, ato di Badui dengan segala mistiknya, ato Reog Ponorogonya, Debusnya, dan lain-lain.

Semua itu tuh yang buat suku Jawa cukup populer di mata dunia dan menempati posisi pertama.

Baca Juga 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar hudiblog.wordpress.com
Sumber Gambar hudiblog.wordpress.com

3. Suku Batak dari Sumatera Utara

Suku Batak
Asal Provinsi : Sumatera Utara

Nama suku Batak adalah sebuah sebutan kolektif yang dipake buat para penduduk dari Tapanuli dan Sumatera Utara. Suku ini pun terbagi dalam beberapa bagian dari Suku Batak. Meski sebenernya ga cuma orang batak yang tinggal di Sumatera Utara.

Seperti misalnya Suku Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Mandailing, dan Batak Karo. Suku Batak sangat dikenal dengan pribadinya yang tegas dan pekerja keras.

Kita Suku Batak, akhirnya pecahin pemikiran bahwa suku yang akan menjadi terkenal, kalau dekat dengan pusat kota.

Karna Suku Batak kita ini yang berasal jauh dari ujung barat Indonesia. Bisa menjadi salah satu suku yang sering jadi bahan obrolan dan bagian cerita dalam film.

Selain itu Orang Batak juga dikenal kan dengan suku yang punya suara bagus.

Kita Suku Batak juga mengambil dalam peristiwa duka di sejarah Indonesia. Tewasnya salah satu jenderal Batak dalam peristiwa G 30 S PKI.

Horas bah.

suku di indonesia

Mengapa suku Batak?

Juga kenapa suku Batak diposisiin sebagai yang ke-2 dalam posisi keterkenalannya di dunia internasional?

Suku ini awalnya dipopulerin di dunia sebagai suku yag hebat. Karna berbagai faktor budayanya yang kaya dan unik, dengan kekayaan alamnya yang hebat.

Suku Batak dikenalkan ke dunia internasional., pertama kali sama Calvin Arlodien, orang Perancis. Dia didorong sama kekayaan alam dan budayanya.

Awalnya memang Calvin liat bahwa di Tanah Batak terdapat kekayaan alam, khususnya sebagai sumber tanaman obat-obatan.

Danau Toba, juga menjadi pertimbangan, kenapa suku Batak dikenal di dunia internasional. Danau Toba memang adalah danau terbesar sekaligus terindah di Asia.

Hanya aja letaknya jauh dari ibukota negara inilah yang membuat pamornya kurang, terutama di Indonesia.

Tapi …

Keindahan Danau Toba dengan keragaman suku dan budaya di sekitar nya, buat pamornya di dunia internasional.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar fariddikiperdana.blogspot.com
Sumber Gambar fariddikiperdana.blogspot.com

4. Suku Madura

Meski jauh diujung luar Pulau Jawa tapi kita Suku Madura sering jadi bahan obrolan juga. Apalagi soal sate, besi, clurit, baju khas mereka, dan tentu karapan sapinya.

Logatnya yang dibawa sama pasangan pelawak Doyok dan Kadir ke pentas film nasional ini juga makin ngangkat popularitas Suku Madura kita ini.

Bo’ abo’.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar tfrisya.wordpress.com
Sumber Gambar tfrisya.wordpress.com

5. Suku Minangkabau

Kita Suku Minangkabau adalah suku lain yang terkenal dari Pulau Sumatera. Suku yang punya sistem matrilineal ini juga punya logat sendiri.

Uda..

Karna sistem keturunan yang ngikut Ibu ini, Padang punya kebudayaan yang berbeda jauh dari suku-suku lainnya. Kita Suku Padang perlakuin perempuan sama seperti laki-laki di sistem suku-suku lainnya.

Beberapa keunikan yang ada di suku Minangkabau yang membuat suku itu terkenal di dunia internasional,  adalah dari sisi tradisi perkawinan dengan sistem matriakalnya. Di dunia ini, suku yang punya tradisi matriakal yang paling besar adalah Minangkabau.

Matrilineal adalah salah satu aspek utama dalam definisiin identitas masyarakat Minang. Adat dan budaya mereka nempatin pihak perempuan bertindak sebagai pewaris harta pusaka dan kekerabatan. Garis keturunan dirujuk kepada ibu yang dikenal dengan Samande (se-ibu), sedangkan ayah mereka disebut oleh masyarakat dengan nama Sumando (ipar) dan diperlakukan sebagai tamu dalam keluarga.

Satu hal lain yang membuat Minangkabau dikenal adalah masalah rendangnya yang menempati posisi nomor satu sebagai masakan paling enak di dunia. Selain rendang, juga nasi Padangnya.

Rendang daging sapi yang tengah dihidangin dengan ketupat, wow, enaknya. Dunia pun mengakuinya.

Di Malaysia dan Singapura, masakan Padang sangat populer. Belum lagi masakan lainnya yang khas antara lain Asam Pedas, Soto Padang, Sate Padang, dan Dendeng Balado. Masakan ini umumnya dimakan langsung dengan tangan.

karya superadventure.co,id

6. Suku Papua

Setelah dari Sumatera kita terbang jauh ke pulau terjauh.

Kita Suku Papua, terkenal karna ciri fisik yang sangat jelas istimewa dibandingin dengan suku lain di Indonesia. Ditambah lagi dengan logatnya yang khas.

Ahh, kayanya Indonesia.

Film tentang Epen dan Cupen toh menambah deretan popularitas Suku Papua kita di Indonesia.

Sayangnya keberadaan PT Si Tukang Gali Emas juga menambah popularitas. Apa tindakan mu Indonesia?

Udah taulah sekarang kan?

50% lebih jadi punya kita.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar suku-dunia.blogspot.com
Sumber Gambar suku-dunia.blogspot.com

7. Suku Ambon

Selanjutnya yang sangat berdekatan adalah kita Suku Ambon.

Suku asli yang tinggal di Pulau K kecil ini juga dikenal sebagai suku dengan suara bagus. Selain ciri fisik mereka yang hitam manis dan logatnya yang juga tentu khas.

Tau bambu gila darimana asalnya?

suku di indonesia

8. Suku Sunda

Suku Sunda
Asal Provinsi : Jawa Barat

Suku Sunda adalah suku ato etnis terbesar ke 2 di Indonesia setelah Suku Jawa. Banyak yang udah mengenal Suku ini dengan permainan musiknya yaitu permainan alat musik bernama angklung. Selain itu suku ini juga dikenal punyai pakaian adat kebaya yang menjadi ciri khasnya.

Suku Sunda kita ini juga terkenal sama kayak Suku Betawi dan Suku Jawa. Faktor geografis jadi hal utama yang dukung popularitasnya.

Sering menjadi bahasan di tipi-tipi. Buktinya dengan budaya sarung yang dikalung bisa dikenal banyak orang. Terimakasih Kang Kabayan.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar kisahasalusul.blogspot.com
Sumber Gambar kisahasalusul.blogspot.com

9. Suku Dayak

Suku Dayak kita adalah pewakilan dari Pulau Kalimantan. Suku yang diperkirain berasal dari keturunan Ras Mongolid di Asia ini terkenal karna budaya yang etnik.

Kenapa bisa diperkirain menjadi keturunan dari Ras  Mongoloid?

Karna dulu sekitar 2000 tahun lalu sebelum masehi, Kalimantan masih belum dipisahin lautan dengan Benua Asia yang kita kenal sekarang.

Suku Dayak?

Keren!

Suku Dayak adalah suku terbesar di pulau Borneo termasuk Indonesia, Malaysia dan juga Brunei. Selain terkenal dengan mistisnya. Suku Dayak  juga terkenal dengan kebudayaan budaya tato.

Di zaman Belanda, apalagi Jepang, suku Dayak sangat ditakuti. Karna banyak tentara Jepang yang tewas sama Panglima Burung. Panglima ini paling ditakuti oleh Jepang, juga suku Indonesia lainnya. Bahkan suku Dayak sendiri.

Sejak saat itu, suku Dayak menjadi terkenal di mata dunia internasional. Ditambah lagi dengan banyak keunikan suku Dayak dan kekayaan alam yang dipunya. Itulah alasan yang buat suku Dayak sangat ingin diketahui oleh dunia internasional.

Itu yang membuat dari hari ke hari, semakin banyak turis datang ke Kalimantan hanya buat liat budaya Dayak dengan segala keunikannya.

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar dioardi.wordpress.com
Sumber Gambar dioardi.wordpress.com

10. Suku Bali

Kita Suku Bali ga hanya terkenal di Indonesia tapi juga didunia. Berkat wisatanya yang aduhai banyak orang di nasional dan internasional mengenalnya.

Bahkan bukan hal yang aneh kalau orang bule lebih kenal Bali daripada Indonesia.

Betul bli?

Suku Bali (bahasa Bali: Anak Bali, Wong Bali, ato Krama Bali) adalah suku bangsa mayoritas di pulau Bali, yang pake bahasa Bali dan mengikuti budaya Bali.

Beberapa hal yang membuat suku Bali terkenal adalah tradisi dan budayanya. Udah lama Bali terkenal akan seni tari, seni pertunjukan, dan seni ukirnya.

Covarrubias mengamati bahwa setiap orang Bali layak disebut sebagai seniman, sebab ada berbagai aktivitas seni yang dapat mereka lakukan—lepas dari kesibukannya sebagai petani, pedagang, kuli, sopir, dan sebagainya mulai dari menari, bermain musik, melukis, memahat, menyanyi, hingga bermain lakon.

Dalam suatu desa yang jauh dipedalaman sekalipun ada …

  1. Pura yang indah;
  2. Pemain gamelan andal;
  3. Aktor berbakat.
  4. Bahkan sesajen yang dibuat wanita Bali punya sisi artistik pada jalinan potongan daun kelapa dan susunan buah-buahan yang rapi dan menjulang.

Menurut Spies seorang pengamat asing …

Seni tarilah yang membuat utuh kehidupan masyarakat Bali. Sekaligus menjadi elemen penting dalam serangkaian upacara adat maupun pribadi yang ga ada habisnya.

Satu hal yang membuat Bali terkenal, tentu wisatanya, yang sering nempatin posisi sebagai tempat wisata paling hebat di dunia.

11. Suku Melayu

Suku Melayu
Asal Provinsi : Bangka Belitung

Suku yang berikut adalah suku Melayu.

Kenapa?

Ingat bahwa suku Melayu dijadiin Suku bahasa Wajib bagi bangsa Eropa buat menjajah Indonesia.

Awalnya suku Melayu dari Indonesia. Tapi Suku Melayu ini banyak pindah ke Kalimantan (MALAYSIA).

Nah ini seruh nihhh … ssst

Dulunya Malaysia itu bersatu sama Indonesia sebelum penjajahan.

Meskipun Malaysia pecah dari Indonesia, Melayunya Indonesia tetep aja populer di dunia internasional.

ehemmm …

Negara Jepang punya Perjanjian dengan Inggris. Bahwa Inggris menjajah Malaysia, dan Jepang menjajah  Indonesia. Pada masa itulah suku Melayu tersebar ke seluruh Benua dari; Eropa, Asia, Afrika, Amerika, bahkan banyak juga yang hijrah ke Australia.

Suku Melayu ini ga hanya tinggal di Kalimantan aja, tapi juga di Sumatera kayak Minangkabau, Riau, Jambi, dan lain-lain. Nah banyak orang Melayu yang merantau ke negara lain. Jadinya membuat pamor suku Melayu mendunia.

12. Suku Asmat

Kok Papua dengan suku Asmat?

Ga heran bahwa suku Asmat adalah salah satu suku yang punya cita rasa seni yang tinggi. Salah satu yang jadiin suku ini begitu terkenal di dunia. Karna hasil-hasil seni yang mereka ciptain dari kayu.

Tau ga?

Suku Asmat dikenal dengan Ukiran kayunya yang sempurna.

Selain itu, suku Asmat juga punya pakaian tradisional yang khas. Seluruh bahan buat membuat pakaian tersebut berasal dari alam. Ga salah kalo nganggap pakaian Suku Asmat adalah representasi kedekatan mereka dengan alam raya.

Ga hanya bahan, desain pakaian Suku Asmat pun terinspirasi dari alam. Pakaian laki-laki Suku Asmat, misalnya, yang dibuat menyerupai burung dan binatang lain yang dianggap lambangin kejantanan. Sementara, rok dan penutup dada kaum perempuan pake daun sagu sehingga menyerupai kecantikan burung kasuari.

Papua menjadi terkenal di dunia internasional juga karna keadaan alamnya yang hebat, dan suku-suku primitif yang masih sangat unik.

13. Suku Mentawai

Mentawai?

Kenapa Mentawai?

Suku Mentawai ditemuin di tahun 1621 oleh warga Belanda yang datang ke Indonesia.

Awalnya, masyarakat ini adalah penduduk Nias. Mereka bermigrasi menuju Pulau ini dan akhirnya tinggal disana. Dari waktu ke waktu, kehidupan mereka terisolasi dari peradaban luar hingga berabad-abad lamanya.

Kehidupan alam yang disajian dalam Taman Nasional Siberut menjadi gambaran kehidupan Suku ini. Mereka tinggal di rumah panggung yang dibangun dari kayu. Satu rumah panggung biasanya dihuni beberapa kepala keluarga. Hidup bersama dalam satu atap. Itulah yang membuat dunia kagum.

Karna terisolasi dari peradaban, masyarakat ini masih nanamin tradisi turun-temurun dari leluhur mereka. Dengan bahasa, budaya, dan adat istiadat tersendiri dan berpaham animisme.

Pakaian mereka sendiri masih berbahan alami yakni dari kulit pohon sukun buat laki-laki dan rok dari daun pisang buat wanita. Ciri khas suku ini yakni dengan tato di sekujur tubuh.

14. Suku Flores

Suku Flores
Asal Provinsi : Nusa Tenggara Timur

Kok bisa Flores jadi sangat terkenal di dunia internasional?

Ada apanya yang membuat suku ini semakin terkenal  di dunia? Jawabannya, cukup banyak.

Sejak Pulau Komodo dengan biawak purbanya menjadi  salah satu keajaiban alam di dunia, versi UNESCO, membuat pamor suku ini melesat dan menjulang ke langit biru, melebihi suku Bugis, Aceh, dan suku-suku hebat lainnya di negeri ini.

Buat pariwisata yang buat pamor Flores menjadi terkenal. Sebenernya juga karna ada danau Tiga Warna di gunung Kelimutu. Danau Tiga Warna lebih dulu dikenal sebelum terangkatnya pariwisata Komodo.

Nah tapi … dengan adanya Komodo, membuat pamor Flores bertambah hebat di mata dunia.

Yang juga membuat Flores dikenal oleh dunia internasional. Karna adanya kota wisata rohani yang ada di Larantuka, Flores Timur. Dimana ada prosesi Jumat Agung, yang dari tahun ke tahun. Semakin banyak wisatawan Eropa yang datang ke sana.

Jangan lupa kalo popularitas suku Flores di dunia internasional. Juga karna dibantu para pastor asal Flores yang jadi misionaris dari negara lain beberapa tahun belakangan ini.

suku di indonesia

15. Suku Serawai

Suku Serawai
Asal Provinsi : Bengkulu

Suku Serawai tinggal di Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Sukaraja, Talo, Kelutum, dan Seginim.

Hmm

Dikit banget nih berita soal Suku Serawai ini.

suku di indonesia

16. Suku Lampung

Suku Lampung
Asal Provinsi : Lampung

Suku Lampung adalah bagian dari Kerajaan Sriwijaya. Ada 2 bagian dalam suku ini yaitu Suku Sebatin dan Suku Pepadun. Suku Lampung lainnya juga menyebar yang disebut Tulang Bawang, Pesisir, dan Krui Abung.

17. Suku Baduy

Suku Baduy
Asal Provinsi : Banten

Kalo pernah tau suku dengan adatnya yang menyendiri dan jauh dari kehidupan kota. Mungkin suku ini menjadi salah satunya. Suku Baduy terkenal karna kehidupan yang terisolasi dari dunia luar. Populasinya dengan jumlah sekitar 5000-8000 orang.

suku di indonesia

18. Suku Bima

Suku Bima
Asal Provinsi : Nusa Tenggara Timur (NTT)

Suku Bima dikenal sebagai salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Selain Suku Sasak yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTT), Suku ini mendiami sebagian besar di kepulauan Nusa Tenggara. Suku Bima itu sangat terkenal karna cadar khasnya yang terbuat dari kain sarung Rimpu.

suku di indonesia

19. Suku Minahasa

Suku Minahasa
Asal Provinsi : Sulawesi Utara

Suku ini adalah salah satu suku terbesar yang mendiami Pulau Sulawesi. Selain Suku Minahasa, ada beberapa suku lainnya yang ada di Sulawesi Utara seperti Mangondow, Gorontalo, Ternate, dan Talaud. Suku ini terkenal dengan pakaian adatnya yang khas dengan kain merah yang digunain sebagai sabuk.

suku di indonesia

20. Suku Gorontalo

Suku Gotontalo
Asal Provinsi : Gorontalo

Suku Gorontalo biasa juga disebut Suku Hulondalo. Suku Gorontalo tinggal hampir di seluruh wilayah Gorontalo di Pulau Sulawesi. Mayoritas penduduk Indonesia udah mengenal Suku ini dengan budaya yang belum tersentuh dunia luar.

Selain Suku Gorontalo, suku Manado, suku Polahi, suku Atinggola, dan suku Suwawa juga tinggal Provinsi Gorontalo.

suku di indonesia

21. Suku Buru

Suku Buru
Asal Provinsi : Maluku

Suku ini sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Suku Buru juga sering sebutt dirinya sebagai gebfuka atopun gebemiliar. Julukan tersebut mempunyai makna dan arti tertentu yaitu orang dunia atopun orang tanah.

Suku Aceh

22. Suku Aceh

Suku Aceh
Asal Provinsi : Naggro Aceh Darusalam

Suku Aceh adalah suku yang punya sejarah panjang di masa lalu. Sebutan Suku Aceh ditujuin kepada penduduk asli Aceh yang berada di wilayah Nangroe Aceh Darussalam, suatu provinsi yang berada di paling ujung Pulau Sumatera sebelah utara.

Mayoritas Suku Aceh punya kekayaan budaya yang beragam. Selain yang berasal dari Indonesia sendiri juga dari luar. Karna Suku Aceh nenek moyangnya berasal dari berbagai wilayah di luar Indonesia.

Darimana aja asal nenek moyang orang Aceh?

  1. Arab;
  2. Melayu;
  3. Semenanjung Malaysia;
  4. India.

Ini bisa kejadin karna Aceh jadi salah satu tempat singgah paling sering dikunjungin pedagang di seluruh dunia.

23. Suku Mante

Suku Mante
Asal Provinsi : Nanggro Aceh Darusalam

Suku Mante adalah suku paling ujung barat Indonesia.

Nah …

Indonesia punya banyak sekali suku bangsa yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Khususnya di provinsi paling utara, tepatnya Nangroe Aceh Darussalam. Ga hanya suku yang populer tapi ada beberapa suku di pedalaman Aceh yang belum banyak diketahui orang.

Salah satu suku di pedalaman aceh yang sedang hangat dibicarain adalah Suku Mante.

Yap suku Mante.

Suku Mante masih sangat asing ye kan.

Buat orang Aceh, suku ini disebut jadi etnik awal pembentuk suku-suku Aceh yang ada sampe sekarang.

Sama seperti beberapa suku asli lainnya seperti Jakun, Sakai, Senoi, Lanung, dan Semang. Tapi informasi mengenai Suku ini masih sangat terbatas sehingga perlu banyak di gali.

Keberadaan Suku ini mulai terkuak kembali setelah beredarnya video viral munculnya sesosok manusia kerdil di hutan Aceh yang hebohin dunia maya. Manusia kerdil ga berpakaian yang terliat sedang membawa kayu itu terliat mampu berlari sangat cepat. Kuat dugaan kalo sosok tersebut adalah bagian dari Suku ini.

Sejumlah warga asli Aceh mengakui kalo mereka pernah bertemu langsung dengan Suku Mante. Bahkan, ada juga yang rela habisin waktunya demi menjadi pemburu Suku Mante.

Tapi hingga saat ini belum ada data scientific terkait keberadaan Suku tersebut. Masih terbatas pada info dari mulut ke mulut.

24. Suku Cirebon

Suku Cirebon
Asal Provinsi : Jawa Barat
Jumlah : 1,9 juta (sensus 2000)

Suku Cirebon adalah suku yang tinggal sekitar:

  1. Kota Cirebon / Kabupaten Cirebon;
  2. Kabupaten Indramayu;
  3. Kabupaten Majalengka sebelah utara;
    Biasa disebut sebagai Wilayah “Pakaleran”
  4. Kabupaten Kuningan sebelah utara;
  5. Kabupaten Subang sebelah utara;
    Mulai dari Blanakan, Pamanukan, hingga Pusakanagara.
  6. Pesisir utara Kabupaten Karawang;
    Mulai dari Pesisir Pedes sampe Pesisir Cilamaya di Jawa Barat;
  7. Sekitar Kecamatan Losari di Kabupaten BrebesJawa Tengah.

Bahasa orang Cirebon adalah gabungan dari Bahasa JawaSundaArab dan China yang disebut Bahasa Cirebon. Mereka juga punya dialek Bahasa Sunda tersendiri yang disebut Bahasa Sunda Cirebon.

25. Suku Nias

Suku Nias
Asal Provinsi : Sumatera Utara

Suku Nias adalah kumpulan-kumpulan orang-orang yang hidup di Pulau Nias.

Tau ga kalo orang Nias punya bahasa daerah sendiri. Orang Nias namain diri mereka “Ono Niha” (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan Pulau Nias sebagai “Tanö Niha” (Tanö = tanah).

Suku Nias punya lingkungan adat dan kebudayaan yang masih kuat dijaga. Hukum adat Nias disebut fondrakö. Nah fondrakö itu ngatur segala segi kehidupan orang Nias mulai dari kelahiran sampe kematian.

Masyarakat Nias kuno hidup dalam budaya megalitik. Dibuktiin peninggalan sejarah di batu-batu besar yang masih ditemuin di wilayah pedalaman pulau ini sampai sekarang.

Suku Nias mengenal sistem bosi (12 tingkatan kasta). Tingkatan kasta yang tertinggi adalah “Balugu”.

Buat capai tingkatan ini seseorang harus mampu lakuin pesta besar dengan ngundang ribuan orang dan nyembelih ribuan ekor ternak babi selama berhari-hari.

Uhh, berat ya.

26. Suku Kutai

Suku Kutai
Asal Provinsi : Kalimantan Timur
Jumlah : 368 jiwa
Bahasa : Kutai, Indonesia

Suku Kutai bisa disebut Dayak Kutai ato Urang Kutai. Suku Kutai adalah salah satu rumpun suku dayak yang disebut dayak ot danum. Suku dayak itu tinggal Kalimantan Timur yang hidup di tepi sungai.

Awalnya Kutai itu nama suatu teritori tempat bermukimnya masyarakat asli Kalimantan. Suku Kutai dari jenisnya termasuk suku Melayu yang berada di Kalimantan Timur.

Adat-istiadat lama Suku Kutai punya beberapa kesamaan kesamaan dengan adat-istiadat Suku Dayak rumpun ot danum (khususnya Tunjung-Benuaq) misalnya. Erau (upacara adat yang paling meriah), belian (upacara tarian penyembuhan penyakit), memang, dan mantra-mantra serta ilmu gaib seperti; parang maya, panah terong, polong, racun gangsa, perakut, peloros, dan lain-lain.

Di mana adat-adat tersebut punya oleh Suku Kutai dan Suku Dayak. Bahkan hingga saat ini masih ada Suku Kutai di Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara yang menganut kepercayaan kaharingan sama halnya dengan Suku Dayak. Selain itu Suku Kutai juga punya kedekatan budaya dengan Suku Banjar.

Karna terjadi asimilasi dengan budaya melayu banjar seperti pertunjukan Mamanda, serta budaya Melayu seperti Jepen/Zapin, musik Panting Gambus, budaya bersyair seperti Tarsul dl.

27. Suku Makassar

Suku Makassar
Asal Provinsi : Sulawesi

Suku Makassar adalah nama Melayu buat sebuah etnis yang mendiami pesisir selatan pulau Sulawesi. Orang Makassar bilang Mangkasara’ yang artinya “Mereka yang Bersifat Terbuka.”

Etnis Makassar ini adalah etnis yang berjiwa penakluk tapi demokratis dalam memerintah, gemar berperang dan jaya di laut. Ga heran pada abad ke-1417, dengan simbol Kerajaan Gowa. Mereka berhasil membentuk satu wilayah kerajaan yang luas dengan kekuatan armada laut yang besar berhasil membentuk suatu Imperium, yaitu mulai dari :

  1. Keseluruhan pulau Sulawesi;
  2. Kalimantan bagian Timur;
  3. NTT;
  4. NTB;
  5. Maluku;
  6. Brunei;
  7. Papua;
  8. Australia bagian utara

Mereka menjalin Traktat dengan Bali, kerjasama dengan Malaka dan Banten dan seluruh kerajaan lainnya dalam lingkup Nusantara maupun Internasional (khususnya Portugis). Kerajaan Makassar juga pernah perang besar dengan Belanda. Sampe akhirnya Kerajaan Makassar bubar barisan karna strategi adu domba Belanda.

28. Suku Toraja

Suku Toraja
Asal Provinsi : Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan
Jumlah : 650 jiwa
Bahasa : Toraja-Sa’dan, Kalumpang, Mamasa, Ta’e, Talondo’ dan Toala’.

Suku Toraja adalah suku yang tinggal di pegunungan utara Sulawesi Selatan. Jumlahnya sekitar 1 juta jiwa.

Tau ga?

Sekitar 500.000 di antaranya masih tinggal di Kabupaten Mamasa, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Toraja Utara. Pemerintah Indonesia telah ngakuin kepercayaan ini sebagai bagian dari Agama Hindu Dharma.

To riaja adalah asal kata toraja. Itu berasal dari bahasa BugisTo riaja artinya orang yang tinggal di negeri atas.

Nah …

Orang Belanda sebut suku ini Toraja tahun 1909. Suku Toraja terkenal karna ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya.

Ritual pemakaman Toraja adalah peristiwa sosial penting. Ritual ini biasa dihadiri sampe ratusan orang. Ritual ini bisa berlangsung sampe beberapa hari.

Sebelum abad 20, suku Toraja udah tinggal di desa-desa otonom. Suku Toraja masih percaya dengan animisme. Suku ini juga belum tersentuh oleh dunia luar 100%.

Tahun 1970-an, kabupaten Tana Toraja menjadi lambang pariwisata Indonesia. Dan semakin menjadi suku terkenal di Indonesia. Tana Toraja dimanfaatin oleh pengembang pariwisata dan dipelajari oleh antropolog. Sejak tahun 1990-an orang Toraja mengalami perubahan budaya mulai dari  …

  1. Berkepercayaan tradisional jadi percaya Tuhan;
  2. Dari agraris jadi ngandalin sektor pariwisata yang terus meningkat.

Suku Bangsa Pendatang Indonesia
>>

29. Suku Tionghoa

Suku Tionghoa
Asal Provinsi : Tersebar di Seluruh Indonesia

Suku Tionghoa adakah suku asing paling minoritas di Indonesia. Fakta ini jawab banyak pertanyaan soal sejarah suku Cina ya.

Orang Cina mulai menghuni Indonesia sejak abad ke-15 dengan gelombang signifikan pada abad ke-18 dan ke-19. Sebagian besar orang Tionghoa tinggal didaerah yang disebut bernama ‘Pecinan‘ (Chinatown).

Paling ramai Pecinan ada provinsi seperti :

  1. Jakarta;
  2. Sumatra Utara;
  3. Jawa Tengah;
  4. Jawa Timur;
  5. Kepulauan Riau;
  6. Kalimantan Barat.

30. Suku Arab Indonesia

Suku Arab Indonesia
Asal Provinsi : Nanggo Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur

Secara historis, kedatangan bangsa Arab di Indonesia tersebar dibanyak provinsi. Banyak yang berasimilasi dengan suku lokal yaitu;

  1. Betawi;
  2. Melayu;
  3. Aceh;
  4. Minangkabau;
  5. Jawa;
  6. Sunda.

Tempat yang banyak ditinggali orang keturunan Arab disebut dengan ‘Kampung Arab‘. Daerah ini tersebar di seluruh kota-kota di Indonesia, jumlah yang signifikan dapat ditemukan di MedanBanda AcehPadangJakartaSemarangSurabayaGresikBanyuwangi, dan banyak kota-kota pesisir lainnya di Indonesia.

31. Suku India Indonesia

Suku India Indonesia
Asal Provinsi : Sumatera Utara

Orang India juga udah menetap di Indonesia. Khususnya Tamil dan Punjabi. Kalo suka nonton sinetron ato film nama-nama Punjabi suka muncullah.

Tapo, ga sebesar orang Tionghoa dan Arab. Jumlah orangnya banyak di pusat-pusat kota. Misalnya Pasar Baru di Jakarta dan Kampung Keling (sekarang Kampung Madras) di Medan. Daerah tempat tinggal orang  India di Indonesia disebut ‘Little India’ .

10 Suku yang Paling Terkenal di Indonesia #SeninBerbudaya - Sumber Gambar novalsossh.wordpress.com

32. Suku Indo

Suku Indo
Asal Provinsi : …

Suku Indo adakah pernikahan campuran dari orang Indonesia dengan keturunan Eropa terutama Belanda. Paling banyak orang campuran Indo dan eropa muncul selama periode Hindia-Belanda. Selama masa kolonial, jumlahnya lebih besar.

Tapi … sejak kemerdekaan Indonesia, sebagian besar dari mereka memilih pergi ke BelandaOrang Indo sangat berkurang jumlahnya sejak emigrasi besar dari Indonesia setelah Perang Dunia II.

33. Suku Pakistan Indonesia

Suku Pakistan Indonesia
Asal Provinsi : …

Suku pakistan disebut Khoja, Koja, Kujo, dan Tambol. Orang Koja umumnya berasal dari daerah CutchKathiawar, dan GujaratIndia.

Tapi  …

Mereka lebih memilih Pakistan daripada India karna faktor agama.

Mereka berasal dari kasta Ksatria. Pada mulanya, bangsa Pakistan pergi ke Indonesia buat keperluan berdagang. Tapi lama-kelamaan suku Pakistan malah betah, tinggal, dan berkeluarga di Indonesia. Kalo Pecinan buat suku Cina Indonesia, maka suku Pakistani Indonesia disebut ‘Pekojan’.

34. Suku Jepang Indonesia

Suku Jepang Indonesia
Asal Provinsi : DKI Jakarta dan Bali

Suku Jepang Indonesia udah bermigrasi ke Indonesia sejak jaman penjajahan Hindia-Belanda.

Tapi …

Setelah kekalahan mereka dalam Perang Dunia II, jumlah mereka menurun. Ninggalin sejumlah kecil mantan tentara Jepang yang masih tinggal di Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia.

Perkembangan suku Jepang Indonesia di Indonesia karna bisnis dan investasi Jepang di Indonesia meningkat sejak tahun 1970-an. Sebagian besar adalah ekspatriat yang masih pertahanin kewarganegaraan Jepang mereka. Banyak ekspatriat Jepang tinggal di Jakarta dan Bali.

35. Suku Korea Indonesia

Suku Korea Indonesia
Asal Provinsi : …

Suku Korea Indonesia sebenernya udah tinggal lama di Indonesia. Salah satynya adalah Komarudin (nama Korea: Yang Chil-seongKorea: 양 칠성; Hanja: 楊 七 性) yang beretnis Korea.

Tapi … mereka adalah kelompok etnik terbaru di Indonesia.

Sebagian besar didorong oleh peningkatan bisnis dan investasi Korea di Indonesia dan sebagian besar adalah ekspatriat yang masih pertahanin kewarganegaraan Korea mereka. Seperti Pecinan buat suku Cina Indonesia, koreatown buat Suku Korea Indonesia.

Sekilas Fakta Suku Bangsa Indonesia

Populasi suku bangsa di Indonesia menurut sensus 2010:

Suku Bangsa Populasi (juta) Persentasi Kawasan utama
Suku Jawa 95,2 40,2 Jawa TimurJawa TengahYogyakarta, dan Lampung
Suku Sunda 36,7 15,5 Jawa Barat
Suku Batak 8,5 3,58 Sumatra Utara
Suku Madura 7,2 3,03 Pulau Madura
Suku Betawi 6,8 2,88 Jakarta
Minangkabau 6,5 2,73 Sumatra BaratRiau
Suku Bugis 6,3 2,69 Sulawesi Selatan
Suku Melayu 5,3 2,27 Sumatra dan Kalimantan; terutama di JambiBengkuluSumatra SelatanLampungSumatra TimurRiauKepulauan RiauBangka-Belitung, dan Kalimantan Barat
Suku Arab[6] 5,0 2,10 JakartaJawa BaratJawa TengahJawa TimurKalimantan, dan Sumatra
Suku Banten 4,6 1,97 Banten
Suku Banjar 4,1 1,74 Kalimantan Selatan
Suku Bali 3,9 1,67 Pulau Bali
Suku Sasak 3,1 1,34 Pulau LombokPulau Sumbawa
Suku Dayak 3,0 1,27 Pulau Kalimantan
Suku Tionghoa 2,8 1,20 SumatraJawaBaliKalimantanSulawesi
Suku Makassar 2,7 1,13 Sulawesi Selatan
Suku Cirebon 1,9 0,79 Jawa Barat

Banyak suku-suku terpencil di Indonesia, terutama di Kalimantan dan Papua. Ada populasi kecil yang anggotanya hanya ratusan orang.

Tau ga?

Sebagian besar bahasa daerah suku di Indonesia adalah golongan rumpun bahasa Austronesia. Meskipun gitu sebagian besar suku di Papua tergolong dalam rumpun bahasa Papua ato Melanesia.

Pembagian kelompok suku di Indonesia ga mutlak dan ga jelas akibat …

  1. Perpindahan penduduk;
  2. Percampuran budaya;
  3. Saling mempengaruhi.

Oh iya, ada yang berpendapat orang Cirebon adalah suku tersendiri. Mereka juga punya dialek sendiri juga.

Sementara pihak lainnya berpendapat bahwa mereka hanyalah subetnik dari suku Jawa secara keseluruhan. Demikian pula suku Baduy dan suku Banten yang sementara pihak menganggap mereka sebagai bagian dari keseluruhan suku Sunda.

Contoh lain percampuran suku bangsa adalah suku Betawi yang adalah suku bangsa hasil percampuran berbagai suku bangsa pendatang baik dari Nusantara maupun Tionghoa dan Arab yang datang dan tinggal di Batavia pada era kolonial.

Sekali lagi Mas Bro dan Mbak Bro ini ga ada urusannya dengan SARA ya. 27++ suku paling terkenal di Indonesia hanya informasi berbagi. Bukan bermaksud nyinggung siapapun.

Sampai dua kali diingetin karna ada aja peluang buat mutarbalikin ini semua Mas Bro dan Mbak Bro. Dan selanjutnya …

Kalo suku #MasBro / #MbakBro termasuk diatas. Langsung bagiin sama temen dan keluarga ya. Kalo ada pertanyaan silahkan ajuin dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Indonesia kaya akan budayanya
Bukanlah sesuatu hal luar biasa
Kalau kita berbeda akur sesamanya
Itu yang orang belum tentu bisa

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
Koten, Thomas. netralnews.com/news/rsn/read/116509/inilah-10-suku-hebat-indonesia-yang-paling-populer-di-dunia-saat-ini diakses pukul 12:27 WIB pada hari Kamis, 18 April 2019
Munzi, Alza. bangka.tribunnews.com 
diakses pukul 22:27 WIB pada hari Senin, 20 Juni 2016

Comments

Leave a Reply