STREET FOOD KHAS KOREA

Sama seperti di Indonesia, korea selatan  juga memiliki banyak makanan khas. Yang paling digemari adalah jajanan pinggir jalannya.

Buat kamu pecinta kuliner Korea, wajib banget cobain 15 jajanan street food Korea paling favoritnya ini.  Penasaran apa saja? Cek di bawah ini ya!

  1. tteokbokki

Tteokbokki atau kue beras dengan tekstur kenyal dan saus merah yang pedas manis. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjual jajanan khas Korea ini. Sudah pernah coba?

2. odeng

Mungkin di Indonesia, jarang yang menjual jajanan Korea bernama Odeng ini. Odeng merupakan sate daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Lebih nikmat lagi dinikmati selagi masih panas.

3. bungeoppang

Kue berbentuk ikan ini cukup cocok di lidah masyarakat Indonesia. Konon, katanya melambangkan keberuntungan.

4. hweori gamja

Kalau kamu suka olahan kentang, pasti bakal suka hweori gamja. Hweori gamja atau yang berarti kentang tornado. Bentuknya unik, sangat menggugah selera. Kentang tersebut dipotong berbentuk spiral dan ditusuk seperti sate. 

5. gimbab

Jangan salah, Ini bukan sushi lho, tapi gimbab asli Korea. Bentuknya sekilas mirip dengan sushi Jepang, tapi rasanya berbeda. 

6. sundae

Bukan sundae es krim yang sering kita temui di kedai-kedai makanan cepat saji lho. Sundae asal Korea ini bentuknya seperti sosis yang disajikan dengan cara dipotong-potong.

Jajanan yang satu ini terbuat dari usus sapi atau babi yang berisi mie, darah babi, barley, scallion, dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya.

7. twigim

Kalau Indonesia punya jajanan pinggir jalan gorengan, Korea juga punya gorengan, kok. Bedanya, gorengan ala Korea ini sangat sederhana, hanya sekadar dibalurkan ke tepung, lalu digoreng begitu saja.

Terdiri dari telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, hingga sayuran. Biasanya orang Korea memakan twigim dengan kecap asin atau dengan saus tteokbokki. Bikin ngiler ya!

8. dakkochi

Bukan cuma Indonesia saja yang punya sate ayam, ternyata Korea juga punya. Kalau sate ayam Indonesia dibumbui saus kacang, di Korea dibaluri dengan bumbu saus manis dan saus pedas.

9. bbopki

Berbeda dengan permen yang biasanya kecil-kecil, permen favorit Korea ini berbentuk bulat tipis yang cukup besar. Permen ini terbuat dari larutan gula dengan baking soda agar mengembang. Bentuk bbopki ini mirip dengan gulali, bedanya permen ini tak dibentuk aneh-aneh.

10. tteokebi hot dog

Pernah makan corn dog? Kalau pernah, jajanan satu ini hampir mirip corn dog. Bedanya, adonan tteokkebi hot dog tidak dilapisi tepung roti, melainkan potongan-potongan kentang goreng, kemudian digoreng lagi secara bersamaan. Pasti enak banget deh!

11. hotteok

Jajanan yang satu ini sejenis pancake, tapi yang ini digoreng. Isinya kacang tanah, biji wijen, dan madu. Ada pula yang mengisinya dengan sayuran. 

12. kkultarae

Kkultarae terbuat dari madu yang dikeraskan, kemudian dicampur dengan tepung dan dibuat seperti benang. Selanjutnya diisi dengan potongan kacang.

13. gyeran bbang

Sesuai namanya, jajanan ini berbahan utama roti dan telur. Makin lezat ketika diberi topping ekstrak vanila, garam, gula, dan lelehan mozzarella. 

14. jipangi ice cream

Yang ini pasti sudah sangat familiar, ya kan? Bentuknya unik dan beda dari yang lain membuatnya digemari banyak orang. Roti cone-nya terbuat dari jagung dan berbentuk pipa menyerupai huruf V, J, dan U. Ada pula yang berbentuk melingkar-lingkar.

15. gurita dan cumi cumi kering

Yang ini pasti sudah sangat familiar, ya kan? Bentuknya unik dan beda dari yang lain membuatnya digemari banyak orang. Roti cone-nya terbuat dari jagung dan berbentuk pipa menyerupai huruf V, J, dan U. Ada pula yang berbentuk melingkar-lingkar.


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply