8++ Hal yang harus Ada untuk Membuat (Karya) Artikel SEO yang Populer

Salam #MasBro #MbakBro pelanggan jasa seo Jakarta Pusat.

Pernah kepikiran ga, apa bisa sebuah konten jadi sangat populer hanya karna kebetulan?

Ga. Ya kali.

Seorang konten marketer yang baik pasti ngerti apa yang harus mereka lakuin dalam proses pembuatannya supaya tiap konten mereka jadi populer.

Ya konten dalam bentuk apapun, kayak gambar, video, audio, ato tulisan.

Wuih, gimana tuh caranya?

Yaitu dengan nambahin 6 elemen pemicu popularitas yang akan kita penyedia jasa seo Jakarta Pusat, ajarin ke #MasBro dan #MbakBro hari ini.

Maka dari itu, setelah membaca panduan ini kita berharap banget nih sama #MasBro #MbakBro akan ngerti gimana caranya buat konten yang populer buat website.

seo jakarta pusat

APA SIH PEMICU POPULARITAS KONTEN?

Jonah Berger pernah nulis nih dalam bukunya yang berjudul Contagious: Why Things Catch On membahas mengenai 6 prinsip dasar, yang menyebabkan segala sesuatu menjadi populer.

Contagious1-237x300

Keenam prinsip ini seperti pemicu yang bakal bikin orang lain pengen bicarain dan bagiin konten yang dibuat #MasBro #MbakBro ke orang lain.

Nah, artikel yang kita bahas ini dasarnya ya di STEPPS Framework dalam buku Contagious.

Ditambah kita kasih panduan gimana #MasBro #MbakBro bisa buat konten yang punya pemicu popularitas.

Kalo #MasBro #MbakBro bisa kasih keenam elemen ini, maka konten #MasBro #MbakBro akan berpotensi:

  1. Mendapatkan banyak share dari pembaca
  2. Mendapatkan banyak backlink dari website lain

Ini nih kenapa 6 elemen pemicu popularitas bermanfaat banget bagi kita pembuat konten.

Ga hanya popularitas dari social media, tapi konten kita bakal dapetin peringkat yang bagus di mesin pencari.

Berikut ini keenam elemen tersebut dan gimana cara buat konten yang memiliki masing-masing elemen:

1. Kebanggaan diri

Apa sih sebenarnya alasan utama orang lain pengen lakukin share terhadap suatu konten?

Karna mereka pengen mendapatkan kebanggaan.

Kebanggaan ini tuh bisa diliat dalam bentuk 2 hal:

  1. Like, share, retweet, komentar kagum, dll. dari teman ato follower mereka
  2. Citra positif terkait isi konten yang dibagiin

Contohnya tuh kaya gini.

Misalnya si A adalah seorang anak SMA yang udah mulai berbisnis, suatu hari kita baca sebuah artikel tentang “orang sukses yang udah berbisnis sejak SMA” di internet.

Maka si A bakal share artikel ini supaya teman-temannya ikut kagum dengan si A.

Masuk akal kan?

#MasBro #MbakBro
Siapapun bakal sebarin konten yang membuat dirinya sendiri terkesan positif

Kunci pertama adalah membuat konten yang isinya belum diketaui banyak orang. Dengan membuat konten kaya’ gitu, orang lain bakal tertarik untuk bagiin konten kita ke teman-teman mereka.

Ya karna mereka pengen dianggap sebagai yang pertama yang tau soal hal baru.

Kita, sebagai salah satu penyedia jasa seo Jakarta Pusat, bakal nunjukin nih bahasan/topik yang bisa bikin seseorang bangga setelah membagikan konten #MasBro #MbakBro.

a. Metode baru buat bikin gampang pekerjaan ato menyelesaikan masalah

Manusia tuh seneng sama konten yang bisa nyelesaiin permasalahan mereka.

Tapi kalo #MasBro #MbakBro buat konten mengenai penyelesaian masalah yang udah terlalu sering ditemui penyelesaiannya, ya konten itu tuh ga bakal bisa populer.

Trus gimana dong? Bikin konten fresh kan susah!

Ga perlu 100% baru.

Kita juga bisa buat konten yang gabungin lebih dari satu metode yang berbeda. Ato dengan metode yang sama tetapi dengan sedikit bumbu baru, yaitu langkah tambahan.

Tunjukin deh kalo dengan metode ori kita, hasil yang didapetin pasti jadi lebih sempurna.

b. Perbandingan antara 2 hal ato lebih

Contohnya sih perbandingan antara ‘nasi putih’ dan ‘nasi merah’.

Kalo artikel kita nyimpulin nasi merah lebih unggul daripada nasi putih, maka orang yang rutin memakan nasi merah tuh bakal ngasih tau artikel kita sama teman-teman mereka yang ga pernah makan nasi merah.

c. Pembahasan mengenai individu ato organisasi tertentu

Bahasan negatif ato positif, kita sebagai manusia bakal tertarik kalo sesuatu yang kita ikuti dibahas secara eksklusif.

Misalnya nih #MasBro #MbakBro bahas tentang organisasi C.

Anggota organisasi C bakal tertarik dengan konten kita dan bagiin konten ini ke orang lain yang berada dalam organisasi dan di luar organisasi.

d. Pembahasan positif mengenai suatu hal

Membahas secara positif mengenai hal tertentu bakal bikin orang yang antusias terhadap hal itu ikut menyebarkan konten kita.

Kita bakal bahas lebih lanjut mengenai ini di elemen nomer 4.

2. Gampang diingat

Manusia hanya akan rekomendasiin konten yang kita ingat.

Menariknya, orang lain secara otomatis bakal berulang-ulang rekomendasiin konten yang kita buat setiap kali topiknya dibahas kalo konten yang dibikin gampang diingat.

Intinya ya konten yang gampang diingat bakal tetep populer dalam jangka panjang.

Trus gimana sih caranya buat konten yang gampang diingat?

a. Pake istilah/nama baru

awrfdasg

Masih inget ga gimana cara cari panjang AB segitiga siku-siku?

Yak betul, pakai rumus Pitagoras.

Loh kok bisa kita inget nama “rumus Pitagoras” untuk cari sisi terpanjang dalam segitiga siku-siku?

Karna rumus ini punya nama/istilah.

Kedengarannya sepele tapi ini bener. Sesuatu yang punya istilah khusus lebih gampang diingat daripada yang ga punya.

Penggunaan istilah juga gampangin kita dalam menjelaskan ke orang lain.

Kalo #MasBro #MbakBro buat suatu metode dan namain metode tersebut, maka orang lain bakal semakin gampang inget konten kita sebagai solusi masalah mereka.

Jadi dengan buat istilah baru maka orang-orang bakal cenderung inget konten kita tiap kali topiknya diangkat.

b. Gunakan gambar untuk menjelaskan

“A picture is worth a thousand words”.

Gambar bakal bikin gampang manusia dalam mencerna isi konten.

Ga cuma itu, gambar juga bakal buat orang lain inget dengan konten kita.

Karna itu, kita sebagai penyedia jasa seo Jakarta Pusat nyaranin buat masukin minimal satu gambar yang unik pada konten #MasBro #MbakBro. Dan buat konten berupa tutorial, sertakan gambar untuk setiap tahapannya ya!

c. Format penulisan yang gampang dibaca

Coba deh perhatiin gambar berikut:

seo jakarta pusat

Gambar diatas tuh hasil dari alat pelacak gerakan mata pas kita lagi baca sesuatu.

Kita ga bakal baca artikel secara kata-per-kata.

Semakin ke bawah, semakin sedikit kata yang bakal kita baca.

Kalo paragraf dalam artikel #MasBro #MbakBro mengandung banyak kata, orang lain ga akan ngerti apa isinya. Yang kayak gitu itu tuh ga enak dibaca loh.

d. Jelaskan secara terperinci langkah demi langkah

Coba deh bayangin apa yang bakal terjadi kalo dalam artikel resep makanan ga dicantumin langkah-langkahnya secara terperinci?

Duh, pasti deh kita bakal kesulitan buat praktekin resep yang dibagiin tadi.

Nah, sama seperti 2 poin di atas tujuan utama kita tuh buat konten yang isinya gampang dipahami.

Semakin gampang dicerna, semakin gampang pula buat diinget.

3. Topiknya populer

Orang-orang bakal lebih sering bagiin konten dengan topik yang populer.

Contohnya nih dalam periode menjelang pemilu, hampir seluruh artikel yang muncul di-timeline Twitter kita isinya tentang pemilu.

Bisa nih curi popularitas suatu topik untuk bikin konten #MasBro #MbakBro jadi populer juga.

Tapi ada juga loh topik yang selalu populer tapi ga mengenal waktu.

Istilahnya evergreen content.

Misalnya nih dalam industri SEO, topik link building selalu dicari-cari oleh orang yang baru mempelajari mengenai SEO. Karna itu topik ini selalu ramai peminatnya.

Tenang #MasBro #MbakBro, dalam semua industri pasti ada kok topik-topik yang selalu populer.

#MasBro #MbakBro
Biar konten yang dibikin jadi populer, pastiin dong topik yang diangkat juga populer

Ini ada beberapa indikasi topik yang populer:
a. Selalu jadi bahasan populer di suatu kalangan;
b. Ada acara, event, ato kejadian baru;
c. Suatu masalah besar yang belum ada panduan penyelesaiannya.

Untuk bisa menemui topik-topik seperti itu tadi, kita ada beberapa caranya nih:
a. Selalu ikuti perkembangan berita mengenai topik utama anda;
b. Bergabung dalam situs komunitas yang topiknya sesuai dan lihat masalah yang dialami anggota komunitas;
c. Pelajari mengenai keyword research untuk mengetahui jumlah pencarian suatu topik

pake sebuah topik yang populer, juga bakal bantu naikin popularitas konten #MasBro #MbakBro makin tinggi. Hal ini dikarnakan kita dapat bikin konten yang sedang hangat (banyak) dibicarakan sama orang lain.

Nah, untuk bisa bikin topik yang populer, kita kasih 5 cara yang bisa dilakuin:
a. Bergabung dengan berbagai forum dan group Facebook;
b. Cari inspirasi dari website lain;
c. Gunakan Quora;
d. Gunakan Google Trends;
e. Cari inspirasi topik yang populer di Pinterest.

5 cara di atas bisa banget bantu #MasBro #MbakBro nemuin topik yang sedang populer. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, #MasBro #MbakBro bisa baca 154++ Topik Blog yang Meningkatkan Trafik Pengunjung : Panduan Pembuatan Konten (2) dan 18++ Niche Blog yang Banyak Pembaca.

4. Membangkitkan perasaan

Kita sebagai manusia cenderung bakal nyebarin konten yang isinya bangkitin emosi ato perasaan.

Ini karna kita menunjukkan bahwa kita peduli terhadap isi konten tersebut.

Coba deh lihat Wikipedia.

Wikipedia kan punya konten yang isinya sangat informatif. Tapi apakah artikel di Wikipedia pernah jadi bahan pembicaraan orang banyak?

Ga pernah kan?

Ini tuh karna konten di Wikipedia hanya berupa informasi yang ga bikin naikin perasaan pembacanya.

Popular-Emotions

Bedasarkan analisa yang dilakuin oleh BuzzSumo tentang konten populer apa sih yang ada di internet, ternyata hasilnya tuh ada 4 emosi yang sering muncul:

a. Kagum (Awe);
b. Tawaan (Laughter);
c. Terhibur (Amusement);
d. Bahagia (Joy).

Membuat konten yang mengundang tawaan tuh susah kalo #MasBro #MbakBro ga punya bakat melucu (alias orang yang garing ha ha).

Tapi untungnya sih persentase tertinggi adalah perasaan kagum (awe).

#MasBro #MbakBro
Karya yang bangkitin perasaan kagum mendapat jumlah share lebih tinggi

Kalo pengen bikin artikel yang bikin naik perasaan kagum ada nih caranya menurut kita, penyedia jasa seo Jakarta Pusat:

 a. Artikel yang sangat lengkap/panjang

Tujuan kita habisin waktu buat baca sesuatu tuh untuk menambah ilmu. Nah, kan lebih bagus lagi kalo dalam 1 artikel kita orang lain bisa dapetin banyak ilmu sekaligus.

Semakin lengkap apa yang jadi bahasan dalam satu artikel, semakin kagum loh para pembaca.

Ini udah terbukti jitu lewat penelitian yang dilakukan oleh BuzzSumo.

Shares-by-Content-Length

Dari analisa yang mereka lakuin, artikel yang punya jumlah kata lebih dari 3000 paling banyak di-share.

Inget, semakin banyak isinya semakin banyak di-share.

Ini nih kenapa sebaiknya #MasBro #MbakBro harus selalu berusaha buat konten yang berbobot dan panjang. Semakin lama orang lain baca, semakin “terikat” mereka dengan konten kita.

b. Kisah sukses pribadi ato orang lain

Perasaan si pembaca bakal muncul kalo konten yang dibaca juga menyiratkan perasaan penulisnya.

Konten berupa kisah sukses tuh gabungin lebih dari satu emosi, yaitu perasaan kagum dan bahagia.

c. Hasil analisa terhadap suatu topik

Kalo #MasBro #MbakBro lihat 2 diagram di atas tadi, keduanya merupakan hasil analisa dari BuzzSumo terhadap 1 juta artikel populer.

Ga ada orang yang ga ngerasa kagum melihat usaha mereka menganalisa sekian banyak artikel.

Analisa ga bisa dilakuin oleh sembarang orang karna butuh usaha yang lebih tinggi daripada bikin konten biasa. Tapi dengan nambahin analisa ini juga yang membuat konten #MasBro #MbakBro menjadi sangat berharga.

5. Bercerita

seo jakarta pusat

Daripada hanya berupa rangkaian informasi, konten yang punya cerita bakal bikin pembaca peduli.

Care = share.

Bercerita disini tuh bukan berarti membuat dongeng ato cerpen.

#MasBro #MbakBro bisa nambahin unsur cerita ke dalam konten apapun. Tutorial ato informasional.

Cara tergampang ya dengan menulis artikel dari sudut pandang orang pertama. Seolah-olah diri kita sendiri sedang memberikan presentasi di depan umum.

Dengan memberikan “saya” dan “anda”, konten #MasBro #MbakBro bakal jadi lebih personal dan pembaca akan jadi lebih peduli.

Berikut ini beberapa bentuk konten berupa cerita dari kita, penyedia jasa seo Jakarta Pusat:

a. Studi kasus

Daripada bikin konten tentang “gimana caranya nurunin berat badan dalam seminggu”, coba deh ubah sudut pandangnya menjadi “gimana caranya kita bisa nurunin berat badan 5kg dalam seminggu”.

Studi kasus tuh salah satu bentuk konten yang paling populer.

Alasannya ya karna studi kasus udah terbukti oleh penulisnya sendiri.

Jadi apapun yang #MasBro #MbakBro tulis dalam konten studi kasus, pembaca bakal percaya dan peduli.

b. Wawancara dari ahlinya

Kalo #MasBro #MbakBro belum punya cerita sendiri untuk dibagikan, manfaatin deh cerita dari orang lain yang udah berpengalaman.

Coba deh inget-inget pas ketika baru meninggal dunia, buku tentang Steve Jobs jadi langsung populer. Padahal penulisnya kan bukan si Steve sendiri.

Ini nunjukin gimana cerita dari orang lain juga bisa bikin konten yang dibuat jadi populer.

c. Menggunakan referensi yang terpercaya

Perhatiin deh beberapa konten dalam situs PanduanIM, termasuk dalam artikel ini, kekitaan nggunain referensi dari situs-situs yang terpercaya loh.

kekitaan tuh bukan siapa-siapa. Kalo kekitaan ngoceh ini-itu tapi ga ada bukti yang nyata, pasti bakal ada orang yang nganggap tulisan disini omong kosong.

Karna itulah kekitaan selalu menggunakan referensi tiap artikel yang dibuat.

Dan memang terbukti, semakin banyak referensi yang digunain makin populer juga kontennya.

Terbukti kan, referensi membuat orang yakin dengan isi konten kita.

6. Bisa dipraktekin

seo jakarta pusat

Kalo #MasBro #MbakBro berkunjung ke situs-situs universitas yang ada di Indonesia, mereka punya digilib (perpustakaan digital) yang isinya jurnal-jurnal hasil penelitian dari mahasiswanya.

Pasti tuh ada ribuan jurnal yang bakal muncul tiap 6 bulan dan semuanya punya informasi yang sangat berharga.

Tapi kenapa sih jurnal mahasiswa susah banget populer?

Jawabannya ya karna ga bisa dipraktekkin.

Kebanyakan penelitian mereka ga bisa langsung kita aplikasiin. Jadi kayak seakan-akan ilmu yang berharga itu ga ada manfaatnya bagi orang biasa.

Sebaliknya nih artikel berisi “resep membuat bakso” bisa populer banget, ya karna langsung bisa kita gunakan sebagai panduan kan?

Jadi kalo #MasBro #MbakBro pengen buat konten, plis buat konten yang siap praktek ya.

Nih kita, sebagai penyedia jasa seo Jakarta Pusat, kasih caranya:

a. Pilih topik yang langsung bisa dilaksanakan

Ga semua topik bisa langsung diaplikasikan oleh pembaca.

Misalnya nih “cara mendapatkan uang 1 milyar”. Jumlah ini kan terlalu besar, anda ga akan bisa bikin langkah demi langkahnya dalam 1 konten. Mustahil lagian.

Sehingga konten tersebut hanya jadi sebuah informasi.

Tapi ada caranya mengubah topik informasi jadi siap pakai.

Contohnya nih salah satu artikel di website #MasBro Darmawan ini difokusin isinya hanya yang bisa langsung digunain saat ini juga.

Teknik SEO artikel

Hasilnya?

Artikel itu langsung jadi salah satu yang paling populer, menurut #MasBro Darmawan, meskipun masih terhitung baru.

b. Berikan langkah-langkahnya secara detail

Kunci dari artikel yang siap pakai tuh ada di langkah-langkahnya.

Semakin jelas #MasBro #MbakBro menerangkan tiap langkah, semakin baik. Jangan lewatin sedikitpun detailnya.

Sering banget kita temuin pas bikin artikel langkah-langkah suatu bagian kerasa terlalu gampang jadi ga perlu disertakan.

Kita bisa kepikiran kayak gitu karna kita sendiri pasti udah nguasai topiknya. Padahal kan itu keliru, pada kenyataannya bisa jadi ada orang lain yang baca ga ngerti.

c. Pake gambar untuk setiap tahapan

Jangan anti nyertain gambar dan jangan malas nggunain gambar ya.

Sebagian besar pembaca bakal ngerasa kesulitan kalo konten #MasBro #MbakBro hanya berisi tulisan aja. Apalagi dalam konten berupa langkah-langkah.

Ketika pembaca bingung, mereka bakal langsung ninggalin artikel kita. Padahal artikel kita udah susah payah dibuat, huhu.

7. Bersifat Engaging

Konten yang engaging juga bakal jadi pemicu popularitas sebuah konten. Konten yang engaging tuh konten yang punya suatu pandangan baru, pengetauan serta punya manfaat dan tentu aja bisa kasih inspirasi ke pembaca.

Dengan konten yang bisa engaging, biasanya sih bakal nimbulin “reaksi” dari banyak orang. Reaksi tadi biasanya keliatan dari banyaknya komentar yang positif dari pembaca.

Untuk buat konten yang engaging, nih kita, penyedia jasa seo Jakarta Pusat, ada 5 cara yang bisa #MasBro #MbakBro lakuin:
a. Buat artikel dengan topik yang trending;
b.
Buat artikel yang original;
c. Buat paragraf yang mengesankan;
d. Buat pembaca kamu berfikir;
e. Dan buat konten yang visual.

#MasBro #MbakBro bisa baca penjelasan yang lebih detail mengenai 5 cara di atas pada artikel 5 cara membuat artikel kamu semakin engaging.

8. Distribusi Karya

Elemen terakhir nih yang bisa jadi pemicu popularitas sebuah konten adalah distribusi (memperkenalkan) konten yang #MasBro #MbakBro buat kepada orang lain. Ada banyak banget platform media sosial yang bisa dimanfaatin. Kayak Facebook, Instagram, ato Twitter.

Kalo #MasBro #MbakBro butuh naikin traffik kita saranin Facebook, Twitter, WhatsApp, Pinterest, line, dan media sosial lain yang bisa sebarin link.

Faktor Penghambat Popularitas Konten Menurut Kita, Penyedia Jasa SEO Jakarta Pusat

Sampai di sini #MasBro #MbakBro udah kenal 6 elemen yang harus disertain biar konten yang dibuat jadi populer.

Tapi itu aja ya ga cukup.

Ada faktor-faktor lain yang bisa nyebabin konten kita ga akan populer walaupun udah nyertain keenam elemen tersebut. Nih kita jelasin:

1. Isinya payah, biasa, membosankan

Musuh utama pembuat konten ya ga sengaja, ato malah sengaja, buat konten yang isinya biasa-biasa aja.

Tapi sayangnya para pembuat konten sering ga sadar kalo kontennya tuh ga spesial. Wajar memang, karna sebagai manusia kita terlanjur cinta buta dengan buatan kita sendiri.

Apa ciri-ciri “biasa”?

Bandingin deh dengan konten lain yang memiliki topik yang sama. Kalo isinya ga jauh lebih bagus, berarti tulisan #MasBro #MbakBro gagal.

Coba deh sekarang #MasBro #MbakBro search di Google dengan kata kunci “cara menghilangkan bau kaki”.

Dijamin deh 90% artikel yang muncul di halaman 1-3 poin-poinnya sama dan terlalu biasa.

Kita harus bisa bikin sesuatu yang baru, sesuatu yang belum diketaui orang lain, sesuatu yang bakal bikin semua orang terkesima (elemen no. 1 & 4)

Kalo ga bisa, ya berarti #MasBro #MbakBro gagal.

Pelajari beberapa panduan ini:
a. 27++ Cara Membuat Artikel SEO Masuk Peringkat 1 Halaman 1 Mesin Pencari;
b. 14++ Cara Membangun Backlink Berkualitas untuk Mendapatkan Traffic;
c. 44++ Backlink Gratis DA PA Tinggi untuk Website dan Blog)
d. Pake metode KTP untuk membuat konten berkualitas

2. Gas dipromosiin

Ada 3 inti dari content marketing:

  • Perencanaan konten
  • Pembuatan konten
  • Promosi konten

Tanpa yang pertama dan kedua kita ga akan bisa bikin konten yang berkualitas.

Tapi tanpa promosi, seberapa pun bagusnya konten kita ga akan bisa populer.

Inget kita ini bukan siapa-siapa.

Maka ga ada yang akan membaca konten kita kecuali kita udah jadi artis ato orang terkenal.

Dengan promosi konten berarti kita membangun reputasi diri sendiri sambil promosiin apa yang udah kita buat.

Banyak nih yang bilang kalo yang terpenting adalah pembuatan kontennya, padahal para content marketer sebenarnya lebih banyak menghabiskan waktunya buat promosiin konten.

Oleh karna itu, #MasBro #MbakBro wajib mengetaui gimana caranya teknik promosi konten yang tepat.

seo jakarta pusat

Ada juga yang nanya
cara membuat konten original, kerangka konten, konten yang berbobot, cara membuat konten marketing, cara membuat artikel di google, bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas, cara mengisi artikel di website, panduanim ktp,cara membuat berita di google, cara menulis artikel di google, cara membuat artikel di google lewat hp, cara buat artikel di google, cara menulis di google, cara bikin artikel di google, cara buat berita di google, cara agar blogspot terindex di google, cara bikin berita di google, menulis di google, cara agar postingan blog tampil dihalaman pertama google, membuat artikel di google, buat artikel di google, cara membuat blog kita di halaman pertama google, cara agar blog terindex di google, cara membuat blog terindex di google, cara agar postingan blog terindex google, cara agar blog tampil dihalaman pertama google,

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO Pusat buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
panduanim.com dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020
whello.id dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020

Comments

Leave a Reply