SEO Off Page: Panduan Terlengkap Membangun Website dari Nol Hingga Sukses Luar Dalam

Website dan blog masih menjadi bisnis online yang menjanjikan dan memberikan keuntungan yang besar pada pemiliknya. Bisnis yang satu ini masih relevan dengan kondisi masyarakat di penghujung tahun 2019 seperti sekarang. Semua pengguna internet masih memanfaatkan search engine atau mesin pencari seperti google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu, membangun bisnis online sejenis website masih menjanjikan. 

Indikator kesuksesan sebuah bisnis tentu berbeda satu sama lain. Sebuah website dapat dikatakan sukses atau berhasil ketika mampu menempati peringkat yang tinggi dalam laman pencarian oleh search engine seperti Google. Untuk memaksimalkan website supaya dapat terindeks oleh google, kita mengenal istilah Search Engine Optimization, yang lebih populer disebut dengan SEO. 

seo off page

Baca juga: Pemula Dalam Bisnis? Simak Tips Jitu Promosi Website Berikut!

Perbedaan SEO On Page dengan Off Page

Secara garis besar, SEO terbagi menjadi dua jenis, on page dan off page. SEO on page dan off page saling mendukung untuk meningkatkan peringkat website di laman hasil pencarian. Lalu apa sih perbedaan antara keduanya? Hal paling mendasar yang membedakan keduanya adalah dimana letak optimasi dilakukan. SEO on page melakukan optimasi dari dalam website itu sendiri. Contoh dari SEO on page adalah optimasi keyword, meningkatkan kualitas konten yang dibuat, dan masih banyak lagi. Sedangkan SEO off page adalah cara untuk meningkatkan popularitas website kita. Salah satunya adalah membangun backlink yang berkualitas. 

Untuk membangun website yang sukses, kita harus melakukan optimasi dari kedua sisi, luar dan dalam. Sebab algoritma google dalam menampilkan hasil pencarian dan melakukan ranking sangat mempertimbangkan dua hal yaitu faktor on page dan off page. Faktor on page meliputi hal-hal yang terkait dengan konten website kita. Sedangkan faktor off page adalah tentang kepopuleran website atau blog yang kita miliki. 

Pentingnya Off Page SEO

Meskipun bisnis website masih cukup menjanjikan, namun persaingan dalam bisnis ini semakin ketat setiap harinya. Oleh karena itu, pelaku bisnis online di bidang ini selalu dituntut untuk selalu up to date dengan algoritma mesin pencarian serta melakukan optimasi SEO dengan cara yang tepat. Off page SEO sendiri bertujuan untuk memberi tahu Google tentang kepopuleran website yang kita miliki.  Untuk website baru yang belum memiliki banyak pengunjung atau audien, cara ini juga bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic kunjungan. Hal ini sangat penting karena SEO on page saja masih belum cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dalam laman hasil pencarian google. Kecuali saat persaingan keywordnya tidak terlalu ketat.

Untuk menampilkan hasil pencarian, Google melakukan penelurusan pada seluruh link yang terdapat pada sebuah laman web. Setiap link atau url yang ada akan ditelusuri satu per satu. Google akan memprioritaskan laman web yang memiliki link dari luar laman web tersebut, hal ini yang kita kenal dengan sebutan backlink. Semakin baik kualitas dari backlink yang dimiliki oleh sebuah laman web secara otomatis akan menaikkan peringkat laman tersebut dalam hasil pencarian Google. Di sinilah peran dari SEO off page sangat menentukan. 

Faktor-faktor Pendukung Off Page SEO

Untuk bisa melakukan optimasi off page SEO degan baik dan benar, sebaiknya kita mengetahui tentang faktor pendukung dari off page SEO itu sendiri. Berikut ini penjelasan mengenai faktor pendukungnya.

  • Inbound Links

Inbound links adalah link di laman web lain yang menuju ke laman web kita. Link yang mengarah ke laman web kita merupakan suatu dukungan yang sangat berarti untuk membangun laman web yang SEO friendly dan disukai oleh mesin pencari Google. Semakin banyak inbound links yang dimiliki oleh suatu laman web menunjukkan kualitasnya yang semakin baik. Nilai plus juga didapat ketika inbound links tersebut berasal dari laman web dengan domain yang berbeda-beda. 

Nama lain dari inbound link adalah backlink. Mengapa baclink ini menjadi faktor yang sangat penting dalam optimasi SEO sebuah laman web? Hal ini berhubungan dengan cara kerja dari Google dalam menghimpun data yang nantinya ditampilkan dalam laman hasil pencarian. Crawling adalah hal pertama yang dilakukan oleh Google. Sebuah program yang disebut crawler akan melakukan penelusuran ke satu halaman web kemudian menelusuri halaman lain berdasarkan link yang terdapat di dalamnya. Begitu seterusnya hingga data berbentuk seperti jaring laba-laba yang saling berkaitan didapatkan. Semakin banyak backlink dari web lain menuju ke web kita maka akan semakin mudah bagi Google untuk menemukan website kita.

  • Penggunaan anchor text pada backlinks

Pengertian dari anchor text yaitu teks yang diberi hyperlink menuju lokasi tertentu, misalnya link meuju titik di halaman yang sama maupun link menuju ke halaman lain. Anchor text ini menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh dalam meingkat optimasi off page seo. Algoritma pencarian terbaru dari google sangat menyukai penggunaan anchor text dalam suatu laman web. Anchor text ini terdeteksi sebagai keyword oleh Google. Sebaiknya gunakan kata kunci atau keyword yang tepat dalam membuat anchor text. Mesin pencari akan sangat terbantu dalam mengidentifikasi gambaran umum dari laman web milik kita. 

  • Tingkatan kualitas link

Link yang menuju ke website milik kita tidak memiliki kualitas yang sama. Website atau blog juga memiliki kasta yang memengaruhi kualitas link. Website yang dikatakan berkualitas atau website yang terpercaya antara lain web dengan domain seperti .edu (pendidikan) dan .gov (pemerintahan). Website yang sudah ada sejak lama juga termasuk website yang berkualitas, sebuah website yang sudah lama tentu saja sudah dikenali oleh Google terlebih dahulu. Mendapatkan backlink dari website yang selalu muncul setiap kali pengguna internet memasukkan kata kunci yang sama dengan website kita di mesin pencari. Website yang seperti ini disebut sebagai authority website. Backlink berkualitas juga bisa datang dari website yang relevan dengan konten milik kita.

Jadi, bukan kuantitas backlink yang harus ditingkatkan melainkan kualitas dari backlink itu sendiri. Misalnya kita mendapatkan 10 backlink dari blog yang masih baru atau 20 backlink dari website yang tidak berkaitan dengan konten kita tidak sama nilainya dengan mendapatkan hanya 5 backlink tapi berasal dari authority website. 

  • Kecepatan dalam link building

Algoritma pada mesin pencari dirancang untuk mengetahui bagaimana kecepatan link building dari sebuah website. Google bisa menghukum penalti jika terdapat  satu website memiliki kecepatan link building yang tidak wajar. Misalnya sebuah website maupun yang masih baru kemdian mendapatkan 500 backlink dari website lain yang berkualitas rendah, Google akan mencurigai tindakan ini sebagai tindakan yang ilegal sehingga website baru tersebut rentan mendapatkan penalti.  Lebih baik memiliki kecepatan link building yang tidak terlalu cepat tetapi organik dibandingkan melakukan link building dengan cara instan. Hal ini akan merugikan diri kita sendiri.

Panduan Lengkap Optimasi Website dengan Off Page SEO

Seperti yang sudah dikatakan di awal SEO terbagi menjadi dua macam yaitu on page dan off page. SEO on page erat kaitannya dengan konten, sedangkan optimasi off page berkaitan dengan popularitas website kita. SEO on page lebih mudah dilakukan karena kita bisa dengan leluasa melakukan kontro terhadap website kita, terutama masalah konten. Sedangkan SEO off page sendiri tidak dapat sepenuhnya kita kendalikan karena terdapat di luar website. Yang dapat kita lakukan adalah upaya agar dapat meningkatkan popularitas website kita dengan cara-cara di bawah ini. Mari kita simak panduan lengkap berikut.

Sebuah catatan penting sebagai pengingat untuk kita adalah jangan sampai kita mengedepankan salah satau metode SEO saja, misalnya terlalu sibuk dengan off page SEO hingga lupa melakukan optimasi on page. Kepopuleran yang didapat tidak akan bertahan lama jika tidak diiringi dengan kualitas konten yang baik.

  • Link building

Link building menjadi langkah awal untuk melakukan optimasi off page pada sebuah website. Pada pembahasan mengenai faktor-faktor pendukung off page SEO sudah dijelaskan bagaimana cara melakukan link building. Google masih menggunakan algoritma page rank berdasarkan jumlah serta kualitas dari backlink atau inbound link. Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas backlink akan meningkatkan rank dari website milik kita pada hasil pencarian google.

Beberapa faktor yang berpengaruh pada link building antara lain backlink dari website yang terpercaya atau yang sudah lebih populer dibandingkan website kita. Relevansi antara konten website kita dengan website yang menyertakan backlink ke website kita juga harus baik. Jika kita mendapatkan backlink dari website yang tidak ada hubungan yang relevan dengan website kita, maka backlink tersebut tidak terhitung sebagai backlink yang berkualitas.

Faktor ketika yang berpengaruh pada link building yaitu teks link menuju web kita harus dipastikan natural, artinya tidak berasal dari javacript. Link yang berasal dari javasrcipt dianggap tidak natural dan tidak meningkatkan SEO sebuah website. Dan yang terpenting adalah anchor text yang memuat link menuju website kita sebaiknya berupa keyword, tentunya keyword tersebut dipilih sesuai dengan konten website kita.

  • Media sosial

Tidak dapat dipungkiri, pengaruh website dalam meningkatkan popularitas sebuah website begitu besar. Hal ini dibuktikan oleh gencarnya publikasi website besar seperti portal berita online nasional di media sosial seperti instagram, twitter, dan juga facebook. Traffic organik yang berasal dari jumlah klik di media sosial mampu meningkatkan seo sebuah laman web. Meskipun media sosial tidak memperangaruhi page rank secara langsung, namun cara ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah traffic pada website kita.

Semua orang menggunakan media sosial sehari-hari. Orang yang melihat profil kita di media sosial dan tertarik untuk mengunjungi web kita menjadi penyumbang traffic kunjungan yang cukup baik. Jangkauan website pun bisa meluas berkat bantuan media sosial dalam membagikan konten yang ada pada website milik kita.

  • Review

Mendapatkan review dari pengguna adalah faktor yang cukup penting dalam meningkatkan off page SEO suatu website. Review yang berpengaruh baik dalam meningkatkan reputasi dan popularitas sebuah website adalah review yang positif. Kita bisa mendapatkan review untuk website kita melalui berbagai platform, misalnya Google Bisnisku. Terdapat pula situs review lainnya untuk meningkatkan popularitas website kita. Review ini penting sekali bagi website yang fokus pada penjualan barang maupun jasa. Sayangnya, sebagian pengguna cenderung malas untuk menuliskan review dari produk maupun jasa yang telah digunakan. Untuk mengatasi hal ini, kita sebagai pemilik usaha atau pelaku bisnis bisa melakukan undian berhadiah khusus bagi konsumen atau pelanggan yang memberikan review. Cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan jumlah review yang masuk kepada bisnis kita.

  • Local SEO

Dalam pengembangan bisnis online seperti website, kita juga mengenal istilah local SEO. Metode ini kian populer berkat penggunaan smartphone yang sudah menjangkau masyaratak yang lebih luas serta semakin baiknya koneksi internet. Dalam optimasi SEO Off Page, kita bisa menggunakan Google Places for Business Page. Dengan tools ini, kita bisa meningkatkan page rank website kita, setidaknya untuk orang lokal yang sedang berada di sekitar lokasi bisnis kita. Local SEO menjadi cara yang cukup efektif untuk meningkatkan natural traffic pada situs bisnis kita. Sebab sebanyak 87% orang menggunakan smartphone miliknya untuk melakukan pencarian terhadap bisnis lokal.

Kesempatan ini tidak boleh kita sia-siakan. Segera gunakan Google Places for Business Page, isi semua data yang diperlukan dan selamat menggunakan tools yang terbilang baru dari Google tersebut.

Tools yang Digunakan untuk Off Page SEO

Berikut ini beberapa tools yang dapat membantu kita dalam melakukan optimasi SEO off page.

  • Google adwords

Kita sudah tidak asing lagi dengan tools yang satu ini karena google adwords sudah digunakan sejak lama. Beberapa fitur unggulan dari tools milik google ini antara lain pencarian keyword, menyajikan informasi lengkap mengenai target pasar, meningkatkan traffic yang berkualitas pada website kita, serta yang paling penting adalah meningkatkan jumlah pelanggan.

  • Moz

Tools kedua yang biasa digunakan untuk melakukan optimasi off page seo yaitu moz. Moz ini memiliki fitur yang berbeda dengan google adwords, tapi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu menigkatkan optimasi off page seo. Fitur unggulan moz yaitu melacak marketing campaign, riset peluang sebuah keyword, melacak kesalahan penjelajahan, serta open site explorer.

  • Majestic

Majestic merupakan tools yang sangat bagus untuk backlink. Beberapa fitur unggulan dari majestic antara lain menjelajah sebuah domain secara rinci, meneliti perbandingan dengan pesaing, media analystic, dan seo untuk profesional. 

  • Ahrefs

Tools terakhir yang bisa digunakan untuk meningkatkan popularitas sebuah website melalui off page seo adalah ahrefs. Ahrefs memiliki fungsi yang mirip dengan majestic, yaitu untuk membangun backlink. Fitur ahrefs lebih ditekankan pada analisis strategi pesaing agar kita mampu memilih strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan.

Tetap Seimbang Antara Kualitas dan Popularitas Website

Membangun website untuk bisnis yang baik adalah membangunnya dari dua sisi yang saling mendukung satu sama lain. Artinya, kita tidak bisa menitikberatkan optimasi hanya dari dalam maupun hanya dari luar website. Cara terbaik untuk melakukan optimasi off page seo website adalah dengan memaksimalkan seo on page pada website tersebut terlebih dahulu.

Kita bisa menyajikan konten yang lebih lengkap daripada pesaing kita, konten dengan bahasa yang lebih ringan juga menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan kualitas website. Jika kita tidak meningkatkan kualitas website dari konten yang baik, pengguna internet cenderung tidak kembali lagi karena tidak puas dengan apa yang kita sajikan disana. Popularitas maupun page rank yang bagus hanya bersifat sementara. 

Butuh bantuan untuk menyiapkan konten yang berkualitas, SEO-friendly dan bisa meningkatkan traffic website? Klik di sini.

Comments

Leave a Reply