Tips Mencegah Kanker pada Sel Serviks

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang terjadi pada sel serviks. Sel serviks ini berada di bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Biasanya daerah ini sangat mudah untuk terserang kanker daripada area yang lain.

Penyebab kanker serviks sendiri bisa disebabkan karena HPV (Human Papillomavirus), serta infeksi menular seksual lainnya. Supaya kanker serviks ini tidak terlalu menyebar secara luas, maka disarankan untuk mencegahnya.

Tips Mencegah Terjadinya Kanker Serviks

Saat terpapar HPV, sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah virus dari bahaya. Akan tetapi, pada sebagian kecil orang, virus bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini bisa membuat virus berkontribusi pada terjadinya kanker serviks.

Virus-virus ini dapat menyebabkan beberapa sel serviks menjadi sel kanker. Supaya penyebaran virus ini tidak terlalu luas, maka bisa mengurangi risikonya. Adapun macam-macam cara mengurangi risiko terkena kanker serviks adalah.

  • Vaksin HPV

Tanyakan kepada dokter tentang vaksin HPV. Menerima vaksinasi untuk mencegah infeksi HPV bisa mengurangi risiko kanker serviks dan kanker terkait HPV lainnya. Tanyakan kepada dokter mengenai vaksin HPV yang sesuai dan cocok untuk tubuh.

  • Tes Pap

Lakukanlah tes Pap secara rutin untuk mencegah terjadinya penyebaran HPV dalam tubuh. Tes pap dapat mendeteksi kondisi prakanker serviks, sehingga bisa memantau dan mengobati sedini mungkin. Hal ini untuk mencegah kanker serviks.

  • Pilih hubungan yang aman

Kanker serviks dapat terjadi karena berhubungan intim yang tidak aman. Kurangi penyebaran infeksi menular seksual dengan melakukan hubungan intim yang aman dan membatasi jumlah pasangan seksual.

  • Jangan merokok

Penyebab kanker serviks salah satunya adalah merokok. Jika tidak merokok, maka jangan memulai. Jika merokok, maka konsultasikan dengan dokter bagaimana cara berhenti merokok atau membatasinya.

  • Jangan minum alkohol

Alkohol dapat membuat peluang seseorang terkena kanker serviks menjadi lebih besar. Untuk mencegahnya, sebaiknya jangan minum alkohol. Itu lebih baik untuk mencegah daripada mengobati penyakit kanker serviks.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks pada wanita. Kanker serviks terjadi karena terdapat virus yang menyerang sel serviks sehingga menjadi sel kanker. Lebih baik untuk mencegahnya daripada mengobati penyakit kanker serviks.


Terbit

dalam