Siapa Aja 30 Nama Pemain Timnas U-19 yang Mengikuti TC ke Kroasia

Sejarah Tim Nasional Sepak Bola Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro

Ngikutin perkembangan Timnas Indonesia ga?

Obrolan kali ini adalah obrolan series tentang  Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

A. Sejarah

1. Periode awal

Pada pertandingan-pertandingan awal, sepakbola Indonesia libatin pihak dari Hindia Belanda, diorganisasi oleh Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB), ato suksesornya, Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU).

Tapi…
Pertandingan-pertandingan yang dilaksanakan sebelum kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 ga diakui oleh PSSI.

Pertandingan sepak bola tercatat pertama yang libatin tim dari Hindia Belanda adalah kontes melawan Singapura pada 28 Maret 1921. Pertandingan tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Indonesia menang dengan skor akhir 1-0. Hal ini diikuti dengan pertandingan melawan Australia XI pada Agustus 1928 (menang 2-1) dan 1 tim dari Shanghai 2 tahun kemudian (seri 4-4).

Pada 1934, 1 tim dari Jawa mewakili Hindia Belanda dalam Far Eastern Games yang dimainkan di ManilaFilipina. Meskipun mengalahkan Jepang 7-1 dalam pertandingan pertama, 2 pertandingan berikutnya berakhir dengan kekalahan 0-2 atas Tiongkok dan 2-3 atas tim tuan rumah nempatin Timnas Jawa menempati peringkat 2. Meski ga diakui PSSI, pertandingan ini diakui World Football Elo ratings sebagai pertandingan pertama yang melibatkan Timnas Indonesia.

2. Piala Dunia FIFA 1938

Indonesia pada tahun 1938 (pada masa penjajahan Belanda) sempat lolos dan ikut bertanding di Piala Dunia FIFA 1938. Waktu itu Tim Indonesia di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), peserta dari Asia yang pertama kali lolos ke Piala Dunia.

Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Grup kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 1938 hanya terdiri dari 2 negara, Indonesia (Hindia Belanda) dan Jepang karna saat itu dunia sepak bola Asia memang hampir ga ada. Tapi, Indonesia akhirnya lolos ke final Piala Dunia 1938 tanpa harus menyepak bola setelah Jepang mundur dari babak kualifikasi karna sedang berperang dengan Cina.

Pada waktu itu tim ini pake seragam berwarna oranye dan bercelana putih seperti warna seragam yang dipakai kesebelasan Belanda.


 
 
Kostum Indonesia bergaya timnas Belanda yang digunakan dalam Piala Dunia FIFA 1938
Jersey tim sepak bola Indonesia pada tahun 1981
Jersey tim sepak bola Indonesia pada tahun 1981

2.1. Skuat Piala Dunia 1938
Pelatih:
 Johannes Christoffel Jan Mastenbroek.

Nama Klub Posisi
Tan “Bing” Mo Heng Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH) Malang Penjaga gawang
L.N. Van Beuzekom
Digantiin oleh Jack Samuels
Hercules Batavia Penjaga gawang
Dorst Ga diketahui Pemain belakang
J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja Pemain belakang
Frans G. Hu Kon Sparta Bandung Pemain belakang
Jack Kolle
Digantiin oleh Teilherber
Ga diketahui Pemain belakang
Jack Samuels
Mengganti L.N. Van Beuzekom
Excelsior Soerabaja Pemain belakang
G.H.V.L. Faulhaber Djocoja Djogjakarta Pemain tengah
Frans Alfred Meeng Sportvereniging Binnenlands Bestuur (SVBB) Batavia Pemain tengah
Achmad Nawir (C) Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja Pemain tengah
Anwar Sutan Voorwaarts Is Ons Streven (VIOS) Batavia Pemain tengah
G. van den Burgh Semarang Voetbal Vereniging (SVV) Semarang Pemain tengah
Tan Hong Djien Tiong Hoa Soerabaja Pemain depan
Tan See Han Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja Pemain depan
Isaac “Tjaak” Pattiwael Voetbal Vereniging (VV) Jong Ambon Tjimahi Pemain depan
Suvarte Soedarmadji Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja Pemain depan
M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV) Jong Ambon Tjimahi Pemain depan
Teilherber
Mengganti Jack Kolle
Djocoja Djogjakarta Pemain depan
R. Telwe Houdt Braaf Stand (HBS) Soerabaja Pemain depan
Herman Zomers Hercules Batavia Pemain depan

2.2. Pertandingan melawan Hongaria

Pada 5 Juni 1938, sejarah mencatat pembantaian tim Hungaria terhadap Hindia Belanda. Mereka bermain di Stadion Velodrome MunicipaleReims, Prancis. Sekitar 10.000 penonton hadir menyaksikan pertandingan ini. Sebelum bertanding, para pemain mendengarkan lagu kebangsaan masing-masing. Kesebelasan Hindia Belanda mendengarkan lagu kebangsaan Belanda Het Wilhelmus. Karna perbedaan tinggi tubuh yang begitu mencolok, wali kota Reims menyebutnya, “saya seperti melihat 22 atlet Hungaria dikerubungi oleh 11 kurcaci.”

Meski strategi ga bisa dibilang buruk, tetapi Tim Hindia Belanda tak dapat berbuat banyak. Pada menit ke-13, jala di gawang Mo Heng bergetar oleh tembakan penyerang Hongaria Vilmos Kohut. Lalu hujan gol berlangsung di menit ke-15, 28, dan 35. Babak pertama berakhir 4-0. Nasib Tim Hindia Belanda tamat pada babak kedua, dengan skor akhir 0-6. Pada saat itu Piala Dunia memakai sistem gugur.

Meskipun kalah telak, surat kabar dalam negeri, Sin Po, memberikan apresiasinya pada terbitan mereka, edisi 7 Juni 1938 dengan menampilkan headline: “Indonesia-Hongarije 0-6, Kalah Sasoedahnja Kasi Perlawanan Gagah”.[8]
Setelah penampilan perdana itu, Indonesia ga pernah lagi masuk babak pertama Piala Dunia FIFA, dengan hasil paling memuaskan adalah Sub Grup III Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1986. Ketika itu Indonesia hampir lolos ke Piala Dunia 1986 tetapi Indonesia kalah di partai final kualifikasi melawan Korea Selatan dengan agregat 1-6.

31950-an

Setelah era Perang Dunia kedua, pada tahun 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaan mereka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Setelah itu, sepak bola Indonesia mengalami kemajuan di Asia. Mereka berhasil lolos ke Olimpiade Melbourne 1956. Indonesia berhasil melaju ke perempat final dan bertemu dengan raksasa dunia ketika itu, Uni Soviet yang ketika itu dikapteni oleh kiper terbaik dunia ketika itu, Lev Yashin. Ketika itu mereka berhasil menahan Uni Soviet 0-0. Tapi pada akhirnya Indonesia harus kalah dengan skor 4-0 pada pertandingan ke 2. Prestasi ini adalah prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah sepak bola di Indonesia.

Pada tahun 1958, Indonesia juga rasain hasil terbaik di Kualifikasi Piala Dunia 1958 di mana Indonesia berhasil mengalahkan China pada ronde pertama. Tapi mereka menolak untuk bertanding melawan Israel pada ronde kedua karna alasan politis. Sejak saat itu, Indonesia ga pernah ikut dalam kualifikasi piala dunia hingga tahun 1970.
Uniknya, setelah bertanding di kualifikasi piala dunia, Indonesia berhasil meraih medali perunggu di Asian Games 1958 setelah pada perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan India 4-1. Indonesia juga bermain imbang 2-2 saat melawan Timnas Jerman Timur.

4Suspensi 2015

PSSI disuspensi FIFA karna intervensi pemerintah dalam liga nasional pada 30 Mei 2015. Pembekuan mengambil efek segera yang artinya Indonesia ga berhak berkompetisi pada Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 (AFC) sekaligus Kualifikasi Piala Asia AFC 2019, yang dimulai kurang dari 2 minggu kemudian. Meskipun demikian, FIFA masih mengizinkan Indonesia untuk bermain dalam Sepak bola pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015 hingga turnamen berakhir, karna udah telanjur dimulai. FIFA mengambil tindakan melawan Indonesia menyusul konflik antara pemerintah dan PSSI yang berakibat pada pembatalan kompetisi domestik.
Suspensi tersebut baru dicabut pada Kongres FIFA ke-66.

5Era baru 2017

Beberapa minggu setelah menjadi runner-up pada Piala Suzuki AFF 2016, PSSI melaksanakan kongres pada 8 Januari 2017 dalam rangka netapin Luis Milla sebagai pelatih timnas senior dan U-23.

Sering ditanya

Berapa skor Qatar vs Indonesia ?
Hasil akhir Qater vs Indonesia
Hasil Laga Timnas U-19 Tahun 2020?
H
asil Laga Timnas U-19?

Masih ada pertanyaan tentang Indonesia vs Qatar | Hasil Laga Timnas U-19 Tahun 2020?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/TimnasU-19

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang sepakbola Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? kli
kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Elo rankings change compared to one year ago. “World Football Elo Ratings”eloratings.net. 20 Februari 2020. Diakses tanggal 20 Februari 2020.
Data pertandingan Indonesia di RSSF
Morrison, Neil. “Indonesian International Matches 1921–2001”. RSSSF. Diakses tanggal 21 December 2010.
“Sensation at Manila Games – Running Found to be Short”Straits Times. Singapore. 14 May 1934. Diakses tanggal 21 December 2010.
“World Football Elo Ratings: Indonesia”. ELO. Diakses tanggal 20 December 2010.
Een historische voetbalreis
Kisah Indonesia di Piala Dunia, Vivanews.com
“Indonesian FA suspended by FIFA for government meddling”. Eurosport. Diakses tanggal 30 May 2015.
“FIFA Congress drives football forward, first female secretary general appointed”. FIFA. Diakses tanggal 14 May 2016.
“The Bung Karno Sports Complex: Jakarta’s Sports, Conventions and Entertainment Center”Wonderful Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 2012. Diakses tanggal 6 Desember 2012.
“Senior Putra – Officials”PSSI – Football Association of Indonesia. Diakses tanggal 2020-01-10.
Liputan6.com (2019-12-28). “Shin Tae-yong Resmi Latih Timnas Indonesia, Kontrak 4 Tahun”liputan6.com. Diakses tanggal 2019-12-28.
“PSSI Panggil 21 Pemain untuk Laga Uji coba Lawan Mauritius”. PSSI. Diakses tanggal 6 September 2018.

Kata kunci lain yang sering dicari …
Arab Saudi 3 vs Indonesia 3, Arab Saudi vs Indonesia, Hasil akhir Arab Saudi vs Indonesia, skor Arab Saudi vs Indonesia, gol Arab Saudi vs Indonesia,
Hasil Laga Timnas U-19 Tahun 2020, Hasil Laga Timnas U-19, Hasil Timnas U-19, Goal Hasil Timnas U-19, Skor akhir Hasil Timnas U-19, goal Timnas U-19,

Comments

Leave a Reply