Puasa Hari Pertama

Holaaa guys !!!

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh !!!

See you again at me here ^3^

Okay, I will start to tell my activities today !!!

Happy Reading xixi ^>^

Selasa, 13 April 2021

Hari ini, aku gak akan cerita tentang aktivitas aku hari ini, melainkan aku akan bagi-bagi pengetahuan mengenai beberapa hal yang dapat menggugurkan puasa kita. Apa aja sih? yuk simak!

Pertama, berdusta. Berdusta merupakan perbuatan hina yang timbul dari lisan. Lisan berucap tidak sesuai dengan apa yang diyakinkan dalam hati. Begitu pula dalam perbuatan, perbuatannya tidak sesuai dengan apa yang diucapkannya.

Kedua, ghibah (menggunjing). Ghibah merupakan membicarakan kejelekan orang lain. Berprasangka buruk kepada orang lain. Membicarakan apa yang dibenci orang lain ketika orang itu tidak ada. Ghibah pun merupakan perbuatan yang menjijikan. Orang yang mengunjing seolah-olah dia itu memakan daging saudaranya yang sudah mati.

Ketiga, mengadu domba (namimah). Perbuatan namimah berpangkal dari kebencian. Tidak senang melihat orang rukun dan damai. Pelaku namimah akan berusaha menjadikan ke dua belah pihak agar saling bertengkar, sehingga tidak sedikit berawal dari adanya pertengkaran, seseorang berani menumpahkan darah sesamanya.

Keempat, bersumpah palsu. Hal ini berkaitan dengan ucapan dan keterangan seorang saksi dalam sebuah pengadilan yang biasa disumpah dengan nama Allah. Jika seorang saksi memberikan keterangan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, maka ia telah berbohong atas nama Allah. Bersumpah palsu berbahaya karena dapat menguntungkan sebelah pihak dan merugikan pihak lain yang mengakibatkan tertutupnya kebenaran dengan kesalahan.

Kelima, memandang dengan syahwat. Tujuan berpuasa untuk mengendalikan hawa nafsu, menundukkan dan menahan pandangan untuk tidak melihat secara bebas kepada segala sesuatu yang dicela dan dibenci serta kepada segala sesuatu yang melalaikan diri untuk mengingat kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda, “Pandangan merupakan salah satu anak panah (senjata) iblis.” (HR. Al-Hakim dan Ath-Thabrani).

Quote of the day :
Ramadhan adalah kesempatan untuk membangun imanmu, maka bersemangatlah menjalani puasa.

And that’s my story for today ^>^
Oke guys, besok aku bakalan cerita lagi soal kegiatan sehari-hari aku di bulan ramadhan, ditunggu yaa ^>^
Semoga puasa nya lancar selalu ya guys, luv u !!-

See you tomorrow, where else if it’s not my daily blog !!!
Have a nice day, guys !!!
Good bye ^3^

Sumber :
kumparan.com dibuka pukul 12.00 pada Selasa, 13 April 2021


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply